Mengenal Paid Ads dalam Digital Marketing

Di era digitalisasi dan globalisasi yang terjadi pada saat ini tidak menutup kemungkinan juga dapat memberikan dampak baik bagi para pebisnis. Dengan adanya globalisasi kamu dapat memasarkan produkmu tanpa batas ruang dan waktu. Inilah yang membuat pemasaran digital jadi pilihan penting bagi pebisnis, salah satunya yaitu Paid Ads, iklan yang dinilai cukup efektif untuk membantu kamu dalam promosi.

Apa itu Paid Ads?

Paid Ads atau Paid Advertising adalah iklan berbayar yang dilakukan secara digital untuk membantu bisnismu tertuju kepada target pasar. Paid Ads merupakan salah satu metode pemasaran yang mana pengiklan membayar suatu platform untuk menampilkan iklan mengenai bisnismu dengan target market yang telah dipilih sebelumnya. Biasanya pengiklan akan diberikan pilihan untuk menyesuaikan target pasar yang sesuai berdasarkan demografi, geografis, dan minat audiens.

Paid Ads dapat ditemukan pada platform digital seperti media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya), Google, dan lain-lain. Paid Ads terbagi menjadi beberapa bentuk, yaitu berupa teks, gambar, video, ataupun pop-up. Terkait dengan biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari model iklan yang diambil, jangka waktu, dan metode, tergantung pada ketentuan dari platformnya.

Manfaat Paid Ads 
Targeting yang Tepat

Dengan adanya fitur penargetan pasar, dapat dipastikan produkmu hanya diiklankan pada audiens yang tepat, relevan, dan potensial untuk mengunjungi, mendaftar sebagai member, atau bahkan membeli. 

Tentunya membuat iklan lebih efektif karena langsung ditujukan pada target yang sesuai dan spesifik. Hal ini membuat kamu berkesempatan meraih keuntungan lebih besar.

Meningkatkan Visibilitas 

Tentu saja Paid Ads dapat meningkatkan visibilitas dengan signifikan, hal ini dikarenakan jumlah target yang ditangkap jutaan orang pada setiap harinya. Dengan ini, audiens akan semakin familiar dengan produkmu, bahkan traffic serta brand awareness semakin meningkat.

Fleksibel

Dengan Paid Ads, kamu dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnismu. Mulai dari segi biaya yang dikeluarkan, durasi, jenis, dan model iklan yang diambil. Oleh karena itu, kamu juga bisa atur kapan dan dalam bentuk apa iklan tersebut ditayangkan.

Iklan bisa dilakukan secara efisien karena budget yang dikeluarkan hanya sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan kemampuan saja. Bahkan ketika kamu menggunakan metode PPC (Pay Per-Click), kamu cukup membayar sesuai dengan jumlah tindakan audiens yang kamu inginkan, baik itu mengunjungi website atau pun marketplace-mu.

Terkontrol Secara Real-Time

Pada Paid Ads biasanya terdapat fitur yang memungkinkan admin dapat menganalisis laporan dari iklan tersebut secara real-time sehingga kamu dapat melakukan penyesuaian kembali untuk ke depannya berdasarkan analisis tersebut.

Dari sini juga kamu akan mendapatkan insight untuk keefektifan iklanmu. Apakah iklan yang kamu pasang bekerja dengan baik dan mencapai target audiens dengan tepat atau tidak.

Paid Ads Channel yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Paid Ads dapat ditemukan pada platform digital seperti media sosial dan mesin pencarian, berikut beberapa platform yang dapat dicoba untuk beriklan:

Facebook Ads

Pengguna Facebook dunia per Januari 2023 kini sudah mencapai 1,98 Miliar. Sedangkan di Indonesia sendiri mencapai angka 119,9 juta. Hal ini membuat beriklan di Facebook menjadi peluang yang sangat potensial, bahkan bentuk iklannya sendiri beragam.

Instagram Ads

Tidak berbeda jauh dengan Facebook Ads jika dilihat dari segi bentuk iklannya, yaitu berupa gambar, video, dan carousel. Instagram Ads juga menyediakan fitur penargetan agar iklan dapat terarah tepat sesuai dengan sasaran, pembeda yang paling menonjol ialah demografi nya, biasanya Instagram banyak digunakan oleh kalangan muda. Jadi, Instagram Ads lebih cocok digunakan untuk mengiklankan produk yang menyasar kepada kaum muda seperti outfit remaja kekinian, dan sebagainya.

Twitter Ads

Twitter kini menjadi channel utama bagi penyaluran informasi. Bahkan, 93% pengguna berencana akan membeli produk yang mereka ikuti. Hal ini mengakibatkan beriklan di Twitter dinilai cukup efektif.

TikTok Ads

TikTok Ads adalah sebuah perangkat yang menyediakan fitur targeting, ad creation, insight report, dan ad management untuk creator di TikTok. Tak heran jika para pebisnis tertarik untuk menggunakan TikTok sebagai media beriklan karena platform ini merupakan platform yang cukup banyak digemari dibandingkan dengan platform lainnya.

Google Ads

Faktanya, dari semua jenis kalangan mencari apapun di Google. Setiap pencarian yang dilakukan pengguna ini nantinya akan menawarkan peluang untuk menampilkan bisnis atau produk di lebih banyak pengguna.

PENUTUP

Dengan manfaat-manfaat yang diberikan dari Paid Ads, iklan dengan cara ini dinilai sangat cukup efektif. Namun, untuk mencapai sebuah keefektifan juga kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis iklan apa yang sekiranya sesuai dengan produkmu dan dimana plaftormnya.

Persaingan didunia Paid Ads juga semakin ketat, tidak cukup hanya beriklan saja tanpa strategi. Bahkan, setiap platform memiliki strateginya masing-masing yang perlu kita pelajari dan analisis untuk dipraktekkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi www.wesclic.com. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, dan membuka layanan konsultasi perencanaan IT, serta menyediakan produk dan jasa IT sebagai kebutuhan dari berbagai sektor.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!