Blog

<strong>Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis</strong>

5ef326192cfa3
Business Developer Connect Media Relations Public Relations Technolgy

Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Saat ini teknologi informasi (TI) sudah mendominasi seluruh kegiatan manusia mulai dari berbelanja, membayar tagihan, bekerja, bahkan untuk mendapatkan hiburan. Software akuntansi, CRM, HRM, Project Management, ERP adalah beberapa kata kunci yang sering dicari orang untuk menyelesaikan masalah bisnisnya. Saking pentingnya teknologi, sudah banyak perusahaan besar maupun kecil, yang sudah memakai paling tidak satu (ataupun lebih) solusi yang bersifat perangkat lunak (software/aplikasi).

Memang masih ada bisnis yang jadul dan tidak menggunakan bantuan teknologi. Sayangnya bisnis itu akan disalip oleh kompetitor yang lebih banyak mengadopsi teknologi. Bagaimana kalau itu adalah perusahaan Anda? Kabar baiknya adalah sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Dengan hadirnya banyak startup di dekade terakhir ini, sudah tersedia banyak solusi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Kalau belum ada yang pernah membuat solusi untuk masalah yang Anda hadapi, ide yang bagus untuk membuka startup!

Tapi, untuk orang yang awam teknologi pasti akan kebingungan untuk memulai pencariannya karena mereka tidak tahu nama-nama tools yang diperlukan. Dalam artikel ini, akan dibahas masalah umum yang dihadapi di setiap perusahaan dan nama tools yang tepat untuk menyelesaikannya.

Manfaat Teknologi Informasi

Penggunaan TI dalam bisnis dapat membuat penggunanya lebih efisien dalam bekerja karena pola kebiasaan kerja yang lebih teratur dan lebih cepat. Lalu, peran apa saja yang membuat Teknologi Informasi penting dalam bisnis?

  • Mempermudah Cara Komunikasi

Jaman sekarang kalau menghubungi customer dan supplier tinggal buka Whatsapp saja. Anda bisa mendapatkan jawaban yang cepat dan gratis pula. Tidak perlu lagi menghabiskan pulsa telepon karena Whatsapp juga menyediakan fitur Voice Calling secara gratis. Selain Whatsapp, teknologi seperti email juga berperan penting karena bisa digunakan untuk menjadi sarana promosi produk perusahaan atau promosi event perusahaan.

  • Sebagai Sumber Pengetahuan

Anda tahu sekarang bisa dapat gelar Sarjana hanya dengan modal laptop dan internet? Ya betul sekali. Internet sangat berperan penting dalam suatu bisnis, karena Anda dapat mencari informasi apa saja melalui search engine seperti Google dan Bing secara instan.

Seperti cara Anda menemukan artikel ini. Anda tidak menanyakan ke teman. Anda langsung buka web browser, ketik di google “peran teknologi informasi dalam bisnis” dan menemukan halaman ini, kan? Apabila Anda perlu mencari informasi lain seperti “software akuntansi indonesia” juga dalam seketika dapat menemukan daftar-daftar software akuntansi yang tersedia di Indonesia. Oleh karena itu penggunaan TI dalam bisnis bisa menjadi sumber pengetahuan yang tidak terbatas.

  • Sebagai Manajemen Data

Bagaimana cara Anda menyimpan atau mengatur data dan dokumen di perusahaan Anda? Apa masih berbentuk kertas lalu diarsip di dalam map? Penyimpanan data hanya akan bermanfaat jika data tersebut dapat digunakan secara efektif.

Jika Anda menggunakan Manajemen Sistem Informasi seperti software akuntansi, file yang terarsip akan lebih terorganisir, memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Laporan pun cepat tersaji untuk melakukan analisa data untuk mengembangkan perusahaan. Tapi, jangan lupa melakukan audit sistem informasi secara rutin ya, supaya data tetap aman dan akurat.

  • Sebagai CRM (Customer Relationship Management)

Tidak banyak perusahaan yang menggunakan CRM (Customer Relationship Manager).

CRM pun termaksud salah satu software yang berguna untuk mengelola hubungan terhadap pelanggan, semua data record mengenai customer akan terekam oleh CRM.

Intinya seluruh interaksi anda dengan customer akan tersimpan di CRM anda akan lebih mudah follow-up dan membangun hubungan yang lebih baik dengan customer anda. Hal ini juga membawa keuntungan untuk perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

  • Memperluas Pasar

Jika Anda melakukan bisnis dengan cara “kuno” maka Anda hanya bisa melakukan bisnis dengan jam kerja tertentu dan menjangkau jarak tempuh tertentu. Tetapi jika Anda menggunakan e-commerce atau website sebagai channel penjualan alternatif, maka seluruh transaksi penjualan Anda tidak akan lagi terbatas waktu. Anda dapat tetap berjualan 24 jam meskipun Anda sedang tidur! 

Hal ini akan menguntungkan Anda untuk lebih leluasa dalam berbisnis dan lebih baik dibanding dengan pesaing bisnis Anda yang masih menggunakan metode penjualan tradisional.

Kesimpulan

Saat ini banyak penyedia sistem teknologi informasi bisnis seperti software akuntansi, HRM, atau yang menyakup kesemuanya seperti sistem ERP atau Enterprise Resources Planning.

Apabila Anda masih keukeuh untuk tidak mengadopsi teknologi, Anda hanya menghambat perkembangan bisnis Anda sendiri. Salah satu sistem teknologi informasi bisnis terbaik yang bisa Anda pilih adalah software akuntansi. Dengan software akuntansi, Anda bisa menstandarisasi proses perusahaan, mengarsip transaksi untuk manajemen datadan memudahkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan.

Dan untuk mendapatkan informasi tentang software akuntansi, sangat mudah sekali.

Ingat salah satu manfaat teknologi informasi?

Anda dapat berkonsultasi tentang software akuntansi dari Manaje yang tepat untuk bisnis Anda dengan klik gambar di bawah ini, dan tim konsultan ahli kami akan menghubungi Anda via Whatsapp! Khusus customer baru, ada banyak promo menarik untuk Anda. Jangan sampai kelewatan, ya!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!