Blog

Apa Tugas Seorang Web Developer? Ini penjelasannya!

programmer web developer
Technolgy

Apa Tugas Seorang Web Developer? Ini penjelasannya!

Kamu ingin menjadi Web Developer? Tapi apakah kamu sudah tau tentang apa itu Web Developer, apa tanggung jawab dan berapa gaji Web Developer. Sesuai namanya, web developer adalah seseorang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk membangun website.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas lebih dalam tentang pengertian web developer dan skill yang di butuhkan serta berapa gaji menjadi web developer. Jadi, simak baik-baik ya!

Apa itu Web Developer?

Web Developer adalah pengembang web yang mendesain, membangun, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Oleh karena itu, web developer dapat diartikan sebagai orang yang terlibat dalam pembuatan website. Kebanyakan dari mereka dipekerjakan oleh perusahaan yang berspesialisasi dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Namun, beberapa pengembang web bekerja sebagai pekerja lepas, sehingga mereka terikat dengan pelanggan mereka, bukan perusahaan.


Fokus utama pengembang web adalah untuk selalu membuat aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien. Pengembang web harus berusaha keras untuk memenuhi dan memberikan kebutuhan pelanggan mereka. Secara umum, pekerjaan dan kewajiban web developer dibagi menjadi tiga bidang, masing-masing dengan tugas yang berbeda. Jadi apa saja jenis web developer?

Apa saja pekerjaan dan tugas Web developer?


Web Developer di bagi menjadi tiga bagian yaitu frontend, backend dan fullstack. Lalu apa saja perbedaan tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian tersebut?

Fronten Developer

Frontend Web Developer adalah pengembang web yang bertugas sebagai desainer suatu web dan membangun antarmuka pada web tersebut. Frontend web developer memiliki tanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user. Apa saja yang harus di kuasai sebagi Frontend Web Developer?

  • Hypertext Markup Language (HTML)
    HTML adalah skrip atau bahasa markup yang digunakan untuk membuat atau menyusun situsweb. HTML itu sendiri adalah tingkat terendah dari teknologi front-end dan berfungsi sebagai dasar styling.
  • Cascading Style Sheets (CSS)
    CSS adalah pelengkap HTML, seperti penjelasan mengenai HTML yang menjadi dasar styling sehingga Framework CSS yang menyempurnakan layout atau tampilan situs web.
  • Javascript
    Javascript adalah bahasa pemrograman yang harus dipelajari setiap pengembang web. Javascript digunakan untuk membuat situs web lebih interaktif atau fungsional. Dapat dikatakan HTML, CSS, dan Javascript saling berhubungan, HTML merupakan suatu rangka sedangkan CSS sebagai antarmuka dan didukung oleh Javascript sebagai fitur.

Backen Developer

web developer

Backend Web Developer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola bagian dalam situs web seperti server, basis data, atau aplikasi. Backend developer bertanggung jawab untuk perhitungan, penyimpanan data pengguna, pemrosesan formulir pendaftaran, dll. Apa yang harus dikuasai Backend Web Developer?

  • Hypertext Prepcrocessor (PHP)
  • Hypertext Preprocessor (PHP), PHP adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis maupun aplikasi web. Tidak seperti HTML, yang hanya dapat menampilkan konten statis, PHP dapat berinteraksi dengan database, file, dan folder, memungkinkan PHP menampilkan konten dinamis untuk situs web Anda.

  • Python
  • Python adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan anda untuk langsung dengan metode orientasi objek. Bahasa Python sering dijadikan sebagai bahasa pemrograman backend di luar negeri terutama amerika, Dan saat ini di indonesia sudah mulai banyak yang menggunakan Python sebagai backend.

  • NodeJS
  • NodeJS adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dari sisi backend. NodeJS sendiri merupakan dasar dari Javascript sehingga untuk syntax sama dengan javascript. Sebelum ada NodeJS, Javascript hanya dipercaya untuk Frontend.

  • Strctured Query Languege
  • Structured Query Language (SQL) Seperangkat perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database yang relasional. SQL juga menjadi teknologi penyimpanan data yang paling populer.

    Fullstack Developer

    Fullstack Developer adalah seorang ahli teknologi yang harus mampu memperbaiki front-end maupun back-end dari sebuah website. Oleh karena itu, orang yang bekerja pada posisi ini perlu memahami dan terbiasa dengan hal seperti tampilan utama dari perspektif antarmuka pengguna, tampilan dapur aplikasi yang berkaitan dengan validasi, dan tampilan database. Pekerjaan ini akan cukup sulit jika tidak menggunakan sebuah software, dan software yang biasa digunakan oleh seorang fullstack developer adalah NodeJS. Dengan adanya NodeJS tadi pekerjaan fullstack developer menjadi lebih dipermudah. Bahkan survey yang dilakukan di Stackoverlow bahwa javascript paling banyak digunakan baik untuk frontend, backend maupun fullstack developer.

