Bagaimana Mengatasi Website Error Begini Cara Mengatasinya!

Bagaimana Cara Mengatasi Website Error? Ini Cara Mengatasinya!

Website yang error pasti sangat menjengkelkan. Website yang tidak bisa diakses atau menampilkan error message dapat membuat pengunjung website kamu kecewa dan bahkan meninggalkan website kamu. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan website error

“Website error dapat menyebabkan frustasi bagi pengunjung dan berdampak negatif pada bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani website error dengan cepat dan efektif.”

Neil Patel
Jenis-jenis Error Pada Website dan Penyebabnya

Beberapa penyebab umum seperti koneksi internet yang buruk, masalah pada server, kesalahan kode, serangan siber. Berikut adalah beberapa jenis error pada website yang sering terjadi beserta penyebabnya:

  • Error 400 Bad Request 

Error 400 Bad Request terjadi ketika permintaan dari browser tidak dapat dipahami oleh server. Hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan penulisan URL, kesalahan sintaks dalam permintaan, atau data yang tidak valid. 

  • Error 401 Unauthorized 

Error 401 Unauthorized terjadi ketika pengguna tidak memiliki izin untuk mengakses halaman website. Hal ini dapat disebabkan oleh pengguna belum login, atau pengguna tidak memiliki peran yang diperlukan untuk mengakses halaman website tersebut. 

  • Error 403 Forbidden 

Error 403 Forbidden terjadi ketika pengguna memiliki izin untuk mengakses halaman website, tetapi tidak memiliki izin untuk melakukan tindakan tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh pengguna mencoba mengakses halaman website yang dibatasi, atau pengguna mencoba melakukan tindakan yang tidak diizinkan, seperti mengubah atau menghapus data. 

  • Error 404 Not Found 

Error 404 Not Found terjadi ketika halaman website yang diminta tidak ada. Hal ini dapat disebabkan oleh halaman website tersebut telah dipindahkan atau dihapus, atau halaman website tersebut tidak pernah ada. 

  • Error 500 Internal Server Error 

Error Error 500 Internal Server Error terjadi ketika ada masalah dengan server yang menghosting website. Hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan kode, masalah perangkat keras, atau masalah jaringan. 

  • Error 501 Not Implemented 

Error 501 Not Implemented terjadi ketika server tidak mendukung fitur atau fungsi yang diminta oleh browser. Hal ini dapat disebabkan oleh server yang menggunakan versi software yang lama, atau server yang tidak dikonfigurasi untuk mendukung fitur atau fungsi tersebut. 

  • Error 502 Bad Gateway 

Error 502 Bad Gateway terjadi ketika server yang diminta untuk menyediakan data tidak dapat melakukannya. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah dengan server yang diminta, atau masalah dengan jaringan yang menghubungkan kedua server tersebut. 

  • Error 503 Service Unavailable 

Error 503 Service Unavailable terjadi ketika server tidak dapat menangani permintaan saat ini. Hal ini dapat disebabkan oleh server yang kelebihan beban, atau server yang sedang dalam pemeliharaan.

Cara Menangani Website Error

Dari banyaknya masalah error pada website lalu bagaimana cara mengatasinya? Kami telah merangkum beberapa tips untuk menangani website yang error. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi website yang error:

  1. Periksa Koneksi Internet 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet kamu. Pastikan bahwa koneksi internet kamu stabil dan memiliki kecepatan yang cukup untuk mengakses website kamu. kamu dapat memeriksa koneksi internet kamu dengan membuka situs website lain. Jika situs website lain dapat diakses dengan lancar, maka masalahnya mungkin bukan pada koneksi internet kamu. 

  1. Periksa Server 

Jika koneksi internet kamu tidak bermasalah, maka masalahnya mungkin terletak pada server kamu. Kamu dapat menghubungi penyedia hosting kamu untuk memeriksa server kamu. Penyedia hosting kamu akan dapat memeriksa log error server kamu untuk mengetahui penyebab error

  1. Periksa Kode 

Jika masalah tidak terletak pada koneksi internet atau server kamu, maka masalahnya mungkin terletak pada kode website kamu. kamu dapat memeriksa kode website kamu untuk mencari kesalahan. Jika kamu tidak yakin bagaimana cara memeriksa kode kamu, kamu dapat meminta bantuan dari pengembang website

  1. Perbarui Plugin Dan Tema 

Plugin dan tema yang usang dapat menyebabkan error pada website kamu. Pastikan untuk memperbarui plugin dan tema kamu ke versi terbaru. Kamu dapat memperbarui plugin dan tema kamu melalui dashboard website kamu. 

  1. Restore Website 

Jika kamu telah mencoba semua langkah di atas dan website kamu masih error, maka kamu dapat mencoba restore website kamu ke versi sebelumnya. Restore website akan mengembalikan website kamu ke kondisi sebelumnya. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengatasi error yang terjadi. Kamu dapat restore website kamu melalui dashboard website kamu. 

  1. Hubungi Penyedia Hosting 

Jika kamu telah mencoba semua langkah di atas dan website kamu masih error, maka kamu dapat menghubungi penyedia hosting kamu untuk meminta bantuan. Penyedia hosting kamu akan dapat membantu kamu untuk mengatasi error pada website kamu. 

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi website yang error. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatasi error pada website kamu dan mengembalikan website kamu ke kondisi normal. Dan yang paling penting untuk menghindari terjadinya error pada website kamu, maka harus dipastikan untuk memilih jasa penyedia layanan website yang terpercaya, contohnya Wesclic. Wesclic menyediakan layanan jasa pembuatan website yang jelas professional dengan terbukti telah membuat puas para kliennya. Kunjungi kami di www.wesclic .com untuk mencari tahu selengkapnya dan hubungi kami di WhatsApp apabila ada pertanyaan terkait penawaran pembuatan website kami!

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!