Blog

10 Ide Bisnis Sampingan, Modal Kecil Untung Besar!

kwsja
Business Media Relations Tips and Trick

10 Ide Bisnis Sampingan, Modal Kecil Untung Besar!

Sekarang ini, sulitnya mencari pekerjaan membuat kita rela untuk bekerja dengan gaji kecil. Mengingat kebutuhan hidup yang semakin meningkat, wajar saja jika kita berkeinginan memiliki penghasilan tambahan dari kerja sampingan. Namun, tidak semua orang memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis. Untuk kamu yang ingin memiliki usaha sampingan dengan modal kecil coba lihat rekomendasi bisnis berikut:

Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil

1. Dropshipper 

Dropshipper adalah bisnis yang menjual produk milik orang lain tanpa perlu menyimpan stok barang. kamu hanya perlu memasarkan produk tersebut dan mengirimkan pesanan kepada pembeli.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu mendaftar menjadi dropshipper di berbagai platform yang menyediakan layanan tersebut. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, yaitu hanya untuk biaya pendaftaran dan promosi.

Kelebihan dari bisnis ini yaitu tidak adanya patokan batas keahlian atau pendidikan khusus, jadi siapapun yang mau berani dan mau belajar bisa melakukannya.

2. Blogger

Jasa penulisan konten adalah bisnis yang menawarkan jasa penulisan berbagai jenis konten, seperti artikel, blog, naskah, dan sebagainya. Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan menulis yang baik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menawarkan jasa penulisan konten di berbagai platform online, seperti media sosial, situs freelance, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, yaitu hanya untuk biaya promosi ataupun mencari informasi pekerjaan di instagram, linkedin, kalibrr dan lainnya.

Kelebihan dari bisnis ini kamu hanya bermodal laptop dan ide saja karena kebanyakan pekerjaan ini dikerjakan dari rumah dan bayarannya pun cukup besar untuk kamu yang serius dalam bidang menulis ini. 

3. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah bisnis yang menawarkan jasa pembuatan berbagai desain grafis, seperti logo, poster, kartu nama, dan sebagainya. Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan desain grafis yang baik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menawarkan jasa desain grafis di berbagai platform online, seperti media sosial, situs freelance, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, yaitu hanya untuk biaya peralatan desain grafis.

Kelebihan dari bisnis ini adalah banyaknya kebutuhan pekerjaan diluar sana apabila kamu menguasai desain grafis, seperti illustrator, animator, mobile creative designer, graphic designer, brand strategist, visual designer, motion designer, user interface designer, content strategist, user experience designer, design director

4. Jasa Foto dan Video

Jasa foto dan video adalah bisnis yang menawarkan jasa pengambilan foto dan video untuk berbagai keperluan, seperti acara pernikahan, event, dan sebagainya. Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan fotografi dan videografi yang baik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menawarkan jasa foto dan video di berbagai platform online, seperti media sosial, situs freelance, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, yaitu hanya untuk biaya peralatan foto dan video.

Untuk peralatan foto dan video pun pada awal bisnis kamu tidak perlu untuk membeli karena sekarang banyak sekali penyewaan alat tersebut. Sehingga bisnis ini sebenarnya mengandalkan pintar-pintarnya kamu dalam membranding diri kamu dan mempromosikannya untuk meyakinkan orang lain.

5. Jasa Course Online

Jasa course online adalah bisnis yang menawarkan jasa mengajar dengan mudah menggunakan zoom meeting atau sejenisnya ditambah platform penugasan seperti Google Classroom dan sejenisnya. Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki sebuah ilmu yang diandalkan dan kemampuan mengajar yang baik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menawarkan kelas online di media sosial kamu. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, yaitu hanya untuk kuota internet dan ilmu yang kamu kuasai saja.

Bisnis ini akan meningkat dan menghasilkan banyak uang apabila kamu sudah berkembang. Ketika usaha course kamu sudah mulai dikenal lebih baik mengembangkannya menggunakan LMS supaya course kamu lebih tertata dan terlihat profesional, kamu juga hanya memerlukan pengambilan video satu kali saja untuk diputar selamanya oleh peserta didik.

6. Jasa Make Up Artist (MUA)

Makeup Artist (MUA) adalah seseorang yang ahli dalam merias wajah. MUA biasanya memberikan jasanya untuk acara-acara tertentu, seperti pernikahan, perpisahan sekolah (graduated), pesta, dan acara formal lainnya.

Keuntungan dan potensi apabila dijadikan kerja sampingan karena dapat menghasilkan uang tambahan, mengasah keterampilan merias wajah, bisa bertemu dengan orang-orang baru

Modal yang dibutuhkan untuk pemula hanya perlu modal kecil, apabila memang sudah jago memainkan tata rias maka hanya butuh make up seperti make up pada umumnya perempuan. Dengan menekuni menjadi perias maka kamu berpotensi menjadi MUA profesional dan bisa membuka usaha jasa rias wajah yang besar nantinya.

