Blog

Panduan Lengkap Mendaftar Domain Indonesia

web-design-1327873_1280
Business Technolgy Tips and Trick

Panduan Lengkap Mendaftar Domain Indonesia

Pernahkah kamu ingin membuat website, tetapi bingung harus mulai dari mana? Salah satu langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan domain. Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses website di internet. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mendaftar domain Indonesia. Panduan ini akan mencakup semua hal yang perlu kamu ketahui, mulai dari persyaratan pendaftaran hingga langkah-langkah pendaftaran.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses website di internet. Domain terdiri dari dua bagian, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain adalah bagian yang dapat dibaca oleh manusia, sedangkan ekstensi domain adalah bagian yang menunjukkan jenis domain tersebut. 

Jenis-Jenis Domain
  1. Domain TLD (Top-Level Domain): Ini adalah ekstensi domain paling umum seperti .com, .net, dan .org. Domain ini seperti “sufiks” atau akhiran dari alamat webmu. 
  2. Domain ccTLD (Country Code Top-Level Domain): Merupakan domain dengan kode negara, seperti .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, atau .uk untuk Britania Raya. Cocok untuk situs yang ingin fokus pada audiens dari suatu negara. 
  3. Subdomain: Ini adalah domain yang sifatnya seakan-akan “cabang” dari domain utama. Misalnya, blog.namadomain.com adalah subdomain dari namadomain.com. 
  4. Wildcard Domain: Memberikan kemampuan untuk menggunakan banyak subdomain dengan satu konfigurasi. Sangat berguna jika kamu memiliki banyak bagian dalam situs webmu. 
  5. Domain IDN (Internationalized Domain Name): Menggunakan karakter non-ASCII, seperti huruf dengan aksen atau karakter non-Latin. Ini memungkinkan penggunaan bahasa lokal dalam nama domain. 
  6. Premium Domain: Domain yang dianggap memiliki nilai tinggi dan seringkali memiliki harga yang lebih mahal. Domain ini lebih singkat, mudah diingat, dan memiliki makna khusus. 
  7. Expired Domain: Domain yang telah kedaluwarsa dan kini tersedia untuk diambil oleh orang lain. Dapat menjadi pilihan jika kamu mencari nama domain yang bagus dan sudah pernah digunakan. 
  8. Brandable Domain: Domain yang dirancang untuk menciptakan brand yang kuat. Biasanya singkat, mudah diucapkan, dan mudah diingat. 
  9. Domain (sTLD): Domain yang diatur oleh kelompok atau organisasi tertentu. Contohnya .gov untuk pemerintah atau .edu untuk lembaga pendidikan. 
  10. Second-Level Domain (SLD): Bagian utama dari sebuah domain yang berada di depan ekstensi TLD. Misalnya, “namadomain” dalam www.namadomain.com. 

Pilihlah jenis domain yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu, karena nama domain yang tepat dapat memberikan kesan profesional dan memudahkan orang untuk mengingat situs webmu!

Di Indonesia, ekstensi domain yang paling umum digunakan adalah .ID. Domain .ID dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Untuk mendapatkan domain .ID, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan loh, simak persyaratannya dibawah ini!

Syarat-Syarat Domain Indonesia
Jenis DomainContoh DomainSyarat Pendaftaran
.idnamadomain.idTidak ada ketentuan
.co.idnamaperusahaan.co.id– Scan KTP pemilik perusahaan. – Surat keterangan kepemilikan Usaha – Akta Pendirian Perusahaan.
.web.idnamaweb.web.id– Scan KTP pemilik web
.sch.idnamasekolah.sch.id– Scan KTP Penanggung jawab- Scan Surat Permohonan Kepala Sekolah- Scan Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada Penanggung JawabContoh Dokumen– Melampirkan SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/SKPD (Untuk Lembaga Pendidikan Non Formal)
.ac.idnamauniversitas.ac.id– Scan KTP Penanggung jawab- Scan SK Depdiknas Pendirian Lembaga- Scan Akta Pendirian/SK Rektor- Scan Surat Kuasa Pimpinan Lembaga kepada Penanggung Jawab Contoh Dokumen
.ponpes.idnamaponpes.pospes.id– Scan KTP Penanggung jawab- Surat Pengantar dari Kepala Sekolah PonpesContoh Dokumen
.biz.idnamabiz.biz.idTidak ada ketentuan
.or.idnamaorganisasi.or.id– Scan KTP Pimpinan Lembaga- Scan Akta Notaris/SK Intern Organisasi
.my.idnamaku.my.idTidak ada ketentuan
Bagaimana Cara Mendaftarkan Domain Indonesia?

