Blog

<strong>Perusahaan Penyedia IT Outsourcing</strong>

it-outsourcing
Business Developer Connect Wesclic

Perusahaan Penyedia IT Outsourcing

Kamu pasti pernah mendengar istilah outsourcing dalam dunia kerja. Dimana suatu perusahaan merekrut pekerja untuk melakukan pekerjaan tertentu di perusahaannya. Seiring berkembangnya teknologi, banyak perusahaan yang mengubah beberapa aktivitas dan manajemennya menjadi berfokus pada mobile maupun internet untuk melebarkan bisnisnya. 

Hal ini tentu membuat bisnis outsourcing pun juga semakin berkembang ke arah teknologi atau IT. Saat ini banyak perusahaan yang menyewakan jasa IT outsourcing untuk membantu perusahaan lain dalam mengelola infrastruktur IT di kantornya. Mulai dari pengembangan aplikasi, web hosting, database, dan technical support lainnya. Selain dapat menghemat waktu, namun juga IT outsourcing ini cocok untuk perusahaan yang mempunyai sedikit karyawan dan dana yang terbatas. 

PT. Wesclic Indonesia Neotech merupakan contoh dari perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan IT outsourching, Wesclic adalah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang Big Data dan Analytics berbasis Neo-Technology. Wesclic memiliki anak perusahan studiow dengan layanan pembuatan, pengembangan, dan pengelolaan software maupun hardware berlokasi di pusat kota Yogyakarta.

Tetapi sebenarnya apa sih IT outsourcing itu? Lebih untung mana memakai jasa ini dengan merekrut pegawai baru? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Apa Itu IT Outsourcing?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kamu harus mengerti terlebih dahulu definisi dari outsourcing. Outsourcing merupakan sebuah praktik bisnis yang layanan maupun fungsi pekerjaannya diserahkan kepada pihak ketiga. Kerja sama yang dilakukan tentu membutuhkan adanya kesepakatan atau kontrak antara kedua belah pihak, yakni penyedia atau outsider provider dan penerima jasa. Layanan outsourcing ini tidak hanya berupa cleaning service, keamanan, dan transportasi saja. Namun, sekarang juga ada layanan outsourcing di bidang IT yang menyediakan external IT resource untuk perusahaan.

Jadi singkatnya, IT outsourcing adalah praktik penggunaan sumber daya IT eksternal untuk membantu berbagai aktivitas IT suatu perusahaan. IT outsourcing ini disebut juga sebagai penyedia tenaga kerja di bidang IT atau teknologi. Pelayanan yang diberikan biasanya berurusan dengan sistem informasi perusahaan berupa pembuatan, perbaikan, maintenance, perencanaan, hingga implementasi. Layanan tersebut mencakup beberapa hal seperti pembuatan aplikasi atau perangkat lunak, IT infrastruktur, peningkatan database, technical support, maupun pengembangan web hosting. Tidak hanya itu saja, IT outsourcing ini juga mempunyai tanggung jawab penuh pada sistem IT perusahaan berdasarkan perjanjian layanan atau Service Level Agreement (SLA).

Manfaat Menggunakan IT Outsourcing

IT outsourcing mempunyai banyak kelebihan dan manfaat bagi perusahaan yang membutuhkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari IT outsourcing:

  • Lebih menghemat waktu dan biaya

Dengan menggunakan jasa IT outsourcing, perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Mulai dari biaya perawatan, waktu, rekrutmen, dan sumber daya manusia. Biaya perawatan IT perusahaan tentu sangat besar, apalagi jika jumlah dan beban perangkat yang digunakan begitu banyak dan tinggi. Namun, dengan menyewa jasa IT outsourcing perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut. Sebab, semuanya akan langsung ditangani dengan baik dalam satu paket layanan yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa.

