Belajar Java OOP: Memahami Inheritance dan Method Overriding

Seperti yang sudah kita pelajari pada tulisan sebelumnya, sebuah class atau objek bisa saling berhubungan dengan class yang lain.

Salah satu bentuk hubungannya adalah inheritance (pewarisan). Hubungan ini seperti hubungan keluarga antara orang tua dan anak.

Sebuah class di Java, bisa memiliki satu atau lebih keturunan atau class anak. Class anak akan memiliki warisan properti dan method dari class ibu.

Pada tutorial ini kita akan belajar:

  1. Kenapa kita harus menggunakan inheritance?
  2. Contoh Program inheritance
  3. Method Overriding

Mari kita mulai.

Kenapa Kita Harus Menggunakan Inheritance?

Misalkan dalam Game, kita akan membuat class-class musuh dengan perilaku yang berbeda.

Class-Class Musuh

Lalu kita membuat kode untuk masing-masing kelas seperti ini:

File: Zombie.java

class Zombie {
    String name;
    int hp;
    int attackPoin;

    void attack(){
        // ...
    }

    void walk(){
        //...
    }
}

File: Pocong.java

class Pocong {
    String name;
    int hp;
    int attackPoin;

    void attack(){
        // ...
    }

    void jump(){
        //...
    }
}

File: Burung.java

class Burung {
    String name;
    int hp;
    int attackPoin;

    void attack(){
        // ...
    }

    void walk(){
        //...
    }

    void jump(){
        //...
    }

    void fly(){
        //...
    }
}

Apakah boleh seperti ini?

Ya, boleh-boleh saja. Akan tetapi tidak efektif karena kita menulis berulang-ulang properti dan method yang sama.

Bagaimana solusinya?

Kita harus menggunakan inheritance.

Mari kita lihat memeber class yang sama:

Class-Class Musuh

Setelah menggunakan inheritance, maka akan menjadi seperti ini:

Class-Class Musuh

Oya, inheritance di StarUML digambarkan dengan garis hubung Generalization.

Class Enemy adalah class induk yang memiliki anak ZombiePocong, dan Burung. Apapun properti yang ada di class induk, akan dimiliki juga oleh class anak.

Lalu bagaimana bentuk kodenya dalam Java?

Bentuk kodenya akan seperti ini:

File: Enemy.java

class Enemy {
    String name;
    int hp;
    int attackPoin;

    void attack(){
        System.out.println("Serang!");
    }
}

Pada class anak, kita menggunakan kata kunci extends untuk menyatakan kalau dia adalah class turunan dari Enemy.

File: Zombie.java

class Zombie extends Enemy {
    void walk(){
        System.out.println("Zombie jalan-jalan");
    }
}

File: Pocong.java

class Pocong extends Enemy {
    void jump(){
        System.out.println("loncat-loncat!");
    }
}

File: Burung.java

class Burung extends Enemy {
    void walk(){
        System.out.println("Burung berjalan");
    }
    void jump(){
        System.out.println("Burung loncat-loncat");
    }
    void fly(){
        System.out.println("Burung Terbang...");
    }
}

Lalu, bila kita ingin membuat objek dari class-class tersebut, Kita bisa membuatnya seperti ini:

Enemy monster = new Enemy();
Zombie zumbi = new Zombie();
Pocong hantuPocong = new Pocong();
Burung garuda = new Burung();

Contoh Program Inheritance

Setelah memahami konsep inheritance, sekarang mari kita buat contoh program sederhana.

Program yang akan kita buat untuk berfungsi untuk menghitung luas dan keliling bangun datar.

Bentuk class diagramnya seperti ini:

Class BangunDatar

Baik, mari kita buat semua class-class-nya.

Buka Netbeans, pada Porject yang kemarin, buatlah package baru bernama inheritance di dalam Source Packages.

Membuat Package Baru di netbeans

Isi nama package dengan inheritance.

Membuat Package Baru di netbeans

Berikutnya buatlah class-class baru berdasarkan diagram di atas.

File: inheritance/BangunDatar.java

package inheritance;

public class BangunDatar {
    
    float luas(){
        System.out.println("Menghitung laus bangun datar");
        return 0;
    }
    
    float keliling(){
        System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");
        return 0;
    }
    
}

File: inheritance/Persegi.java

package inheritance;

public class Persegi extends BangunDatar {
    float sisi;   
}

File: inheritance/Lingkaran.java

package inheritance;

public class Lingkaran extends BangunDatar{
    
    // jari-jari lingkaran
    float r;
    
}

File: inheritance/PersegiPanjang.java

package inheritance;

public class PersegiPanjang extends BangunDatar {
    float panjang;
    float lebar;
}

File: inheritance/Segitiga.java

package inheritance;

public class Segitiga extends BangunDatar {
    
    float alas;
    float tinggi;
    
}

File: inheritance/Main.java

package inheritance;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        
        // membuat objek bangun datar
        BangunDatar bangunDatar = new BangunDatar();
        
        // membuat objek persegi dan mengisi nilai properti
        Persegi persegi = new Persegi();
        persegi.sisi = 2;
        
        // membuat objek Lingkaran dan mengisi nilai properti
        Lingkaran lingkaran = new Lingkaran();
        lingkaran.r = 22;
        
        // membuat objek Persegi Panjang dan mengisi nilai properti
        PersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();
        persegiPanjang.panjang = 8;
        persegiPanjang.lebar = 4;
        
        // membuat objek Segitiga dan mengisi nilai properti
        Segitiga mSegitiga = new Segitiga();
        mSegitiga.alas = 12;
        mSegitiga.tinggi = 8;
        
        
        // memanggil method luas dan keliling
        bangunDatar.luas();
        bangunDatar.keliling();
        
        persegi.luas();
        persegi.keliling();
        
        lingkaran.luas();
        lingkaran.keliling();
        
        persegiPanjang.luas();
        persegiPanjang.keliling();
        
        mSegitiga.luas();
        mSegitiga.keliling();
    }
}

Setelah itu, coba jalankan class Main, maka hasilnya:

Hasil Eksekusi Program Inheritance

Kenapa hasilnya bisa begitu?

