10 Cara Praktis Melindungi Website dari Ancaman Hacker

Pada era digital ini, website tidak hanya menjadi penyedia informasi online bisnis atau kegiatan-mu, tetapi juga menjadi target empuk bagi para hacker yang mencari celah untuk merusak atau mencuri informasi berharga. Banyaknya kejadian disekitar kita tentang kejahatan online, salah satunya yang mengancam website. Oleh karena itu, melindungi website dari ancaman hacker menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

Siapa itu Hacker ?

Hacker yaitu orang yang ahli dibidang computer, mereka pandai untuk memahami, mengubah, atau mengakses data yang tidak seharusnya mereka miliki. Hacker ini bisa dikatakan baik atau jahat tergantung bagaimana mereka menggunakan data yang diaksesnya. Namun pada artikel ini kita akan belajar mengenai bagaimana melindungi website kita dari ancaman hacker yang jahat. Simak beberapa cara berikut!

1. Update dan Amankan Platform CMS 

Pastikan platform Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla, atau Drupal selalu diperbarui ke versi terbaru. Update tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga memperbaiki keamanan. Selain itu, instal plugin keamanan yang dapat membantu melindungi website kamu dari serangan umum.

2. Gunakan HTTPS

Penerapan protokol HTTPS adalah langkah krusial dalam melindungi website-mu dan juga mendukung peringkat SEO. Sertifikat SSL akan mengenkripsi komunikasi antara server dan pengguna, mengurangi risiko peretasan data.

3. Buat Kata Sandi yang Kuat

Penting untuk memiliki kata sandi yang kuat dan unik untuk login ke dashboard website kamu. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, atau kombinasi yang umum. Gunakan kombinasi huruf besar-kecil, angka, dan karakter khusus.

4. Perbarui dan Monitor Keamanan Reguler

Lakukan pemindaian keamanan secara teratur dengan menggunakan alat keamanan website. Perangkat lunak keamanan seperti firewall dapat membantu melindungi website kamu dari berbagai serangan siber.

5. Backup Data Secara Rutin

Selalu lakukan backup data secara teratur. Jika terjadi serangan atau kehilangan data, kamu dapat mengembalikan website ke kondisi normal dengan cepat. Simpan backup di tempat yang aman, seperti penyimpanan cloud yang dienkripsi.

6. Lindungi dari Serangan DDoS

Serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dapat merusak kinerja website kamu. Gunakan layanan atau perangkat keras khusus untuk melindungi website dari serangan DDoS dan memastikan situs tetap berjalan lancar.

7. Monitoring Aktivitas Anomali

Gunakan alat pemantauan keamanan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau anomali pada website-mu. Ini dapat membantu kamu untuk merespons dengan cepat jika terjadi serangan.

8. Secara Rutin Memeriksa dan Memperbarui Hak Akses

Pastikan hanya orang-orang yang benar-benar perlu memiliki akses untuk masuk ke bagian tertentu dari website yang kamu punya. Hapus akses yang tidak perlu dan perbarui izin secara berkala.

9. Optimalkan Keamanan File

Batasi jenis file yang dapat diunggah ke website kamu dan periksa file yang diunggah secara rutin supaya kamu bisa memantau aktivitas Website. File yang tidak diperlukan atau mencurigakan harus dihapus untuk berjaga-jaga masuknya file yang tidak aman.

10. Pantau dan Tanggapi Cepat Terhadap Ancaman

Pantau aktivitas website kamu secara real-time. Jika terdeteksi aktivitas mencurigakan atau serangan, tanggapi dengan cepat untuk mengisolasi dan mengatasi masalah tersebut.

Penutup

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat melindungi website kamu dari ancaman hacker. Keamanan website adalah investasi yang sangat berharga untuk memastikan kelangsungan aktivitas website kamu. Terus ikuti informasi-informasi terkini tentang website hanya di www.wesclic.com. Kamu bisa membuat website yang terjamin keamanannya, dengan menghubungi kami melalui WhatsApp, kamu bisa mendiskusikan website seperti apa yang kamuinginkan dan kamu butuhkan, selain terjaga kemanannya website kami kekinian dan profesional.

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!