6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa”

Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil. Bahwa menjadi pengusaha tidak semudah yang yang dibayangkan. Mari kita ketahui enam ciri-ciri bisnis bisnis gagal yang harus diperhatikan saat akan mulai berbisnis.

Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada banyak aspek yang harus dianalisis dan dipertimbangkan secara cermat sebelum mengambil keputusan. Hal ini bertujuan untuk mencapai kesuksesan bisnis dan mencegah kemungkinan kegagalan. Namun, tidak semua pebisnis mampu melakukannya dengan baik. Penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa hal yang dapat menjadi ciri-ciri bahwa bisnis berisiko gagal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Model Bisnis yang Tidak Matang

Ciri pertama bisnis akan gagal adalah ketika belum memiliki rencana bisnis yang jelas, belum mengenal pasar sasaran, dan bahkan belum menentukan tujuan dan strategi yang realistis. Ini juga termasuk belum bisa evaluasi dengan rutin. Model bisnis yang kurang matang ini bisa membuat bisnis kehilangan arah dan tujuan yang jelas, sehingga sulit untuk bersaing dan berkembang. Skenario terburuknya? Gagal.

2. Tidak Memiliki Jejak Digital

Kalau sebuah bisnis belum memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis, seperti belum memiliki website, media sosial, email marketing, atau platform digital lainnya yang bisa membantu menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan potensial dan sudah ada. Kemudian, tidak memiliki jejak digital akan membuat bisnis tertinggal dan tidak dikenal oleh banyak orang, sehingga sulit untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Kalau pelanggan tidak ada? Dapat keuntungan dari mana?

3. Bergantung pada Demografi yang Terbatas

Jika suatu bisnis mengandalkan segmen pasar yang sempit dan tidak berusaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas, maka ini adalah ciri bisnis kamu bisa gagal. Mengapa? Karena kamu tidak melakukan variasi produk dan layanan, atau mungkin tidak menyesuaikan pasar dengan perubahan kebutuhan customer. Kurangnya inovasi di tengah persaingan juga jadi satu faktor penting. Oleh karena itu, bergantung pada demografi yang terbatas akan membuat bisnis rentan terhadap perubahan pasar dan tidak memiliki daya saing yang tinggi.

4. Kurang Berinteraksi Dengan Customer

Bisnis bisa mengalami kegagalan jika kamu tidak memperhatikan customer, termasuk tidak memperhatikan kebutuhan, keinginan, dan masalah mereka. Tidak adanya pelayanan pelanggan yang baik, tanggap, dan menyenangkan. Pun jika kamu jarang berinteraksi dengan pelanggan, bisnis akan kehilangan kepercayaan dan loyalitas mereka, sehingga sulit untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Maka, jangan sampai pelanggan kecewa, ya!

5. Tidak Memiliki Keunikan

Ciri ini adalah ketika bisnismu tidak memiliki nilai lebih atau kelebihan yang bisa jadi “beda” dari yang lain. Misalnya, kamu tidak punya merk, logo, slogan, atau identitas bisnis yang kuat dan menarik. Tidak memiliki keunikan akan membuat sebuah bisnis tidak menonjol dan punya daya tarik yang kuat, sehingga sulit untuk menarik dan mempertahankan customer.

6. Meningkatkan Skala Bisnis Terlalu Cepat

Punya modal banyak langsung mau scale-up? Eits… jangan buru-buru. Sebab, jika kamu tergesa-gesa memperluasbisnis tanpa mempertimbangkan kapasitas, sumber daya, dan risiko yang ada justru akan berbahaya untuk bisnismu. Scale-up atau meningkatkan skala bisnis terlalu cepat nantinya akan membuat bisnis tidak stabil, tidak efisien, dan tidak berkelanjutan (unsustainable), sehingga berpotensi bisa rugi dan gagal.

PENUTUP

Meskipun membuat bisnis tidak mudah dan selalu dibayangi kegagalan, akan tetapi harus diyakini bahwa bisnisjuga dibayangi oleh keberhasilan juga. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk tetap berhati-hati dalam mengambil langkah supaya ciri-ciri yang disebutkan di atas tidak terjadi pada bisnismu.

Jika kamu ingin meningkatkan jejak digital ke masyarakat, salah satunya adalah dengan website. Kamu bisa menggunakan website company profile atau sistem untuk mendukung manajemen usaha bisnismu bersama Wesclic. Silakan dapat konsultasi GRATIS dengan menghubungi kami di link ini. 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!