Apa itu Robotic Process Automation (RPA) ?

Saat ini sudah ada perusahaan yang menggunakan teknologi Robotic Process Automation (RPA) untuk merampingkan operasi perusahaan dan mengurangi biaya. Teknologi RPA sendiri sudah terdengar di awal tahun 2000-an dan mulai berkembang beberapa tahun sebelumnya. Robotic Process Automation (RPA) merupakan software “robot” untuk meniru dan mengintegrasikan tindakan manusia yang berinteraksi dalam sistem digital untuk menjalankan proses bisnis dengan kecepatan dan tingkat akurasi yang dapat mencapai seratus persen. Robot RPA memanfaatkan user interface untuk meng-capture data dan memanipulasi aplikasi seperti halnya manusia. Kemudian, robot RPA ini dapat menafsirkan, memicu respon, dan berkomunikasi dengan sistem lainnya untuk melakukan berbagai tugas berulang. Para praktisi membagi teknologi RPA dalam 3 kategori besar, yaitu:

Probots bertugas untuk: memproses data dengan mengikuti rule sederhana dan berulang.

Knowbots bertugas untuk: menjelajah internet untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi spesifik tentang pengguna.

Chatbots merupakan agen virtual yang dapat merespons permintaan pelanggan secara real time.

Selanjutnya, RPA merupakan evolusi dari 3 teknologi utama, yaitu:

  • Screen scraping adalah proses mengoleksi data screen display dari aplikasi legacy sehingga data dapat ditampilkan oleh user interface yang lebih modern.
  • Workflow merupakan suatu proses dalam RPA yang menghilangkan proses data entry secara manual untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi.
  • Artificial intelligence merupakan sistem kecerdasan buatan yang dapat menjalankan tugas – tugas yang membutuhkan intervensi dan kecerdasan manusia.

Sudah banyak perusahaan di Amerika yang menerapkan Robotic Process Automation (RPA) dalam proses bisnis, perusahaan tersebut yaitu Walmart, Deutsche Bank, AT&T, Vanguard, Ernst & Young, Walgreens, Anthem, dan Global Express Business Travel. Untuk perusahaan Walmart, mereka menggunakan RPE untuk mengotomatisasi dalam menjawab pertanyaan karyawan hingga mengambil informasi yang berguna dari dokumen audit. Kemudian, perusahaan Global express Business Travel menggunakan RPE untuk mengotomatisasi proses pembatalan maskapai penerbangan dan mengembalikan uang refund.

Gambar 1 Proses yang relevan dengan RPA

Berikut adalah bidang yang dapat menerapkan RPA:

  1. Jasa Keuangan:

RPA yang diimplementasi dalam bidang jasa keuangan bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam rangka kompetisi dengan fintech. Contoh tugas yang dapat dilakukan oleh RPA dalam jasa keuangan, yaitu: proses pada pembayaran mata uang asing, otomatisasi pembukaan atau penutupan rekening, mengelola audit request, dan memproses klaim asuransi.

  1. Pemerintah:

RPA yang diterapkan pada pemerintahan untuk mengotomatisasi fungsi – fungsi back office atau fungsi yang langsung melayani masyarakat.

  1. Layanan Kesehatan:

RPA yang diterapkan pada layanan kesehatan untuk mengotomatisasi proses back office dan revenue cycle management, seperti: menangani pencatatan medis pasien, klien, billing, pelaporan, analytics.

  1. Transportasi dan logistik:

RPA yang diterapkan pada transportasi dan logistik untuk mengotomatisasi pemrosesan dokumen shipping dan proses dokumen lainnya.

  1. Energi:

RPA yang diterapkan pada energi untuk mengotomatisasi tugas-tugas, mulai dari akunting sampai dengan pemeliharaan dalam rangka menjaga cost.

  1. Telekomunikasi:

RPA yang diterapkan pada telekomunikasi untuk mengotomatisasi tugas-tugas repetitif terkait penyiapan dokumen.

Keuntungan yang didapatkan oleh bisnis dalam menerapkan RPA, yaitu:

  1. Akurasi yang lebih baik:

Software Robotic Process Automation diprogramkan untuk mengikuti aturan, patuh dan konsisten.

  1. Peningkatan kepatuhan

Setelah diinstruksikan, robot RPA mengeksekusi dengan andal, mengurangi risiko. Semua tugas yang dijalankan oleh RPA akan dimonitor. Dan perusahaan memiliki kendali penuh untuk beroperasi sesuai dengan peraturan dan standar yang ada.

  1. Penghematan biaya

RPA dapat mengurangi biaya pemrosesan hingga 80% dalam waktu kurang dari 12 bulan. Sebagian besar perusahaan sudah memiliki pengembalian investasi yang positif, dan potensi pengurangan biaya kumulatif lebih lanjut dapat mencapai 20% pada waktunya.

  1. Terukur

Di seluruh unit bisnis dan geografi, RPA melakukan sejumlah besar operasi secara paralel, dari desktop ke lingkungan cloud. Robot tambahan dapat digunakan dengan cepat dengan biaya minimal, sesuai dengan fluks kerja dan musiman.

  1. Peningkatan kecepatan dan produktivitas

Karyawan adalah yang pertama menghargai manfaat RPA karena menghilangkan aktivitas yang tidak bernilai tambah dan membebaskan mereka dari tekanan pekerjaan yang meningkat.

Nah itu lah pengertian RPA

Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa visit Wesclic Knowledge dan Instagram Wesclic. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, basic public speaking, dan masih banyak lagi. Jangan lupa follow instagram wesclic ya! Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam hangat dari penulis untuk kalian semua.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!