Karena yang kita panggil sebenarnya adalah method luas() dan keliling() milik si induk (BangunDatar).

Objek anak dari BangunDatar belum memiliki method luas() dan keliling(), akhirnya mengambil milik induknya.

Lalu bagaimana kalau kita ingin membuat agar semua class anak memiliki method luas() dan keliling() yang berbeda dari induk?

Jawabanya: menggunakan method overriding.

Method Overriding

Method Overriding dilakukan saat kita ingin membuat ulang sebuah method pada sub-class atau class anak.

Method Overriding dapat dibuat dengan menambahkan anotasi @Override di atas nama method atau sebelum pembuatan method.

Contoh: Persegi.java

class Persegi extends BangunDatar {
    float sisi;

    @Override
    float luas(){
        float luas = sisi * sisi;
        System.out.println("Luas Persegi: " + luas);
        return luas;
    }

    @Override
    float keliling(){
        float keliling = 4 * sisi;
        System.out.println("Keliling Persegi: " + keliling);
        return keliling;
    }
}

Artinya kita menulis ulang method luas() dan keliling() di class anak.

Sekarang mari kita buat method overriding untuk semua class anak.

File: Lingkaran.java

package inheritance;

public class Lingkaran extends BangunDatar{
    
    // jari-jari lingkaran
    float r;
    
    @Override
    float luas(){
        float luas = (float) (Math.PI * r * r);
        System.out.println("Luas lingkaran: " + luas);
        return luas;
    }
    
    @Override
    float keliling(){
        float keliling = (float) (2 * Math.PI * r);
        System.out.println("Keliling Lingkaran: " + keliling);
        return keliling;
    }
    
}

Dalam rumus luas dan keliling lingkaran, kita bisa memanfaatkan konstanta Math.PI sebagai nilai PI. Konstanta ini sudah ada di Java.

File: PersegiPanjang.Java

package inheritance;

public class PersegiPanjang extends BangunDatar {
    float panjang;
    float lebar;
    
    @Override
    float luas(){
        float luas = panjang * lebar;
        System.out.println("Luas Persegi Panjang:" + luas);
        return luas;
    }
    
    @Override
    float keliling(){
        float kll = 2*panjang + 2*lebar;
        System.out.println("Keliling Persegi Panjang: " + kll);
        return kll;
    }
}

File: Segitiga.java

package inheritance;

public class Segitiga extends BangunDatar {
    
    float alas;
    float tinggi;

    @Override
    float luas() {
        float luas = 1/2 * (alas * tinggi);
        System.out.println("Luas Segitiga: " + luas);
        return luas;
    }   
    
}

Untuk class Segitiga, kita hanya melakukan override terhadap method luas() saja. Karena untuk method keliling(), segitiga memiliki rumus yang berbeda-beda.

…atau mungkin bisa diturunkan lagi class segitiga ini menjadi: SegitigaSikuSegitigaSamaKakiSegitigaSamaSisi, dsb.

Sekarang mari kita coba eksekusi class Main lagi:

Hasil Eksekusi Program Inheritance Override

Tunggu dulu!

Tadi di awal katanya tidak efisien menulis berulang-ulang, lah ini?

Iya di awal kita menulis atribut dari Enemy yang sama berulang-ulang. Berbeda dengan yang ini, kita memang menulis method yang sama. Tapi isi atau rumus di dalam method-nya berbeda-beda.

Ini nanti akan kita bahas dalam Polymorfisme (banyak bentuk).

Baca juga: Belajar Java OOP: Memahami Tingkatan Akses Member dan Class (Modifier) | Belajar Java OOP: Mengenal Constructor & Destructor dalam Java

Recent Post

Leave your thought here

Read More

10 Software House Terpercaya di Indonesia untuk Solusi Digital Bisnis Anda

14/11/2024

Di era digital ini, keberadaan software house menjadi penting untuk membantu bisnis beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Mulai dari pengembangan aplikasi hingga pembuatan website, software house…

Mengapa Software House Penting untuk Bisnis yang Ingin Go Digital?

13/11/2024

Di era digital seperti sekarang, kehadiran teknologi dalam dunia bisnis tidak bisa diabaikan. Setiap bisnis…

Keunggulan Software House dalam Pengembangan Website Custom untuk Bisnis

12/11/2024

Di era digital saat ini, memiliki website yang responsif, menarik, dan fungsional adalah kebutuhan mutlak…

Mengenal Software House: Layanan Lengkap untuk Bisnis Digital Anda

11/11/2024

Di era digital saat ini, kebutuhan akan teknologi yang tepat untuk mendukung bisnis semakin meningkat.…

Mengapa Keamanan Web App Sangat Penting dan Bagaimana Memilih Software House yang Tepat

09/11/2024

Di era digital, keamanan web app menjadi semakin krusial. Aplikasi yang terhubung dengan data pengguna…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!