Strategi Digital Marketing Paling Efektif Untuk Pemasaran

Strategi digital marketing memiliki peranan yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Secara sederhana, ini merupakan metode pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai media. Dengan menerapkan strategi yang tepat kamu bisa menjangkau pasar secara luas. Hal tersebut bisa diraih karena umumnya digital marketing memanfaatkan internet untuk sistem kerjanya. Selain itu, penerapan strategi pemasaran melalui digital bisa dikatakan jauh lebih hemat karena tidak perlu mencetak dan lain sebagainya.

Jenis Strategi Digital Marketing:

1. Pay Per Click Advertising

PPC merupakan mode pemasaran internet, dimana pengiklan akan membayar biaya untuk setiap iklan di klik. Umumnya iklan tersebut dipasarkan melalui halaman Google dengan menggunakan layanan Google Ads. Pay per click bertujuan untuk menjangkau audiens yang melakukan pencarian sebuah keyword di Google. Ketika keyword dimasukkan, halaman pencarian akan memunculkan iklan dari website kamu. Teknik ini sangat cocok bagi kamu yang baru mulai menggunakan pemasaran digital. Strategi digital marketing untuk bisnis online ini dapat bermanfaat untuk mendorong website bisnis kamu untuk menduduki peringkat atas hasil pencarian. 

Teknik ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan pelanggan secara langsung. Jika dilihat sepintas, mungkin teknik ini hampir mirip dengan SEO. Namun jangan salah, keduanya merupakan metode yang berbeda. Teknik PPC mengharuskan kamu membayar kepada Google untuk setiap iklan yang ditempatkan. Dihitung dari klik audiens. Sedangkan SEO, bukanlah iklan. Namun lebih berfokus terhadap targeting keyword dan pengoptimalan website tertentu.

2. SEO

Strategi digital marketing yang sangat populer adalah SEO. Metode ini digunakan untuk membuat website atau blog yang dikelola bisa menduduki peringkat atas mesin pencarian Google. Dengan rekomendasi tersebut, audiens akan semakin percaya dan tertarik dengan brand yang dipasarkan. SEO bertujuan mengarahkan lebih banyak lalu lintas untuk menuju ke sebuah website tertentu. 

Hal dasar yang harus dipahami untuk mengoptimalkan teknik SEO adalah penggunaan keyword. Dengan menggunakan keyword yang tepat, website yang kamu kelola akan terus direkomendasikan ketika audiens mencari kata kunci yang sama. Semakin banyak jumlah pengunjung, tentu website akan semakin direkomendasikan. Teknik ini dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Inilah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan website bisnis yang dikelola.

Gunakan keyword yang paling banyak dicari para halaman website atau blog.

Analisa keyword yang akan digunakan terlebih dahulu.

Buatlah backlink dari website lain yang isinya mengarahkan ke website yang kamu kelola.Masukkan internal link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya. Tema link harus sesuai sehingga audiens bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Gunakan tool untuk dapat menganalisa traffic website yang dikelola. Tools yang bisa digunakan antara lain Google Analytics.

Pelajari jumlah akses dan klik pada setiap halaman yang terdapat pada website. Dengan melakukan analisis yang cermat, kamu bisa menentukan cara terbaik untuk mengembangkan setiap halaman website.

3. Sosial Media Marketing

Metode ini menggunakan platform sosial media untuk dapat terhubung dengan audiens secara luas.Tujuan penerapan metode ini adalah untuk membangun brand yang kamu miliki, mengarahkan audiens untuk mengunjungi situs tertentu serta untuk meningkatkan penjualan. 

Pemasaran melalui sosial media dianggap lebih efektif karena mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Rekomendasi brand melalui sosial media umumnya cepat berkembang karena dipasarkan secara intens. Kamu bisa menggunakan beberapa platform sosial media untuk melakukan pemasaran. Ketahui karakteristik dari setiap platform yang digunakan agar kamu bisa membuat konten yang menarik. 

Bukan hanya dari segi informatif, namun konten yang dihadirkan juga harus memiliki visual yang menarik. Analisis strategi digital marketing harus dilakukan dengan baik agar pemasaran dapat berjalan lancar dan tidak kalah dengan kompetitor.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!