Berikut adalah Rahasia Mendapatkan Karyawan yang Jujur !

By Abednego Aria

Cara yang lebih baik untuk menangani masalah ketidakjujuran karyawan adalah mencegahnya terjadi dengan mengidentifikasi pelamar yang tidak jujur ​​sebelum mereka dipekerjakan. Penyaringan pelamar sangat penting untuk profitabilitas Anda. Lebih sedikit kasus ketidakjujuran karyawan merupakan salah satu keuntungan dari penyaringan karyawan yang mendetail. Masih banyak keuntungan dari proses penyaringan karyawan yang detail, mulai dari omset yang bertambah, kinerja pekerjaan yang lebih baik, absensi yang lebih sedikit, dan layanan pelanggan yang lebih baik adalah manfaat lebih besar yang diperoleh dari penyaringan pelamar.

Namun pada saat ini kita hanya akan berfokus mengenai kejujuran karyawan. Berikut adalah Tujuh Langkah Mudah untuk mengetahui seberapa jujur karyawan yang akan Anda pekerjakan! Ketujuh langkah ini akan membantu Anda merekrut karyawan terbaik dan paling jujur!

  1. Mintalah setiap pelamar melengkapi aplikasi pekerjaan secara menyeluruh. Semua aplikasi pekerjaan tidak dibuat sama! Aplikasi pekerjaan Anda memberikan pandangan pertama Anda tentang pelamar siapa mereka, di mana mereka pernah bekerja dan banyak lagi. 
  1. Berikan nada “jawab dengan jujur” kepada pelamar. Pelamar kerja lebih cenderung menjawab pertanyaan lamaran kerja Anda dengan jujur ​​jika Anda memberi tahu mereka mengapa mereka harus melakukannya. Alih-alih mengatakan, “Ini, isi lamaran ini,” katakan sesuatu seperti: “Sarah, saya ingin Anda mengisi lamaran pekerjaan ini. Silakan luangkan waktu Anda. Pastikan jawaban Anda benar, tepat, lengkap dan jujur. Anda tidak harus menjadi orang yang sempurna untuk bekerja di sini, setiap orang pasti memiliki riwayat kesalahan, tidak ada salahnya memberikan kesempatan kedua.
  1. Minta pelamar mengikuti tes kejujuran pra-kerja. Tes kejujuran pra-kerja yang baik akan memberi tahu Anda lebih dari sekadar kecenderungan pelamar untuk mencuri dari perusahaan Anda. Anda dapat melakukan tes di lokasi selama kunjungan pertama pelamar ke perusahaan Anda. Skor internet menghasilkan hasil tes dalam hitungan menit. Tes ini sangat penting jika Anda mempekerjakan orang muda karena pelamar muda memiliki riwayat pekerjaan yang terbatas, tidak ada riwayat kredit, dan tidak ada catatan kriminal dewasa karena mereka bukan orang dewasa. 
  1. Mulailah wawancara dengan memperkenalkan diri Anda dan perusahaan Anda secara singkat. Jelaskan dengan terus terang hal-hal negatif dan positif dari pekerjaan yang ingin Anda isi. Tanyakan apakah pelamar masih tertarik setelah mendengar negatif pekerjaan tersebut. Langkah ini sering diabaikan tetapi dapat mempercepat proses perekrutan secara signifikan.
  1. Lakukan pemeriksaan keuangan calon karyawan Anda. Hal ini dapat dimulai dari menganalisa cara berpakaian, sosial media yang Ia miliki dan hal ini yang akan menunjukan jenis gaya hidupnya. Tidak cukup sampai situ saja, tanyakan mengenai gaji di perusahaan terakhir karyawan tersebut bekerja. Jika perlu lakukan pemeriksaan catatan kriminal dengan cepat dan mudah. PPP  Beberapa pelamar yang memiliki catatan kriminal akan lebih memilih untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Beberapa negara maju telah memasukkan catatan kriminal secara online. Catatan kriminal pelamar dapat diakses secara gratis, dalam hitungan menit. Jika Anda memiliki akses gratis dan langsung ke catatan kriminal pelamar.
  2. Pemeriksaan referensi. Banyak kantor personalia perusahaan hanya memberikan sedikit informasi tentang mantan karyawan, seperti tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan dan posisi yang dipegang. Jika hanya ini yang Anda dapatkan, catat informasi ini pada formulir pemeriksaan referensi dan simpan. File ini akan membuktikan bahwa Anda telah melakukan bagian “uji tuntas” ini.
  1. Ajukan Pertanyaan Berikut
  • Pernahkah Anda bekerja di perusahaan kami sebelumnya? Jika ya, mantan rekan kerja bisa menjadi sumber informasi yang bagus tentang pelamar.
  • Apakah Anda memiliki teman, kerabat, atau kenalan yang bekerja di perusahaan kita? Karyawan saat ini yang mengenal pelamar bisa sangat membantu.
  • Mengapa Anda berpindah perusahaan dari perusahaan sebelumnya ke perusahaan kami?
  • bagaimana Anda mendengar tentang pekerjaan ini? 

Tetapkan prosedur penyaringan pelamar khusus, dimulai dengan aplikasi pekerjaan yang komprehensif dan tes kejujuran pra-kerja. Mempekerjakan yang terbaik akan membuat hidup Anda lebih mudah dan keuntungan lebih besar. Mempekerjakan orang yang tidak diinginkan akan menghabiskan uang Anda dan membuat hidup Anda sengsara. Anda dapat mengurangi kasus ketidakjujuran karyawan secara drastis dengan mengikuti tujuh langkah mudah ini.

Ingin membuat website? Menaikkan traffic situs Anda? Menganalisa pengunjung dan mengetahui cara menggunakan tools yang terbukti ampuh untuk menaikkan performa website Anda? Hit Us @studiow (Instagram) or visit studio.com!

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!