Pengaruh Digital Marketing Terhadap Toko Online

Perkembangan teknologi membuat konsumen memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari seberapa banyak konsumen menggunakan fasilitas teknologi informasi dalam memenuhi informasi yang dibutuhkannya, salah satunya yaitu penggunaan internet. Internet berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah yang mengakibatkan arus perubahan konsumen dalam memenuhi gaya hidup. Arus perubahan zaman membawa gaya hidup belanja masyarakat bergeser dari yang sifatnya konvensional menuju pada transaksi situs penjualan online yang terpengaruhi dari arus perubahan gaya hidup masyarakat tersebut. 

Digital marketing bisa mempengaruhi toko online seperti : 

1. Memperluas jangkauan pasar

Umumnya, pemasaran akan dilakukan melalui media cetak atau selebaran. Cara pemasaran tersebut masih memiliki kekurangan berupa terbatasnya jumlah konsumen yang dapat dijangkau. Sehingga, digital marketing menjada strategi alternatif dalam memasarkan produk usaha pada konsumen yang bersifat secara meluas.

Seiring berkembangnya zaman, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan media digital yang terhubung dengan koneksi internet. Hal itu berarti tidak ada batasan bagi produsen untuk memperkenalkan produknya pada konsumen dan calon konsumen. Bahkan, masyarakat yang berada di luar negara pun dapat ditembus oleh adanya media digital ini.

Sehingga peluang bagi sebuah usaha untuk memperluas jangkauan pasar akan semakin besar dan berakibat pada omset yang dihasilkan pun akan mengalami peningkatan.

2. Memudahkan akses informasi bagi konsumen

Selain tidak adanya batasan ruang bagi produsen untuk memasarkan produknya pada konsumen. Pemasaran digital juga memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk mengakses informasi mengenai produk-produk usaha yang memang sudah dipasarkan melalui media digital.

Hal ini memberikan peluang bagi suatu usaha untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang lebih besar. Dikarenakan adanya kebebasan bagi konsumen untuk mengetahui suatu produk tanpa adanya batasan waktu. Dengan kata lain, kapanpun konsumen bisa mendapatkan informasi mengenai suatu produk. 

3. Minim biaya pengeluaran

Adanya digital marketing juga memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pelaku usaha yaitu minimnya tarif yang dikenakan. Dengan adanya internet, pemasaran yang dilakukan hanya memerlukan biaya pengeluaran berupa paket data internet atau wifi untuk mengupload profil dari suatu produk.

Apabila Anda menggunakan pemasaran melalui marketplace maka komponen yang dibutuhkan selain paket data internet adalah aplikasi dari marketplace yang digunakan. Cara pemasaran ini dilakukan dengan tenaga dan pengeluaran biaya yang minim tetapi mampu meningkatkan rating dari suatu produk. 

4. Meningkatkan profit usaha

Dengan adanya jangakauan pasar yang luas, kemudahan akses informasi oleh konsumen, dan biaya pengeluaran dari promosi digital yang kecil mengakibatkan profit atau laba yang diperoleh semakin besar. Semakin luas jangkauan pasar dari sebuah usaha maka peluang untuk mendatangkan konsumen pun semakin besar.

5. Memudahkan evaluasi usaha

Dengan adanya pemasaran yang dilakukan secara online akan memudahkan pelaku usaha untuk mengevaluasi segala hal yang berkaitan dengan suaha yang dijalankannya. Seperti halnya, kunjungan calon konsumen pada laman informasi pemasaran produk, mengetahui pesen konversi penjualan melalui iklan hingga pengecekan untuk pemesanan produk oleh konsumen.

sumber: 5 Keutungan menerapkan Pemasaran Digital Pada Usaha Anda

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!