Mengenal Google Workspace Untuk Kolaborasi Kerja yang Efisien

Kolaborasi dalam suatu pekerjaan merupakan hal yang sudah pasti akan terjadi. Dalam kolaborasi kerja tentunya butuh media dan tools pembantu untuk menunjang hal tersebut.
Hadirnya Google Workspace saat ini sudah menjadi tools yang sangat membantu pekerjaan. Google Workspace kini digunakan oleh hampir semua sektor pekerjaan, khususnya dalam sistem kerja secara remote.

Apa itu Google Workspace?

Google Workspace merupakan fitur layanan Google yang terdiri dari beberapa aplikasi kerja dan terintegrasi satu sama lain. Sebelumnya, Google Workspace merupakan Google Suite yang sekarang telah berevolusi menjadi lebih baik.

Google Workspace secara resmi dikeluarkan pada tahun 2020 lalu dengan layanan yang fungsional. Google Workspace menghadirkan banyak inovasi daripada versi sebelumnya. Berikut merupakan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Google Workspace, adanya aplikasi-aplikasi berikut sangatlah membantu pekerjaan terutama pekerjaan tim. Berikut penjelasannya!

Aplikasi Google Workspace
Gmail

Surat elektronik ini kini telah mendapatkan pengguna lebih dari 1,2 miliar di dunia. Gmail juga telah menyediakan penyimpanan sebanyak 15GB, ini merupakan kapasitas yang cukup besar untuk digunakan. Namun, ketika kamu membutuhkan kapasitas yang lebih besar, kamu dapat menggunakan fitur langganan yang telah disediakan Gmail.

Kerennya lagi, perusahaan bahkan dapat mengustomisasi nama domain untuk karyawan dengan domain perusahaan. Tentunya ini menjadikan akun Gmail-mu lebih terlihat profesional dan sebagai penanda identitas suatu perusahaan. 

Google Meet

Google Meet merupakan platform video call atau online meeting yang tak kalah canggih untuk dapat menampung banyak orang dengan berbagai macam fitur yang tersedia di dalamnya.

Google Meet menyediakan fitur share screen yang memungkinkan kamu dapat melakukan presentasi dan lain sebagainya kepada tim kerja atau siapapun itu.

Google Chat

Google Chat merupakan platform obrolan dalam lingkup ruang kerja dengan fitur chat yang tak kalah modern memungkinkan kamu dapat mengobrol dengan individu, team, atau komunitas. 

Platform ini lebih mudah digunakan untuk obrolan dalam lingkup kerja karena fitur yang dibuat khusus dan terhubung langsung pada aplikasi Google Workspace lainnya.

Google Calendar 

Google Calendar merupakan aplikasi pengingat dan pencatat tanggal-tanggal penting. Tentunya Google Calendar bisa membantu kamu untuk memanajemen pekerjaan-mu lebih baik lagi.
Pada Google Calendar juga kamu dan rekan-mu dapat melihat aktvfitas satu sama lain ditanggal yang ada, sehingga lebih mudah dalam penjadwalan ataupun penyesuaian ketika ada meeting bersama ataupun yang lain.

Google Drive

Google Drive merupakan Platform penyimpanan, pengelolaan, dan pengarsipan berkas secara online dengan kapasitas 25GB hingga unlimited.

Google Drive memudahkan kamu dan tim untuk bekerja pada file atau dokumen yang sama secara real-time dengan akses yang dapat diubah sesuai keinginan dan kebutuhan oleh owner.

Google Drive juga dapat diakses pada perangkat manapun, jadi kamu cukup memasukkan akun email-mu saja kamu sudah bisa mengakses dan mengelola berkas yang kamu inginkan.

Google Docs 

Google Docs merupakan aplikasi untuk membuat dan mengedit dokumen online ini tak hanya dapat diakses melalui aplikasi yang diunduh pada Play Store ataupun Appstore, Google Docs dapat diakses melalui situs web resminya dengan cukup log in email saja.

Fiturnya memang tidak selengkap Microsoft Word, namun ia menyediakan banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh Microsoft Word pada saat ini. Diantaranya adalah dokumen yang akan tersimpan secara otomatis, dapat mengatur akses kepada siapapun untuk bekerja bersama secara real-time atau mengomentari isi dokumen. Didalamnya juga terdapat fitur voice typing hingga fitur see revision history sampai pengubahan format PDF menjadi word.

Google Sheets

Google Sheets merupakan aplikasi untuk membuat dan mengedit dokumen teks, angka, hingga report data. Sama halnya seperti Excel, Google Sheets juga terdapat akselerasi rumus atau formula yang dapat mengurangi kesalahan.

