How may we help you?

<strong>Bisnis Semakin Untung dengan <em>Social Media Marketing</em></strong>

ilustrasi-marketing-media-sosial
Business Developer Connect Media Relations Public Relations Technolgy

Bisnis Semakin Untung dengan Social Media Marketing

Mungkin Anda pernah mendengar mengenai social media marketing. Metode marketing ini muncul dikarenakan intensitas penggunaan media sosial yang meningkat drastis dan kekuatan media sosial dalam mempengaruhi pengambilan keputusan masyarakat. Para business enthusiast juga sudah berbondong-bondong melirik jenis strategi pemasaran ini dikarenakan keunggulannya untuk menarik perhatian konsumen. Strategi pemasaran digital ini melibatkan banyak hal dalam prosesnya. Selain itu, jika dikelola dengan baik akan berpotensi mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan menggunakan media konvensional. Lantas seperti apa social media marketing itu? Mari kita cari tahu lebih lanjut. 

Definisi Social Media Marketing

Social media marketing atau marketing menggunakan media sosial sebagai saluran distribusi utama merupakan metode yang berkembang di era marketing modern saat ini. Jenis pemasaran digital ini. Menurut Tamar Weinberg, social media marketing adalah proses yang mendorong seseorang untuk memilih mempromosikan dan memasarkan produk serta layanan mereka melalui platform media sosial. 

Menurut Susan Gunelius, social media marketing merupakan salah satu konsep direct marketing dan indirect marketing yang bertujuan untuk meningatkan awarenesss dan wawasan orang lain terkait suatu produk, brand, maupun merek yang menggunakan tools dari sosial media, seperti shares, social network, dan sebagainya. 

Jika sosial media marketing dimanfaatkan untuk embangun komunikasi yang efektif dengan suatu komunitas, hal tersebut berpeluang lebih besar dibandingkan saluran marketing konvensional. 

Contoh Social Media Marketing

Marketing menggunakan media sosial dapat berupa:

  1. Iklan foto ataupun video pada media sosial
  2. Postingan foto ataupun video
  3. Metode Reels pada Instagram dan Short pada Youtube
  4. Penggunaan KOL atau influencer 

Keunggulan Social Media Marketing

Di tengah hiruk pikuk perkembangan teknologi yang semakin masif, strategi pemasaran digital menjadi solusi untuk menjangkau segmentasi pasar yang luas serta meningkatkan branding produk ataupun brand. Salah satu metode yang dipilih adalah dengan menerapkan konsep social media marketing. Apa saja keunggulan dari social media marketing? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Efektif untuk Meningkatkan Engagement dan Traffic

Social media marketing dapat membantu Anda meraih audiens dalam jangkauan yang luas serta variatif. Dengan semakin banyaknya calon pelanggan potensial yang bisa terpapar informasi mengenai produk ataupun brand yang Anda miliki, tentunya akan semakin banyak pula yang mengunjungi akun sosial media Anda dan membantu meningkatkan traffic pada akun Anda

Tak hanya itu, Anda juga harus membangun interaksi positif dengan calon konsumen potensial ataupun pengunjung akun sosial media Anda. Hal tersebut membantu meningkatkan engagement pada akun Anda. Dengan meningkatnya engagement dan traffic pada suatu akun, algoritma Instagram akan semakin sering menampilkan postingan dari akun tersebut kepada pengguna lain. Dengan demikian, akan lebih banyak orang yang mengetahui akan produk atau brand Anda dengan sendirinya. 

  1. Membantu Meningkatkan Awareness Produk atau Brand Anda

Brand awareness adalah pengetahuan atau informasi yang diketahui konsumen terkait sebuah brand atau merek. Mengutip definisi dari Hubspot, brand awareness adalah seberapa akrab pelanggan dengan sebuah merek dan seberapa baik mereka mengenalnya.  Pengetahuan tersebut dapat berupa logo dari suatu brand, produk andalan dari suatu brand, serta warna yang identik terhadap suatu brand. 

Agar suatu brand ataupun produk dapat dikenali oleh masyarakat, tentunya mereka harus terpapar konten terkait promosi barang dan jasa yang ditawarkan. Jika produk ataupun brand tersebut diunggah secara rutin (kontinuitas) di sosial media, maka semakin dikenal juga produk tersebut oleh masyarakat luas. Mereka yang awalnya hanya melihat produk atau brand Anda, bisa menjadi tertarik ataupun melakukan konsumsi akan brand dan produk Anda. 

  1. Memetakan Respons yang Diberikan terhadap Produk atau Brand

Dengan menerapkan social media marketing, akan lebih mudah bagi Anda mengetahui karakteristik konsumen dan aktivitas pelanggan terhadap produk ataupun brand Anda, salah satunya feedback terhadap produk atau brand. Hal tersebut membantu Anda mengevaluasi strategi pemasaran yang dilakukan.

  1. Mempermudah Menganalisis Kompetitor

Dewasa ini, telah banyak brand yang menerapkan metode social media marketing untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Hal tersebut mempermudah Anda untuk mempelajari strategi yang digunakan oleh kompetitor dan bahkan aktivitas yang mereka lakukan.  

Tujuan Social Media Marketing

Beberapa tujuan dari dilakukannya social media marketing diantaranya:

  1. Meningkatkan awareness audiens terhadap produk ataupun brand
  2. Membanbgun minat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan serta meningkatkan penjualan
  3. Memperluas target dan segmentasi pasar serta membangun koneksi
  4. Mempersingkat waktu dan menghemat biaya jika dibandingkan menggunakan media konvensional
  5. Salah satu metode CRM (customer relationship management) yang dapat dipilih oleh perusahaan

Jadiā€¦Social Media Marketing Itu

Social media marketing merupakan strategi pemasaran digital yang akhir-akhir ini populer di kalangan pebisnis karena mudah dilakukan dan lebih menjangkau audiens dalam jumlah yang luas. Metode ini muncul dikarenakan meningkatnya intensitas penggunaan media sosial di kehidupan masyarakat.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech

Best regards,

Writer

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!