Blog

UI/UX Designer Serta Tips Menjadi UI/UX Designer.

uiux-designer-2
Technolgy

UI/UX Designer Serta Tips Menjadi UI/UX Designer.

UI /UX Designer untuk saat ini sudah sering sekali di dengar oleh para designer. Pada pengembangan aplikasi berbasis desktop, Tentu saja, pada situs web dan mobile saat ini  sangat membutuhkan yang namanya UI dan UX.

Sebelum kita menyelami lebih dalam apa itu UI/UX Designer,  terlebih dahulu kita perlu memahami konsep dan tujuan dari UI/UX. UI adalah singkatan dari User Interface dan UX adalah singkatan dari User Experience. Dari sini, kita mulai memahami arti dari singkatanya.

Untuk lebih selanjutnya agar lebih mendetail akan dijelaskan mengenai pengertian serta pengenalan mengenai posisi desainer UI / UX dalam pengembangan perangkat lunak. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya penggunaan desain UI/UX dalam pengembangan aplikasi mobile. Penggunaan perangkat seluler sendiri sekarang lebih sering banyak daripada situs web.

Saat ini, banyak situs web yang sedang dikembangkan untuk mobile agar dapat mengikuti perkembangan di era digital. Semua developer tentu telah mempelajari sesuatu tentang pengembangan perangkat lunak, baik dari segi tampilan website maupun mobile. Untuk saat ini, lebih dikenali dengan fitur responsifnya.

Lalu apa penjelasan detail dari UI dan UX itu sendiri? Silahkan perhatikan penjelasan kami

Apa itu UI/UX Designer?

ui/ux designer

UI atau User Interface adalah proses menampilkan hasil dalam format yang dapat dilihat oleh pengguna. Lebih tepatnya adalah bagian visual dari situs web, perangkat lunak, dan perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk  berinteraksi. Tujuan dari UI itu sendiri adalah untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman pengguna.

UX atau User Experience adalah proses yang membuat pengguna merasa nyaman dengan pengalaman anatrmuka pada sebuah aplikasi. Yang terpenting, tujuan dari UX adalah untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat mengakses tampilan baik dari  website, ponsel maupun desktop. UX itu sendiri adalah penghubung antara pengguna dan produk.

Peran dari seorang UI/UX designer

Setelah kamu telah memahami maksud dan tujuan dari UI/UX, sekarang yang anda perlu pahami yaitu pekerjaan dari seorang UI/UX Designer. Semua perusahaan dan start-up tentunya berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas  produk yang dihasilkan, baik dari segi fungsionalitas maupun  kualitas visualnya.

Oleh karena itu, perlu adanya seorang yang profesional baik dari segi pengembang, ataupun dari segi desain sendiri. Dalam dunia IT seorang yang ahli di bidang UI/UX sering disebut dengan UI/UX designer.

Tentu saja, pekerjaan dari posisi ini bukan hanya ahli dalam desain aplikasi dan tampilan kasar pada aplikasi. Namun, desainer UI/UX  juga harus memperhatikan  fungsionalitas dan tampilan dari desain asli yang  dibuat untuk perangkat lunak.

Mengapa Desain UI / UX penting dalam aplikasi mobile?

ui/ux designer

Penggunaan aplikasi mobile sekarang ini terus mengalami peningkatan. Maka dari itu perlu adanya penyesuaian dari tim developer agar selalu membuat perubahan dari sisi visual agar lebih responsif serta mendukung tampilan dalam mobile. Selain itu, desain UI/UX sangat memiliki pengaruh dalam proses pengembangan aplikasi.

Ada beberapa aspek penting kenapa desain UI/UX memiliki pengaruh yang besar bagi pengguna aplikasi. Aspek pertama yaitu dari segi penggunaan (usability). Ketika user mulai menggunakan dan berinteraksi dengan salah satu aplikasi mobile, hal yang pertama dilakukan pastinya memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user inginkan.

Lalu, user bisa masuk ke aplikasi tersebut dan mulai untuk mencoba tiap fitur yang ada. Sebagian besar user aplikasi mobile, lebih memilih aplikasi dengan performa dan penggunaan simple. Kemudian, aspek kedua adalah dari segi tampilan visual.

