Blog

Gak Harus Kuliah IT Untuk menjadi Profesional! Kursus IT

Technolgy

Gak Harus Kuliah IT Untuk menjadi Profesional! Kursus IT

Saat ini terdapat berbagai macam kursus, mulai dari kursus seni, kursus bela diri, kursus IT, dll. Namun pada era digital saat ini kursus yang paling di minati yaitu pada bidang teknologi. Bukan tanpa alasan, bidang teknologi saat ini sangat di butuhkan terutama pada perekonomian. Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang IT, seperti e-commerce, web development, networking, bahkan dari segi Pendidikan pun IT cukup membantu seperti E-Learning.

Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang kursus IT. Sebelum kita membahas lebih lanjut kita harus mengerti pengertian dari kursus IT itu sendiri. Jadi, apa pengertian dari kursus IT? Simak penjelasan berikut!

Pengertian kursus

kursus it

Dilansir dari Wikipedia kursus atau biasa dipanggil (LKP) Lembaga Kursus dan Pelatihan, adalah lembaga pelatihan yang termasuk ke dalam jenis pendidikan non formal. Kursus merupakan suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah. Perbedaannya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu, Peserta Kursus yang telah mengikuti kursus dengan baik dapat memperoleh sertifikat atau surat keterangan. Untuk keterampilan tertentu seperti, kursus ahli kecantikan atau penata rambut diwajibkan menempuh ujian negara. Ujian negara ini dimaksudkan untuk mengawasi mutu kursus yang bersangkutan, sehingga pelajaran yang diberikan memenuhi syarat dan peserta memiliki keterampilan dalam bidangnya.

Kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan dilakukan satu pola penjaminan mutu yang mengacu kepada sistem penjaminan mutu pendidikan nasional yang termuat dalam Undang Undangl Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Meliputi:

1.  Evaluasi
2. Akreditasi
3. Sertifikasi

Evaluasi dan Akreditasi dilakukan terhadap satuan pendidikannya dalam hal ini adalah lembaga kursus dan pelatihannya, untuk sertifikasi dilakukan kepada SDM nya, meliputi: Pengelola, Pendidik, dan peserta didiknya. Evaluasi dilakukan oleh pemerintah berupa evaluasi kinerja, akreditasi untuk mengukur kelayakan yang dilakukan oleh Ban-PNF, dan sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikikasi Kompetensi yang di bentuk oleh asosiasi profesi dan ditetapkan oleh pemerintah.

Pengertian IT

kursus IT

Menurut wikipedia Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Jadi jika di gabungkan kursus it berarti pembelajaran individu yang diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari teknologi informasi.

Keuntungan mengikuti kursus

kursus it

Menurut laman Direktorat Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada beberapa keuntungan mengikuti kursus dan pelatihan. Mau tahu apa saja keuntungannya ikut kursus? Mari simak informasi berikut ini:

1.  kursus IT Menambah skill baru

Cukup banyak jenis kursus yang tersedia di Indonesia. Kurang lebih ada 17.000 LKP di Indonesia dengan bermacam kompetensi keahlian yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seperti kompetensi web developer, desain grafis, ui/ux designer, dan sebagainya. Jadi, anda bisa pilih skill apa yang sedang dibutuhkan.

2.  Menambah pertemanan

Dengan mengikuti kursus, artinya anda akan bertemu dengan orang-orang baru dan memiliki minat sama. Sehingga relasi anda pasti akan bertambah. Bahkan bisa saja, ini merupakan peluang baru di masa yang akan datang. Bisa saja mengenai informasi lowongan pekerjaan atau bahkan peluang untuk membuka usaha bersama relasi barumu.

3.  Percaya diri dalam bersaing di dunia kerja

Dengan hard skill dan soft skill yang dibekalkan dari tempat kursus, anda bisa lebih percaya diri pada saat bersaing dalam dunia kerja. Apalagi, kursus dan pelatihan yang anda ikuti dapat menambah profil pada portofolio yang akan menjadi nilai tambah saat melamar suatu pekerjaan.

4.  Lebih banyak tahu

Dengan menjalani kursus, anda akan diberi pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya. Hal ini pasti akan membuat anda lebih antusias. Anda bisa berdiskusi dan menggali keterampil anda secara lebih mendalam.

