Inilah Perbedaan Website dan Blog

Pengertian Website dan Blog

Sebelum mengupas perbedaan website dan blog, Anda harus mengetahui pengertian keduanya.

Situs web (Bahasa Inggris: website) adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. (Sumber: wikipedia)

Blog adalah bentuk aplikasi web yang terbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Sumber: wikipedia)

Dengan Anda memahami pengertian website dan blog, tentu Anda memperoleh gambaran tentang perbedaan website dan blog.

Secara singkat, blog adalah salah satu tipe website terpopuler, sebab pengelolaannya yang sederhana, bahkan mudah meskipun bagi orang awam dan sering disebut sebagai web pribadi.

Sementara, website merupakan istilah umum untuk menyebut situs web yang berada di internet. Misalnya, www.google.com, www.archipelago.id, www.archipelagoinsider.com, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa karakteristik yang membedakan antara web dan blog, dan di antara ada perbedaan mendasar yang dapat diidentifikasi oleh Anda. Berikut beberapa perbedaannya.

Perbedaan Website dan Blog

1. Konten

Secara garis besar konten blog mengandung artikel, podcast ataupun video. Dan kontennya didominasi oleh opini dan aktivitas dari pemilik blog. Selain itu, blog juga dapat digunakan pemiliknya sebagai digital marketing untuk meningkatkan engagement dari konsumen. Mereka bisa fokus pada tema tertentu yang relevan dengan bisnisnya, seperti digital creator, jasa live streaming, travel dan lainnya.

Sedangkan konten website umumnya berisi informasi penting mengenai produk atau layanan. Konten website lebih spesifik mengenai profil perusahaan, alamat, produk dan lainnya yang berhubungan dengan perusahaan ataupun sebuah organisasi.

2. Blog Lebih Update Dibandingkan Website

Perbedaan berikutnya adalah update. Blog itu lebih update dalam segi konten. Pemilik blog akan lebih sering mengupdate konten-kontennya secara berkala. Mengingat blog lebih bersifat dinamis yang harus di update terus menerus.Sedangkan website yang mayoritas berisi tentang informasi organisasi, produk maupun layanan sehingga memperbarui hanya saat ada perubahan informasi. Untuk itu, website bersifat lebih statis.

3. Blog Lebih Komunikatif

Website dikenal dengan komunikasi satu arah karena biasanya tidak menyediakan kolom komentar. Sedangkan blog lebih interaktif dengan pembaca.

4. Gaya Bahasa

Dari segi gaya bahasa kedua platform ini tentu berbeda. Blog lebih bersifat informal dan bahasanya lebih bervariatif. Sedangkan website bersifat formal dan terkesan lebih profesional karena berdasarkan fungsinya website sebagai pusat informasi formal dari perusahaan maupun organisasi seperti lembaga pendidikan, ormas keagamaan dan lain sebagainya.

5. Pembagian Konten

Perbedaan website dan blog berikutnya terdapat pada pembagian kontennya. Biasanya blog berisi konten-konten berdasarkan kategori. Contohnya, di Blog archipelago.id, pembaca dapat menemukan kategori Company Profile, Jasa Live Streaming, web development dan content management.Demikianlah perbedaan antara website dengan blog Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa visit Wesclic Knowledge dan Instagram Wesclic. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, basic public speaking, dan masih banyak lagi. Jangan lupa follow instagram wesclic ya! Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam hangat dari penulis untuk kalian semua.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!