Tampilan atau antarmuka pengguna sangatlah penting untuk menambah minat dalam mengakses aplikasi tersebut. Dengan menggunakan desain UI/UX, maka anda bisa mengatur dan memodifikasi tampilan dan setiap elemen supaya lebih menarik dan meningkatkan minat pengguna untuk mengakses aplikasi.  Oleh sebab itu peran dari user experience sangat amat penting untuk meningkatkan visual yang bagus dan tepat sasaran.

Aspek yang ketiga merupakan konsistensi dalam desainnya. Desain adalah faktor primer pada memikat pengguna. Konsistensi disini meliputi pada pembuatan desain layout, penggunaan font, warna, dan user experience yg diadaptasi menggunakan behavior menurut pengguna.

Lalu bagi anda yang ingin terjun menjadi seorang UI/UX designer, kami memiliki tips yang cukup bermanfaat untuk menjadi UI/UX designer pemula. Simak penjelasan berikut!

UI/UX designerTips menjadi bagi pemula.

UI/UX designer sekarag ini merupakan pekerjaan yang cukup banyak tersebar di berbagai lowongan pekerjaan. Meningkatnya permintaan profesi dibidang UI/UX  dapat menjadi dorongan untuk dapat menjadi UI/UX designer.

Menjadi UI/UX designer tidak harus menempuh pendidikan bidang tertentu. Asal memiliki niat dan ketekunan peluang untuk berkarir sebagai UI/UX designer akan selalu ada. Untuk kamu yang masih sedikit pengalaman pada bidang UI/UX designer, kami memiliki beberapa tips agar kamu bisa menjadi UI/UX designer.

Kenali dahulu tentang UI/UX designer

Apakah sebagai UI/UX designer diperlukan keahlian desain yang mumpuni seperti menguasai Adobe photoshop, illustrator, dan sebagainya?

Jawabannya iya. Setidaknya untuk  memahami konsep dasar, anda membutuhkan keterampilan desain. Namun jika anda tidak begitu memahami  konsep desain, jangan khawatir anda tidak bisa menjadi desainer UI/UX.

Intinya sebagai seorang UI/UX designer adalah memahami 3 kunci utama. Yakni problem, solution, dan result. Seorang UI/UX designer wajib mengetahui masalah apa yang akan timbul pada desain user interface produk aplikasi tersebut.

Lalu kunci yang kedua yaitu sebagai seorang UI/UX designer wajib untuk mampu memetakan bagaimana solusi atau langkah yang akan diambil pada masalah tersebut.

Terakhir, UI/UX designer harus bisa merealisasikan solusi yang telah dipetakan agar menghasilkan keluaran atau output yang sesuai.

Mempelajari dan Banyak Berlatih UI/UX Designer

Jika Anda ingin memasuki bidang UI/UX designer, Anda perlu banyak berlatih baik  dari perspektif UI maupun UX. Oleh karena itu, sering berlatih akan meningkatkan keterampilan Anda.

Temukan informasi seputar profesi desainer UI/UX. Anda bisa mulai dari belajar UI yang umumnya lebih mudah  dibandingkan UX. Misalnya, gunakan Adobe XD atau Figma untuk membuat konsep desain aplikasi sederhana.

Cari Banyak Sumber Referensi

Ini merupakan hal yang penting. Sebagai seorang desainer UI/UX, Anda perlu mencari banyak sumber referensi. Pengembang desain juga harus banyak belajar juga dari beberapa sumber seperti buku, website, YouTube, dan lain sebagainya.

Bergabung Dengan Berbagai Komunitas Desain

Bergabunglah dengan komunitas, termasuk grup keanggotaan, forum Facebook, dan grup lainnya. Anda tidak hanya dapat menambah teman baru, tetapi Anda juga dapat bertukar pikiran dengan mendalami bidang profesi yang sama.

Dengan memperluas relasi di bidang design maka memungkinkan bertambahnya referensi bagi seorang UI/UX designer. Ini adalah keuntungan tersendiri untuk seorang UI/UX designer.

Sekian pembahasan pada artikel ini, semoga ilmu yang di dapat cukup bermanfaat untuk karir anda sebagai UI/UX designer, good luck!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!