Blog

<strong>Faktor Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Website Untuk UMKM</strong>

g1KESbeE11ttwO5b0va8338gej8wOpebWJpK5mTC
Public Relations

Faktor Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Website Untuk UMKM

Berikut faktor penting yang harus dimiliki pada sebuah website untuk bisnis UMKM.

Hosting Website

Website yang dapat diAndalkan adalah website yang dapat cepat terbuka di ponsel dan notebook. Hosting ada bermacam-macam, ada shared hosting dan ada Cloud VPS hosting seperti yang kami gunakan untuk para client UMKM. Ada juga dedicated hosting seperti yang digunakan client perusahaan menengah dan besar.

Tampilan Fleksibel (Mobile Friendly)

Pengguna internet di Indonesia mayoritas menggunakan ponsel pintar android. Sehingga, website untuk UMKM juga harus mobile-friendly, oleh karena itu tidak bisa sembarang website asal jadi saja. Website yang modern akan otomatis menyesuaikan ukuran tampilan pada seluruh jenis perangkat moblie dan komputer. Sehingga lebih nyaman dilihat dan diakses oleh pengunjung website.

Platform Website untuk UMKM

Ada 2 perbedaan mendasar pada platform website untuk UMKM yakni : Website Toko Online dan Website untuk Profile Usaha / Produk. Website toko online berfungsi untuk dapat melakukan transaksi via online. Sedangkan website profile perusahaan atau produk hanya menampilkan informasi, namun bisa juga untuk mendapatkan order via online.

Pada website Toko Online, para pelaku bisnis UMKM dapat memakai platform Prestahop, Shpopifiy, Magento dan WordPress dengan Woo Commerce. Sedangkan untuk website profil perusahaan atau profil produk dan jasa, para pelaku UMKM dapat menggunakan platform WordPress. Apapun platformnya, yang jelas website tersebut harus dapat dengan mudah diupdate dan disesuaikan, agar website dapat terus terlihat ‘baru’ dan ‘segar’.

Harus Dapat Mendukung Fungsi Digital Marketing

Website untuk bisnis pada era digital sekarang ini harus dapat menampung permintaan dari para calon pelanggan. Untuk sukses dalam pemasaran online, sebuah website harus dilengkapi dengan fungsi yang dapat mendukung hal tersebut. Misalnya, tombol social share untuk menyebarkan informasi, contact form untuk menerima pesan dari para peminat, integrasi dengan aplikasi e-mail marketing, dan sebagainya.

Digital marketing merupakan serangkan proses: Menarik minat pengunjung melalui search engine -> Mengajak untuk penggunaan produk / jasa -> Konversi dari Pengunjung ke Pelanggan -> Membentuk Loyalitas.

Konten Website

Ini akan sangat penting untuk proses berjalan sebuah website. Konten website akan kerat kaitannya dengan daya tarik pengunjung. Agar dapat mengajak pengunjung untuk melakukan pembelian atau pemesanan, konten website untuk UMKM harus informatif, design menarik dan dinamis, dan memiliki tombol ‘Call to Action‘ atau CTA. 

Contoh Website untuk UMKM

Bisnis UMKM yang menggunakan website modern dan professional, akan mendapat lebih banyak perhatian dan lebih berpotensi untuk menjangkau pemasaran lebih luas. Ini akan menjadi keunggulan dalam daya saing baik secara lokal maupun internasional. 

Masih banyak faktor lainnya yang harus dikerjakan  pada website untuk UMKM seperti optimasi mesin pencari, keamanan, dan sebagainya. Dengan menggunakan jasa pembuatan website dari Studiow, Anda hanya perlu memberikan materi untuk di website Anda, dan sisanya dapat Anda percayakan kepada kami untuk mengerjakan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!