Pengertian ERP Untuk Bisnis: Ini Dia Cara Kerja dan Contohnya         

Di masa sekarang ini, bidang bisnis tidak hanya bersaing dalam hal produk atau jasa saja, tetapi juga dalam hal efisiensi dan produktivitas. Nah bagaimana cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas sekaligus? Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis yaitu dengan menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning).

Pengertian ERP

ERP yaitu sistem informasi terkini yang mengintegrasikan atau menyatukan semua aspek penting dari bisnis, mulai dari produksi, penjualan, keuangan, hingga sumber daya manusia menjadi satu secara digital. Sistem ERP ini bisa membantu bisnis untuk mengelola data dan proses bisnis secara lebih efisien dan efektif.

Manfaat ERP

Banyak sekali manfaat  yang bisa kamu dapatkan ketika bisnis kamu menggunakan sistem ERP, seperti:

  • Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Proses Bisnis

Sistem ERP dapat membantu bisnis untuk mengurangi duplikasi data, meningkatkan kolaborasi antar departemen, dan mempercepat proses bisnis. Dengan cara ini kamu bisa menghemat untuk upah pegawai. 

  • Meningkatkan Hasil Akurasi Data 

Sistem ERP dapat membantu bisnis untuk memastikan akurasi data, sehingga dapat meningkatkan pengambilan keputusan. Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk hasil dari ERP karena semuanya dikerjakan secara otomatis, sehingga kesalahan-kesalahan yang biasa pegawai lakukan tidak akan terjadi.

  • Meningkatkan Visibilitas Bisnis 

Sistem ERP dapat memberikan visibilitas yang lebih baik tentang bisnis, sehingga dapat membantu bisnis untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Dengan adanya kumpulan data yang akurat akan membantu bisnis kamu untuk membuat keputusan yang terbaik.

  • Meningkatkan Layanan Terhadap Pelanggan 

Sistem ERP dapat membantu bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, karena dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan cepat kepada pelanggan. Karena sistemnya bekerja secara otomatis sehingga informasi bisa kita dapatkan kapan saja ketika kamu membutuhkannya.

Cara Kerja ERP

Bagaimana cara kerja ERP? Sistem ERP bekerja dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber di dalam bisnis, seperti sistem akuntansi, sistem manufaktur, sistem penjualan, dan sistem sumber daya manusia. Data tersebut kemudian diintegrasikan atau disatukan kemudian dianalisis untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis.

Memilih Vendor ERP Terbaik

Ada banyak vendor yang menawarkan sistem ERP, antara lain SAP, Oracle, Microsoft, Infor dan Wesclic. Masing-masing vendor memiliki sistem ERP yang berbeda-beda, dengan fitur dan harga yang berbeda-beda pula.

Salah satu penyedia layanan ERP yang cukup terkenal dan terpercaya adalah ERP dari Wesclic yaitu Cloud ERP System. ERP ini berasal dari brand lokal Indonesia yang sudah banyak dipercayai client karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan yang lain antara lain :

  1. Berbasis Cloud

Menyediakan solusi perangkat lunak terpadu yang berbasis cloud untuk mengelola proses bisnis yang kompleks di perusahaan. Sehingga meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan operasi, dan meningkatkan pengambilan keputusan yang lebih baik melalui penggunaan teknologi cloud.

  1. Kinerja Sistem yang Baik

Menghadirkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan skalabilitas yang lebih tinggi kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengakses sistem ini dari berbagai lokasi dan perangkat, mempercepat waktu respon, dan memungkinkan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

  1. Keamanan Terjamin

Memberikan tingkat keamanan yang tinggi dalam mengelola data perusahaan. Dengan demikian, melalui proyek Cloud ERP System ini, perusahaan akan dapat mengoptimalkan operasionalnya, meningkatkan pengambilan keputusan, memperkuat integrasi bisnis, dan melindungi data perusahaan dengan lebih baik.

Penutup

Sistem ERP adalah alat yang sangat bermanfaat untuk membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan visibilitas bisnis. Namun, pemilihan sistem ERP yang tepat harus dilakukan dengan hati-hati, karena sistem ERP yang tepat dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis namun sebaliknya, jika kamu salah dalam memilih layanan ERP akan berdampak buruk terhadap bisnis kamu kedepannya. Hubungi kami di WhatsApp. untuk mendapatkan penawaran ERP terbaik dari Wesclic. Teruslah melakukan inovasi pada bisnis kamu untuk terus berkembang dan mengikuti zaman dengan update info bersama kami di www.wesclic.com. Sampai jumpa pada informasi-informasi bermanfaat selanjutnya!

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!