    Berapakah Gaji Seorang Web Developer?

    Nah, ini yang paling sering di tanyakan oleh orang yang ingin menjadi seorang web developer yaitu perihal gaji. Berapa gaji seorang web developer? Pertanyaan yang mungkin muncul dari benak anda yang ingin terjun dan menjadi web developer. Gaji seorang pengembang web bervariasi menurut jabatan, perusahaan, dan lokasi kerja. Namun, di sini kita berbicara tentang gaji rata-rata seorang pengembang web di Indonesia.


    Dilansir indeed.com, gaji tertinggi dari Web Developer di Indonesia kurang lebih berkisar pada Rp7.323.855,- per bulannya. Selanjutnya, untuk rata-rata gaji seorang pengembang web adalah sebesar Rp4.675.419 per bulan. Untuk jumlah nominal tersebut tidak dapat dipukul rata terhadap setiap perusahaan. Hal disesuaikan dengan kondisi perusahaan, serta posisi yang dimilikinya.


    Faktor yang paling berpengaruh adalah jenjang karir dan pengalaman yang dimiliki dalam menangani berbagai proyek dan seberapa banyak portofolio yang diperoleh. Gaji antara junior web developer yang pasti akan berbeda dengan senior web dev. Berdasarkan informasi di atas pasti kalian ingin menjadi seorang pengembang web, Tapi stop dulu untuk berpikir jauh, karena menjadi seorang pengembang web itu sulit. Maka dari itu kamu harus tahu apa saja sih Skill dan Kualifikasi pengembang web.

    Apa saja Skill dan Kualifikasi Web Developer?


    Kalo kamu punya cita-cita sebagai web developer, kamu harus rajin dalam belajar pemrograman dan segala hal yang berkaitan dengan web developer. Selain itu jika ingin menjadi web developer kita juga harus memiliki skill dan kualifikasi yang harus di miliki oleh seorang web developer. Lalu apa saja skill dan kualifikasi yang wajib d miliki oleh seorang web developer? mari simak baik-baik!

    1. Pengetahuan dan kemampuan yang luar biasa

    Pengembangan web adalah pekerjaan yang menuntut karyawan untuk memiliki pemahaman yang luas tentang komputer dan sistem informasi. Selain itu, anda harus memiliki keterampilan pengembangan teknologi yang kuat, sehingga anda perlu menguasai teknologi terbaru yang tersedia dan selalu mengikuti tren industri terkini.

    2. Teliti dan ahli memecahkan masalah


    Perlu diingat bahwa web developer adalah profesi yang menuntut ketelitian tinggi dari karyawannya. Satu kesalahan dapat merusak seluruh aplikasi atau situs web, dan kesalahan ini dapat disebabkan oleh pengkodean yang salah, karena situs web bermasalah. Oleh karena itu, pengembang web harus ahli dalam memecahkan masalah dan menganalisisnya secara logis. Pengembang web juga perlu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan, bug, atau masalah secara tepat waktu.

    3. Bertanggung Jawab dan Mampu Bekerja Secara Mandiri Maupun Tim


    Anda harus bertanggung jawab dan mampu mencapai tujuan dan tepat waktu. Dan itulah yang harus anda lakukan jika anda ingin menjadi pengembang web. Anda tidak hanya harus bertanggung jawab atas pekerjaan, tetapi juga dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim. Anda harus bisa bekerja dengan pengawasan minimal dan mampu menyampaikan informasi dan tugas dalam suatu kelompok.

    4. Kemampuan Multitasking dan Komunikasi yang Luar Biasa

    Pengembang web harus dapat mengevaluasi banyak masalah sekaligus dan mengerjakan banyak proyek sekaligus. Jika anda ingin menjadi seorang web developer, anda harus bisa multitasking. Anda harus bisa berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan serta mengandalkan kemampuan multitasking. dapat memberi tahu rekan tim tentang masalah atau bug, dan memperbarui informasi kepada klien perihal kemajuan proyek.

    Itu dia penjelasan tentang pekerjaan seorang web developer. Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi web developer kamu bisa mulai dari yang paling basic. Mulai dari belajar pemrograman web dasar seperti, HTML, CSS dan JS. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi seorang pengembang web.

    Comment (1)

    1. […] mulus. Pasalnya, di era teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan permintaan (demand) akan profesi programmer lebih banyak dibandingkan dengan profesi lainnya. Hal ini dikarenakan semakin menjamurnya […]

    Leave your thought here

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
    • Image
    • SKU
    • Rating
    • Price
    • Stock
    • Availability
    • Add to cart
    • Description
    • Content
    • Weight
    • Dimensions
    • Additional information
    • Attributes
    • Custom attributes
    • Custom fields
    Click outside to hide the compare bar
    Compare
    Wishlist 0
    Open wishlist page Continue shopping
    Feedback
    Feedback
    How would you rate your experience?
    Do you have any additional comment?
    Next
    Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
    Back
    Submit
    Thank you for submitting your feedback!