Di samping itu, jika perusahaan memanfaatkan layanan IT outsourcing untuk membantu mengelola sistem informasi perusahaan, maka mereka bisa menghemat biaya pengeluaran hingga dua kali lipat dibandingkan dengan melakukannya sendiri. Selain menghemat biaya perawatan, melalui IT outsourcing perusahaan juga dapat menekan biaya rekrutmen dan sumber daya manusia. Perusahaan tidak perlu lagi dipusingkan dengan kesejahteraan karyawan maupun program imbalan pasca kerja atau pensiun. Sebab, perusahaan hanya membutuhkan sedikit karyawan tetap di bidang IT dan sisanya akan diserahkan kepada perusahaan layanan IT outsourcing.

  • Lebih fokus pada bisnis

Manfaat kedua yang bisa dirasakan oleh perusahaan pengguna jasa IT outsourcing adalah mereka dapat lebih fokus pada core business. Sebab, segala urusan IT akan ditangani oleh tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman dari pihak jasa IT outsourcing. Perusahaan pun tidak perlu lagi membuang waktu dan tenaga untuk pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan bisnis utamanya.

Tidak hanya itu saja, perusahaan juga bisa mengalih dayakan pekerjaan sehari-hari bidang IT kepada penyedia layanan agar staff IT perusahaan dapat fokus mengerjakan tugas khusus yang berdampak langsung pada pendapatan. Misalnya untuk tugas-tugas seperti updating sistem operasi, backup data, konfigurasi antivirus, dan perangkaian jaringan data akan dikelola oleh IT outsourcing. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi sebagai produk perusahaan akan langsung ditangani oleh staff IT perusahaan sendiri.

  • Mempercepat go-to-market

Biasanya perusahaan yang menggunakan strategi marketing omnichannel mengutamakan kecepatan taktik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya perubahan fitur, penambahan platform teknologi seperti website, dan kemudahan akses pada aplikasi. 

Hal ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri oleh tim IT internal saja, sehingga membuat perusahaan menggunakan jasa IT outsourcing untuk membantu mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis dan pemasaran perusahaan dapat cepat tertangani. Dengan begitu, staf internal dapat lebih fokus untuk memikirkan strategi yang akan dilakukan selanjutnya. 

  • Pengerjaan oleh ahli

Tenaga kerja jasa IT outsourcing tentu sudah melewati berbagai seleksi dan ketentuan yang ketat sebelum diterjunkan langsung di lapangan atau disewakan ke perusahaan yang membutuhkan. Sehingga dapat dipastikan tenaga kerja yang mereka miliki merupakan ahli di bidangnya. 

Selain itu, pemilihan tenaga ahli juga dapat mempengaruhi kualitas dan performa pekerjaan dari perusahaan. Dengan tenaga kerja yang sudah terlatih dan ahli di bidangnya maka perusahaan pun juga tidak akan rugi dan merasa puas menggunakan jasa IT outsourcing tersebut.

  • Mengurangi resiko

Sudah dijelaskan di atas bahwa dengan menggunakan jasa IT outsourcing perusahaan dapat menghemat biaya rekrutmen atau mempekerjakan sedikit karyawan saja. Hal ini tentu dapat mengurangi resiko ketidakpastian bisnis di masa depan. Sebab, bisnis yang tidak pasti akan berdampak pada kesejahteraan karyawan sehingga berpotensi pada pemutusan hubungan kerja. Pemakaian jasa IT outsourcing ini sangat cocok untuk startup dan bisnis yang baru dirintis atau berskala kecil. Tujuannya tentu untuk mengurangi resiko kebangkrutan dan kerugian bisnis. 

  • Lebih fleksibel dalam perubahan IT

Seringkali teknologi informasi mengalami perubahan yang sangat cepat dan tidak mudah untuk diprediksi. Salah satunya layanan ERP yang telah banyak digunakan perusahaan untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti finance, accounting, human resources, dan sebagainya.

Maka dari itu, perusahaan harus bisa cepat beradaptasi pada setiap perubahan jika ingin memperoleh layanan yang lebih baik. Dengan IT outsourcing, perusahaan akan lebih mudah mengikuti perubahan. Sebab, tenaga ahli dari IT outsourcing biasanya dapat menyesuaikan tren yang sedang terjadi.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!