Blog

Pengertian Hosting: Jenis, Cara Kerja dan Pemilihan yang Tepat

Screenshot 2024-02-03 100250
Developer Connect Technolgy Video & Tips

Pengertian Hosting: Jenis, Cara Kerja dan Pemilihan yang Tepat

Apakah kamu pernah mempunyai keinginan memiliki website yang bagus? Penuh dengan kreativitas, konten menarik, dan siap menyambut pengunjung. Tapi gimana caranya? Kamu butuh penunjang untuk membuat website berfungsi dengan baik dan sesuai keinginan kamu. Inilah peran hosting, andalan yang baik bagi website kamu di dunia maya. 

Apa itu Hosting? 

Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan untuk file-file website kamu di internet. Hosting menjadi sebuah wadah website kamu untuk dibangun dan beroperasi. File-file seperti gambar, teks, kode, dan database website kamu semuanya tersimpan di server hosting tersebut. 

“Web hosting is like the real estate of the internet. It’s where your website lives and it’s important to choose a good location.”

Matt Cutts
Jenis-jenis Hosting 

Ada berbagai jenis hosting, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Pastikan untuk memilih hosting yang ideal dengan kebutuhan kamu. 

Berikut beberapa jenis hosting yang umum: 

  1. Shared Hosting: Shared hosting adalah pilihan yang terjangkau dan cocok untuk website kecil atau pribadi. Kamu berbagi sumber daya server dengan pengguna lain, namun harganya pun lebih murah. 
  2. VPS Hosting: VPS hosting menawarkan privatisasi yang lebih baik. Kamu memiliki area server virtual yang terdedikasi dan sumber daya yang lebih stabil dibandingkan shared hosting. 
  3. Dedicated Hosting: Dedicated hosting memberikan kontrol penuh atas server dan sumber dayanya. Cocok untuk website besar dengan trafik tinggi yang membutuhkan performa dan keamanan optimal. 
Cara Kerja Hosting
  • Pengunjung mengakses website dengan mengetikkan nama domain website di browser. 
  • Browser kemudian mengirimkan permintaan ke server hosting. 
  • Server hosting menerima permintaan dan mencari file-file website yang diperlukan. 
  • Server hosting mengirimkan file-file website ke browser. 
  • Browser menampilkan file-file tersebut kepada pengunjung.
Tips Memilih Hosting yang Tepat

Di dunia ini semua dihadapkan dengan berbagai pilihan termasuk saat ingin memakai hosting perlu kamu mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa kriteria pemilihan hosting yang tepat, berikut merupakan hal yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilih hosting: 

  • Kebutuhan website kamu

Pastikan kamu mengetahui untuk Website kecil atau besar? Trafik tinggi atau rendah?, jika kamu bingung kamu bisa mengkonsultasikan dulu ke perusahan penyedia layanan hosting.

  • Fitur yang kamu butuhkan apa saja? Misalnya:
  1. Disk space: Disk space adalah ruang penyimpanan yang disediakan oleh penyedia hosting untuk menyimpan file-file website. Semakin besar disk space yang disediakan, semakin banyak file-file website yang dapat disimpan. 
  2. Bandwidth: Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer dari server hosting ke pengunjung website. Semakin besar bandwidth yang disediakan, semakin banyak pengunjung yang dapat mengakses website tanpa mengalami gangguan. 
  3. Email: Penyedia hosting biasanya menyediakan layanan email gratis untuk penggunanya. Email ini dapat digunakan untuk keperluan administrasi website, seperti mengirim pemberitahuan kepada pengunjung atau pelanggan. 
  4. Database: Database adalah tempat penyimpanan data website, seperti informasi produk, pelanggan, dan transaksi. Penyedia hosting biasanya menyediakan layanan database untuk penggunanya. 
  5. Caching: Caching adalah proses penyimpanan file-file website di komputer pengunjung. Proses caching ini dapat meningkatkan kinerja website dan mengurangi beban server hosting. 
  6. Backup: Backup adalah proses pembuatan salinan file-file website. Backup ini penting untuk menjaga keamanan website dari kehilangan data akibat bencana atau kesalahan manusia. 
  7. Keamanan: Penyedia hosting biasanya menawarkan berbagai fitur keamanan untuk melindungi website dari serangan hacker. Fitur-fitur keamanan ini meliputi firewall, antivirus, dan intrusion detection system (IDS). 
  8. Dukungan pelanggan: Penyedia hosting biasanya menyediakan layanan dukungan pelanggan untuk membantu penggunanya dalam mengelola website. Layanan dukungan pelanggan ini dapat berupa telepon, email, atau live chat. 

Pilihan fitur hosting yang tepat tergantung pada kebutuhan website. Website yang berukuran kecil dan memiliki jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak biasanya tidak membutuhkan banyak fitur. Namun, website yang berukuran besar dan memiliki jumlah pengunjung yang banyak biasanya membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap.

  • Anggaran: 

Sesuaikan kebutuhan hosting dengan anggaran yang kamu punya karena harga hosting bervariasi tergantung jenis dan fitur yang akan kita tentukan. 

  • Reputasi penyedia hosting: 

Sebelum kalian memutuskan memakai hosting, telusuri terlebih dahulu Perusahaan yang akan kamu percaya. Pilih perusahaan yang memiliki ulasan positif. 

Penutup

Hosting adalah pondasi penting bagi website kamu. Memahami peran dan jenis-jenis hosting serta cara kerjanya akan membantu kamu memilih solusi yang tepat. Dengan hosting yang reliable, website kamu akan beroperasi dengan bagus dan siap menyambut pengunjung dengan pengalaman terbaik. Hubungi kami untuk mendapatkan layanan hosting yang terpercaya di WhatsApp. Teruslah memantau artikel-artikel kami untuk menambah wawasan kamu seputar teknologi dan bisnis di www.wesclic.com. Bersama, kita membangun “website impian” website yang optimal! 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!