Blog

<strong>Pentingnya Maintenance Website</strong>

pentingnya-perawatan-website-kalian
Human Reasearch and Development Public Relations

Pentingnya Maintenance Website

Maintenance atau pemeliharaan website adalah bagian penting dalam tahap pengelolaan situs. Hal ini dikarenakan seringnya penggunaan akan membuat performa website menurun. Sehingga perlu diterapkan langkah-langkah perawatan website dengan baik. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan manfaat berikut.

1. Search engine lebih selektif dalam menampilkan setiap hasil pencarian

Hanya situs web dengan kualitas sangat tinggi yang dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Semakin tinggi kualitas dan SEO website maka akan semakin menempati halaman awal bahkan urutan pertama di hasil pencarian. Website yang memiliki kualitas baik dari segi konten dan tampilan teknis disebut juga dengan Google Friendly/SEO Friendly.

2. Optimalisasi media sosial untuk mendapatkan pengguna internet terbanyak

Menurut data terbaru, Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, disusul Instagram, Whatsapp, Facebook Massager, dll. Artinya, perusahaan Anda sangat perlu memiliki akun media sosial, terutama Facebook. Karena melalui media sosial perusahaan Anda dapat menyapa pelanggannya secara langsung. Begitu juga sebaliknya, pelanggan juga bisa menyampaikan kritik, saran atau tanggapan dalam menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda.

3. Lebih cepat mengubah tampilan/fungsi website

Disini website dapat diibaratkan sebagai front office perusahaan atau toko offline yang berfungsi untuk menyampaikan apabila ada perubahan pelayanan atau untuk menyampaikan informasi terkini terkait produk dan layanan perusahaan kepada pelanggan, dan hal ini dapat dilakukan dengan cepat mengingat kemampuan website untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu.

4. Serangan virus dan hacker pada website yang semakin meningkat

Sebuah data menunjukkan bahwa serangan virus dan hacker terhadap website mengalami peningkatan setiap tahunnya dengan berbagai modus. Mulai dari iseng-iseng hingga bisa membuat sistem pada website lumpuh. Pada tahun 2013 saja, sekitar 40 juta serangan teridentifikasi dari para peretas di dunia. Mengingat hal tersebut, pemilik website sangat perlu untuk menjaganya agar ketika virus atau hacker terdeteksi di sistem website, dapat ditangani secepatnya. Jangan sampai keberadaan virus dan hacker tidak diketahui sehingga lama kelamaan akan melumpuhkan sistem pada website tanpa anda sadari bahwa hacker tersebut telah mencuri data dari perusahaan anda untuk tujuan negatif.

5. Hosting yang juga membutuhkan perawatan

Hosting yang juga membutuhkan perawatan – Pemeliharaan Situs Web

Seperti halnya perangkat elektronik yang Anda miliki, hosting juga membutuhkan pengawasan dan pemeliharaan. Karena setiap aktivitas pengunjung di website bisa menyebabkan hosting membutuhkan penggunaan CPU yang sangat besar, sehingga hal ini bisa membuat halaman website Anda menjadi lambat atau istilah gaulnya lambat saat dibuka, atau yang lebih berbahaya lagi, hosting Anda bisa kena suspend sepihak dari pihak website. penyedia layanan hosting karena dianggap telah melanggar peraturan TOS (Term of Service).

6. Konten di Website Rapi dan Terorganisir

Manfaat pertama yang bisa didapatkan saat melakukan maintenance website secara rutin adalah konten di dalamnya lebih rapi dan tertata. Seperti yang Anda ketahui, konten merupakan salah satu hal yang paling penting dan disoroti dalam sebuah website. Tanpa konten, sebuah website tidak akan memiliki nilai atau bahkan menarik perhatian orang.

Terlebih lagi jika konten di dalamnya berantakan, tentu akan membuat pengunjung tidak bisa menikmati konten yang ditampilkan. Untuk itu, saat melakukan perawatan, pastikan isi di dalamnya tertata rapi dan teratur. Tidak hanya itu, usahakan jangan terlalu banyak memasang navigasi yang bisa membuat pengunjung bingung.

7. Tingkatkan Aksesibilitas

Langkah perawatan website yang tepat juga memberikan keuntungan berupa peningkatan aksesibilitas. Mengingat teknologi berkembang pesat, menuntut website harus terus diupdate agar tidak ketinggalan zaman. Konten situs web yang terkandung di dalamnya juga harus dapat diakses oleh orang yang menggunakan teknologi bantu.

Teknologi asistif mana yang seperti pembaca layar. Mengevaluasi aksesibilitas juga harus dilakukan untuk mengukur seberapa baik website kita dapat diakses oleh orang lain. Jadi pastikan untuk selalu melakukan perawatan agar aksesibilitas tetap optimal. Jika perlu, lakukan secara rutin agar pengunjung merasa puas dengan aksesibilitas yang ditawarkan.

Ayo maintenance website di Wesclic

Agar terhindar dari masalah yang menyerang website, ada baiknya kita segera melakukan tindakan maintenance secara berkala. Dengan pemeliharaan, lalu lintas situs web akan meningkat dan secara otomatis menempati peringkat pertama di mesin pencari. Tentu ini akan menjadi rejeki bagi kita, apalagi jika website tersebut tentang bisnis. Di Studio Wesclic. Banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Buktikan sekarang!

Pentingnya Perawatan (Maintenance) Website — Mous Media

Ketahui 4 Manfaat Maintenance Website Secara Berkala (webarq.com)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!