7. Jual Frozen Food

Frozen Food adalah makanan yang telah dibekukan dan disimpan pada suhu rendah. Frozen Food memiliki daya tahan yang lama, sehingga cocok untuk dijadikan stok makanan.

Keuntungan dan potensi apabila dijadikan kerja sampingan yaitu karena menghasilkan uang tambahan, hanya modal kecil, dan banyak diminati oleh keluarga-keluarga karena sekarang banyak ibu rumah tangga yang kurang bisa masak dan suka yang praktis-praktis

Contoh frozen food yang biasa ditemui yaitu frozen food cemilan, daging, ayam,dan yang lainnya. Bisnis ini sangat menjanjikan karena kebutuhan makan merupakan kebutuhan pokok manusia.

8. Content Creator

Content Creator adalah seseorang yang membuat dan membagikan konten di berbagai platform digital, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Konten yang dibuat bisa berupa video, foto, atau tulisan.

Modal yang digunakan para content creator pemula tidaklah besar hanya bermodalkan Hp dengan kreativitas masing-masing orang. 

Keuntungan dan potensi apabila dijadikan kerja sampingan selain menghasilkan uang tambahan yaitu dapat menyalurkan hobi dan kreativitas, dikenal oleh banyak orang

Bisnis ini berpotensi bisa berkembang menjadi influencer serta bisa membuka peluang kerja baru, seperti endorsement, sponsorship, dan sebagainya

9. Jasa Titip (Jastip)

Jasa Titip adalah layanan yang membantu orang untuk membeli barang. Bisnis ini cocok untuk kalian yang memiliki relasi banyak dan suka bepergian.

Jasa titip ini bisa kalian lakukan jika bepergian keluar dan update di sosmed jika kalian sedang berada dimana dan menawarkan siapa yang ingin menitip barang.

Mengingat zaman sekarang orang pada mager untuk keluar, bisnis ini memiliki peluang besar untuk mendapatkan cuan. 

10. Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar terhadap orang lain Bisnis ini cocok buat kamu yang memiliki banyak pengikut di media sosial seperti instagram dan TikTok dan sering membagikan konten yang menarik dan bermanfaat.

Seperti content creator modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini hanyalah Hp dan keahlian kamu dalam berinteraksi dengan orang lewat video saja.

Influencer ini biasanya membuat review tentang kuliner, tempat wisata, pakaian, dan masih banyak lagi. Kamu akan mendapatkan uang ketika berhasil menggiring orang-orang untuk percaya dan melakukan aksi terhadap sesuatu yang kamu.

Itulah 10 ide bisnis sampingan yang bisa kamu coba dengan modal kecil. Tentu saja, ada banyak ide bisnis sampingan lainnya yang bisa kamu coba. Yang terpenting adalah, kamu harus memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Dengan memilih salah satu ide bisnis sampingan di atas, kamu dapat memulai perjalanan bisnis dengan modal yang terjangkau. Tentu saja, kesuksesan memerlukan kerja keras, dedikasi, dan inovasi. Jangan ragu untuk menjelajahi potensi dan pasar yang ada, serta terus belajar dan berkembang agar bisnis sampingan kamu dapat tumbuh menjadi sumber pendapatan yang signifikan.

Tips Untuk Memulai Bisnis Sampingan:
  • Lakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya kamu melakukan riset pasar untuk mengetahui peluang dan potensi bisnis yang ingin kamu jalankan. Kamu bisa melakukan riset pasar dengan cara mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen, serta persaingan di industri yang kamu pilih.

  • Buatlah Rencana Bisnis

Setelah melakukan riset pasar, kamu perlu membuat rencana bisnis yang tertata dan terencana. Rencana bisnis ini akan membantu kamu untuk menentukan tujuan bisnis, strategi bisnis, dan rencana keuangan.

  • Mulailah Dari yang Kecil

Jangan langsung terburu-buru untuk mengembangkan bisnis kamu secara besar-besaran. Mulailah dari yang kecil dan skalanya bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu.

  • Promosikan Bisnis Kamu

Setelah bisnis kamu berjalan, kamu perlu mempromosikan bisnis kamu agar dapat dikenal oleh banyak orang. kamu bisa mempromosikan bisnis kamu secara online atau offline.

  • Pelajari Terus

Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu terus belajar dan mengembangkan diri agar bisnis kamu dapat berkembang pesat. kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan atau seminar bisnis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kamu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa meningkatkan peluang untuk sukses dalam menjalankan bisnis sampingan kamu.

Penutup 

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis sampingan, kamu bisa mulai dari 10 ide bisnis di atas. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, dan jangan lupa untuk melakukan Tips-tips diatas yaitu riset pasar, membuat rencana bisnis dan seterusnya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi kami di www.wesclic.com karena kami selalu membagikan informasi tentang bisnis, teknologi, UMKM yang akan bermanfaat bagi kamu. Teruslah berusaha untuk berkembang, kesuksesan akan datang pada orang yang memiliki niat dan mau bertindak untuk maju!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!