Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses

Marketing bukan hanya sekadar memproduksi iklan yang menarik dan lucu; tapi juga soal menetapkan tujuan dan mencapai hasil yang nyata. Tahun 2018, 72% pemasar bilang kalau memiliki strategi konten yang baik adalah kunci kesuksesan mereka. Strategi konten yang baik tidak hanya membantu kita untuk mengetahui tujuan dan target pasar, tapi juga panduan yang bisa kita manfaatkan untuk pendekatan ke customer.

1. Tentukan Tujuan, Budget, dan Target Pasar

Tentukan tujuanmu membuat campaign. Apakah kamu ingin memperluas brand awareness? Apakah kamu ingin memaksimalkan penjualan produk? Kamu mau followers media sosial bisnismu bertambah? Atau kamu pengin menjangkau customer baru?

Karena pilihan tujuan tidak terbatas, ini yang menjadi PR kamu untuk menentukan apa yang ingin kamu dapatkan. Pertimbangkan dengan matang dan bijaksana, jangan lupa diskusikan dengan tim untuk dapat masukan dari sudut pandang lain. Tujuan ini juga bisa kamu tentukan dengan kamu ingin menyelesaikan suatu problem yang lagi dihadapi company/product yang kamu support.

Sama pentingnya dengan memutuskan tujuan, kamu perlu menetapkan anggaran realistis dalam rencana pembuatan campaign. Anggaran ini biasanya akan digunakan untuk biaya peluncuran digital ads. Kenapa harus realistis? Karena kamu harus memastikan bahwa anggaran yang sudah ditentukan mampu meng-cover seluruh aktivitas campaign. Jadi, rencanakan dengan matang biar nggak sampai overbudget, ya!

Sesudah itu, kamu juga harus menentukan tipe orang seperti apa yang menjadi target pasarmu. Sesuaikan target pasar dengan informasi yang rinci; mulai dari usia, pekerjaan, jenis kelamin, demografi, hingga minat dan hobinya. Dengan memiliki target pasar yang jelas akan semakin memudahkan kamu dalam membuat campaign yang tepat sasaran.

2. Pilih Channel yang Sesuai

Selain menentukan tujuan dan target pasar, kamu juga harus menentukan channel apa yang mau kamu gunakan sebagai media penyampaian informasi. Untuk memutuskan channel apa yang sesuai, kamu bisa menggunakan pertimbangan dari media yang paling banyak digunakan oleh target pasarmu. Di mana mereka melihat atau mendengar informasi tentang produkmu? Seberapa sering mereka mencari informasi melalui channel tersebut?

Sampaikan pesan melalui media yang mereka gunakan. Misalnya, target pasarmu adalah anak muda berusia 20-25 tahun yang sering mencari informasi tentang konsultasi karir di Instagram, atau ibu rumah tangga berusia 40 tahun yang gemar membaca ulasan tanaman di komunitas dalam Facebook. Sebisa mungkin, sesuaikan pilihan channel dengan target pasarmu.

3. Manfaatkan Digital Ads

Cara membuat marketing campaign yang terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan ads. Karena iklannya secara digital, maka panggilannya berubah menjadi digital ads. Digital ads ini terdapat di beberapa platform yang bisa kamu pilih, seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Digital ads bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan pencapaian target. Penggunaan digital ads juga membantumu untuk mengukur keberhasilan campaign dengan akurat.

Iklan yang akan kamu luncurkan dapat disesuaikan dengan tujuan dan target pasarmu. Budget yang telah kamu tentukan sebelumnya menjadi anggaran yang bisa kamu manfaatkan untuk memasang iklan. Kamu perlu membuat iklan yang menarik dan beresonansi dengan target pasarmu, jadi jangan lupa buat pesan se maksimal mungkin!

sumber : https://www.binaracademy.com/blog/cara-membuat-marketing-campaign

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!