OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek berkualitas tinggi yang bisa mendampingi banyak kebutuhan manusia

Pada tanggal 15 Februari 2024, OpenAI mengumumkan sistem AI generasi baru bernama Sora. Kemampuan Sora adalah menghasilkan video pendek dari perintah teks. Meski Sora belum tersedia untuk umum, kualita sampelnya punya hasil yang bagus.

Apa Itu Sora?

AI Sora adalah model baru AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Sora memiliki kemampuan untuk menciptakan video kualitas tinggi dengan durasi maksimal satu menit

Dalam video yang dihasilkannya, Sora mampu menampilkan detail-detail adegan dengan sangat jelas. Sora bisa mengintegrasikan gerakan kamera yang dinamis dan kompleks, serta menghidupkan berbagai karakter dalam video tersebut dengan emosi yang tampak nyata dan penuh ekspresi. Model AI ini dirancang untuk menghasilkan konten visual yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga kaya akan narasi dan nuansa emosional yang mendalam.

Sora memiliki kemampuan dalam menciptakan video berkualitas tinggi. AI ini mampu untuk menghasilkan resolusi video yang mencapai 1920×1080 untuk format landscape dan 1080×1920 untuk format portrait. 

Selain itu, Sora juga sangat adaptif dalam mengolah berbagai genre dan tema. Misalnya, fantasi, fiksi ilmiah, horor, komedi, serta berbagai tema lainnya yang kaya akan cerita dan karakter.

Bagaimana Cara Kerja Sora?

Bayangkan Sora sebagai alat yang bisa menghasilkan teks dan gambar keren hanya dengan beberapa klik. Kenapa bisa begitu? Ini berkat teknologi yang bernama “model transformator difusi”.

Transformator adalah otak pintar yang Google ciptakan pada 2017. Mereka ini seperti otak di balik aplikasi chatt pintar yang kamu kenal, seperti ChatGPT atau Google Gemini.

Sedangkan, model difusi adalah seperti kreator AI yang mulai dengan coretan-coretan acak dan perlahan-lahan. Sebagai hasilnya, adalah karya seni yang detail sesuai dengan apa yang kamu minta.

Keren, kan?

Sekarang coba bayangkan kamu punya banyak foto liburan yang mau jadi film pendek. Nah, biar filmnya tidak kacau dan setiap gambarnya selalu tersambung, itulah yang namanya koherensi dan keseragaman yang mana penting dalam cara kerja AI.

Kemudian, Sora berperan seperti seorang ‘sutradara’ yang mengatur semua foto itu jadi satu cerita yang utuh. Bagaimana caranya? Pakai transformator yang biasanya dipakai buat mengartikan teks, tapi Sora menggunakannya untuk mengartikan potongan-potongan waktu dan ruang. Sehingga, setiap frame itu diatur sedemikian rupa supaya cocok disusun, hasilnya adalah video berkualitas tinggi!

Keunggulan Sora
  1. Teknologi Paling Mutakhir: Sora menandai kemajuan besar dari teknologi video AI sebelumnya dengan menyediakan video berkualitas sinematik yang memukau. Inilah yang menegaskan posisi OpenAI sebagai jagoan di inovasi AI.
  2. Proses Pengujian dan Akses Terbatas: Sebelum muncul ke khalayak umum, OpenAI memilih akses uji coba ke peneliti dan akademisi untuk memberi saran dan masukan supaya Sora semakin hebat sebelum diluncurkan ke publik. 
  3. Tindakan Keamanan: Tidak main-main dengan keamanan Sora, OpenAI melakukan kerjasama dengan para ahli di berbagai bidang seperti disinformasi, ujaran kebencian (hate speech), dan bias untuk melindungi integritas Sora.
  4. Pengalaman yang Personalisasi: Sora bisa membuat materi campaign dan konten yang disesuaikan untuk audiens. Fitur personalisasi ini memiliki dampak yang positif dalam efektivitas pekerjaan
Cara Kerja Sora

Untuk memulai menggunakan Sora AI, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi link ini untuk berkenalan dengan Sora AI: https://openai.com/sora.
  2. Baca entri blog dari OpenAI yang mengenalkan Sora. Kamu juga akan menemukan beberapa contoh video yang telah dihasilkan oleh teknologi pembuat video Sora.
  3. Di situs web Sora, kamu bisa mendaftar dan mendapatkan akses awal untuk melihat video yang telah diciptakan oleh Sora.
  4. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan Sora belum sepenuhnya tersedia untuk umum karena masih dalam tahap pengembangan dan belum diluncurkan secara resmi oleh OpenAI.

Penutup

Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka berbagai kemungkinan baru dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja manusia. AI tidak hanya mempercepat proses kerja, tetapi juga mampu memberikan solusi inovatif untuk masalah yang kompleks. Namun, kita juga harus menyadari bahwa setiap kemajuan teknologi membawa dampak yang beragam. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan AI dengan bijaksana, memastikan bahwa teknologi ini berdampak positif 

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Ikuti wesclic di Instagram dan wesclic.com untuk mendapatkan info terbaru tentang IT dan bisnis! 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!