Ini dia, langkah-langkah untuk mendapatkan domain .ID: 

  • Pertama, kamu harus mendaftarkan domain .ID di salah satu registrar domain yang telah ditunjuk oleh PANDI. kamu dapat menemukan daftar registrar domain di situs web PANDI. Pembayaran 
  • Setelah mendaftar domain, kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran domain. Biaya pendaftaran domain .ID adalah Rp200.000 per tahun. 
  • Konfirmasi pendaftaran Setelah pembayaran diterima, PANDI akan memverifikasi pendaftaran domain kamu. Jika pendaftaran domain kamu disetujui, PANDI akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email kamu. 
  • Pemindahan domain Jika kamu telah memiliki domain .ID di registrar domain lain, kamu dapat memindahkan domain tersebut ke registrar domain yang baru. Untuk memindahkan domain, kamu harus mengajukan permohonan pemindahan domain ke PANDI. 
Tips Mendapatkan Domain Indonesia (.ID) yang Benar

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan domain .ID yang benar: 

  • Pilih nama domain yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Nama domain yang mudah diingat akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. 
  • Pastikan nama domain tersedia. kamu dapat memeriksa ketersediaan nama domain di situs web PANDI. 
  • Gunakan ekstensi domain yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin membuat website untuk bisnis, kamu dapat menggunakan ekstensi domain .co.id. 
Fungsi-Fungsi dari Sebuah Domain
  • Sebagai Identitas

Seperti nama kamu, domain memberi identitas pembeda pada situs webmu dengan web yang lain. 

  • Kesan Pertama (first impression) :

Domainmu itu sebagai tampilan luar yang pertama kali orang lihat. Domain yang keren dan mudah diingat akan lebih dikenal orang.

  • Navigasi Terpercaya

Pernah bingung di antara banyak situs web? Domainmu adalah GPS untuk situs webmu, memastikan pengunjung tidak tersesat dari banyaknya informasi di internet. 

  • Alat Branding

Domain yang bisa menampilkan value dirinya akan terlihat berbeda dari yang lain. Disini kamu bisa memamerkan merekmu dan menentukan kesan apa yang bisa diharapkan pengunjung ketika membuka Domain. 

  • Mengenalkan Brand Secara Global

Ingin brand kamu menarik pengunjung dari seluruh dunia? Pilihlah Domain yang baik, terutama yang berbau .com, mengubah situs webmu menjadi sensasi internasional. 

Kepercayaan adalah segalanya di dunia online. Domain yang profesional dan aman akan membangun dengan sendirinya kepercayaan dari pengunjung.

  • Menjadi Kartu Nama

Alih-alih mencatat alamat IP yang rumit, tinggal masukkan domainmu di kartu nama digital. Ini akan menjadi pintu pintas pertemuan digitalmu antara kamu dengan calon pengunjung. 

  • Menjadikan Email Lebih Keren 

Pernah punya alamat email keren? Domainmu menjadi privilege untuk memiliki email keren seperti “[email protected].” 

  • Daya Tarik Tanpa Batas Waktu

Selama kamu tetap menggunakan Domain yang kamu punya Domain tersebut akan bersifat abadi. 

  • SEO Friendly

Mesin pencari menyukai domain yang bagus. Ini akan membantu situs webmu untuk mudah ditemukan di mesin pencari dari jutaan sumber informasi yang lain.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap membuat Domain Indonesia ditambah pengertian dan fungsi dari Domain. Dengan memahami apa itu Domain dan mengikuti panduan pembuatan ini, kamu dapat dengan mudah mendapatkan domain .ID yang sesuai dengan kebutuhan untuk website kamu. Selalu kunjungi kami untuk informasi-informasi bermanfaat selanjutnya hanya di www.wesclic.com. Ayo adaptasi kebutuhan brand, instansi, organisasi, dan yang lainnya dengan menggunakan Domain supaya mudah dikenal orang banyak!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!