Google Sheets juga memiliki fitur explore yang memungkinkan kamu dapat melihat visualisasi ataupun trend terkini serta terhubung langsung dengan Google.

Google Slides

Sama seperti Microsoft PowerPoint juga, Google Slide merupakan platform untuk membuat dan mengedit presentation slides, disana juga terdapat banyak template yang bisa kamu gunakan.

Kamu juga bisa membuat serta mengedit slide di Google Slides dengan rekanmu secara bersamaan.

Google Form

Ini merupakan formulir online yang disediakan Google Workspace untuk memudahkan dalam pendataan, survey, ataupun yang lainnya.

Dengan fitur yang lengkap, Google Form menyediakan beberapa format pertanyaan dan jawaban. Tentunya ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan-mu. Semua jawaban akan tersimpan di Google Drive dengan rapi.

Google Sites

Google Sites merupakan tool untuk membuat website. Namun, web atau halaman yang dimaksud adalah untuk team. Misalkan berisi tentang proyek, event, dan keperluan lainnya untuk internal perusahaan.

Jadi, Google Sites kurang cocok jika digunakan untuk membuat website yang sifatnya diperuntukkan ke publik.

Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi catatan yang dikeluarkan oleh Google. Namun, catatan pada aplikasi ini tidak hanya berupa teks, melainkan juga terdapat gambar, daftar, dan audio.

Perbedaan lainnya adalah Google Keep juga akan terintegrasi dengan akun Google kamu serta terhubung dengan aplikasi Google Workspace lainnya.

App Script

Google Apps Script adalah platform pengembangan aplikasi cepat yang mempercepat dan memudahkan pembuatan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Google Workspace.

Dengan App Script, kamu tidak perlu mengundang ahli programmer, cukup dengan memiliki akun Gmail saja kamu sudah bisa membuat solusi bisnis yang terotomasi.

Cloud Search

Google Cloud Search merupakan tempat untuk mencari konten-mu sendiri yang terdapat di aplikasi Google Workspace lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan lain-lain. 

Cloud Search dapat memudahkan kamu untuk mencari dokumen, kontak, atau berkas bahkan data penting lainnya.

Jamboard

Jamboard merupakan papan tulis online yang disediakan Google untuk mempermudah aktifitas yang membutuhkan coret-mencoret. Jamboard dapat diakses secara touch screen tanpa bantuan pen, hal ini membuat kamu lebih mudah dalam menuangkan ide dan menghapus tulisan bahkan gambar secara langsung.

Hasil dari ide ataupun gagasan yang dituangkan disana kemudian akan tersimpan di cloud sehingga dapat diakses pada perangkat manapun.

Dengan semua aplikasi yang akan saling terhubung satu sama lain antar aplikasi-aplikasi lainnya ini tentunya akan  membuat pekerjaan tim-mu terasa jauh lebih mudah.

PENUTUP

Dengan banyaknya manfaat yang ada pada setiap aplikasi, Google Workspace juga sangat mudah sekali digunakan, kompatibel untuk semua perangkat, tak terhalang jarak dan waktu, aman, dan tentunya biaya yang rendah. Dengan begitu, pekerjaan kolaborasi dapat dijalankan lebih efisien baik dari segi biaya maupun waktu dengan Google Workspace. 

Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengefisienkan pekerjaan-mu dengan bantuan layanan penyimpanan dan aplikasi pendukung. Dengan Google Workspace pekerjaanmu akan terasa lebih mudah dikerjakan. Namun, sebaiknya kamu juga dapat menggunakan layanan Enterprise Resource Planning (ERP) System untuk membantu mengefisienkan manajemen usahamu. Jadi tidak hanya pekerjaanmu saja yang efisien dengan Google Workspace, namun manajemen usaha-mu juga dapat dilisensikan dengan Enterprise Resource Planning (ERP) System.

Jangan lupa selalu kunjungi www.wesclic.com. Disana kami juga merangkum pengetahuan seputar teknologi, membuka layanan konsultasi perencanaan IT, serta menyediakan produk dan jasa IT sebagai kebutuhan dari berbagai sektor. Kamu juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya mengenai Enterprise Resource Planning (ERP) System yang dapat menunjang keefisienan perusahaan-mu. Wesclic menyediakan layanan ERP System dengan berbagai macam fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan usaha-mu. 

Hubungi kami untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat bantu kamu memenuhi kebutuhan usahamu dengan menyediakan jasa pembuatan Enterprise Resource Planning (ERP) System!

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!