Selain itu, anda juga dapat menemukan bermacam metode atau teknik yang belum pernah anda pelajari selama ini. Sehingga wawasan dan kemampuan anda bisa berkembang dan lebih banyak mendapat pengetahuan.

5.  Sebagai modal kerja

Kegiatan pada lembaga kursus dan pelatihan lebih berfokus pada praktik maka sudah pasti keterampilan dalam penyelesaian masalah akan lebih teruji.

Bermacam tugas yang harus dikerjakan, baik yang sifatnya pribadi atau kelompok juga secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang. Ini merupakan sebuah modal yang cukup untuk terjun ke dunia kerja.

Prospek Kerja Kursus IT

prospek kerj IT

1.  Programmer

Programmer adalah salah satu prospek kerja jurusan IT yang mungkin sering kamu dengar. Jika anda lulusan jurusan IT dan bekerja menjadi seorang Programer, nanti jika bekerja akan mengubah atau mengelola program dengan memakai bahasa pemrograman. Pekerjaan ini sering di pilih oleh lulusan jurusan IT. Dimulai dengan karir sebagai seorang programer junior dengan standar gaji mulai dari 5 Juta sampai 10 Juta. Untuk menjadi programmer yang profesional dalam bidang ini tentunya kamu harus banyak berlatih dan terus update dengan teknologi yang selalu berkembang.

2.  Web Developer

Lulusan Jurusan IT yang berkecimpung sebagai software developer (mencakup aplikasi dan web developer) akan menjadi seorang kreatif untuk program komputer yang ada. Tugas dalam software developer tentu saja untuk merancang, mengembangkan dan mengetes software agar sesuai dengan kebutuhan klien. Selain itu, anda juga bertugas untuk membuat bermacam model dan diagram untuk menunjukan kepada programmer kode software yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi yang akan di buat.

3.  Digital Marketing

Lulusan jurusan IT juga bisa mengelola digital marketing yang sekarang ini menjadi peluang yang bagus. Memilih jenis digital marketing bisa digunakan untuk bisnis. Contohnya SEO, seseorag yang ahli dalam bidang SEO memiliki peluang penghasilan yang cukup besar dengan mengoptimalkan pengguna internet saat ini.

4.  Analisis Sistem Komputer

Lulusan jurusan IT bisa menjadi Analis Sistem Komputer. Seseorang yang menjadi seorang analis sistem komputer dituntut untuk mengerjakan berbagai hal terkait efisiensi dan kreatifan sistem yang ada. Anda harus mempelajari sistem dan prosedur komputer di tempat kerja. Selanjutnya, anda harus mendesan solusi terkait sistem informasi yang ada yang tentunya supaya pengoprasian yang ada akan menjadi efektif dan efisien.

5.  Konsultan ERP

Sebagai lulusan jurusan IT, Prospek kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah konsultan ERP. ERP sendiri dapat di artikan sebagai Enterprise Resource Plannig, dimana anda akan merekomendasikan program terbaik untuk optimalisasi perusahaan. Software ERP merupakan aplikasi terintegrasi yang membuat beberpa fungsi berjalan secara otomatis, misalnya teknologi dan servis dengan adanya bantuan software tersebut pekerjaan akan lebih efektif dan efisien dan dapat menghemat tenaga kerja.

Pada intinya bekerja sebagai web developer, digital marketing ataupun programmer tidak perlu harus menjadi lulusan IT. Karena ilmu menjadi seorang professional IT bisa anda dapat melalui kursus atau bahkan otodidak dengan mencari ilmu itu melalui internet atau literatur mengenai ilmu IT, yang terpenting jika ingin menjadi seorang professional IT harus memiliki tekad dan ketekunan dalam belajar. Karena seorang yang bekerja di bidang IT di tuntut untuk detail dan gigih dalam bekerja.

Kursus IT

pada dasarnya semua tentang bagaimana kita kita mencari ilmu yang kita inginkan. oleh karna itu fokuslah untuk mengembangkan skill dan kapasitas diri, baik kalian yang berkuliah jurusan IT ataupun kalian yang kursus bahkan mungkin hanya belajar melalui media online sperti Youtube. so tetap semangat untuk menjadi profesional dibidang kalian.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!