Inilah Desain yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Toko Online mu!

Penggunaan toko online menggunakan situs web komersial yang dapat dipersonalisasikan.

Dilansir dari Techopedia, website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses oleh semua pengguna.

Halaman web ini saling terkait satu sama lain dalam satu nama domain. Situs web dapat dibuat dan dikelola oleh individu, kelompok, atau organisasi tertentu.

Desain toko online akan melibatkan User Interface (UI) dan User Experience (UX). Dikutip dari UX Planet, User Interface atau UI merupakan tampilan antarmuka pengguna dalam sebuah situs web atau aplikasi.

Tampilan antarmuka ini terdiri atas tata letak grafis, tombol, susunan teks, gambar, artikel, dan semua item lain yang berinteraksi dengan pengguna.

Sementara itu, User experience (UX) atau pengalaman pengguna berkaitan dengan seberapa tinggi kepuasan pengguna dalam mengakses sebuah aplikasi atau website. Tingkat kepuasan atau pengalaman tersebut ditentukan dari elemen-elemen antarmuka (UI) yang ditampilkan.

Perbedaan antara UI dan UX diibaratkan sebuah rumah. Ketika kamu membangun rumah, tentunya kamu akan sangat memperhatikan tata letak rumah, desain interior dan eksterior, warna, serta furniture. Semua komponen fisik tersebut merupakan tampilan antarmuka (UI).

Sementara itu, kamu juga perlu memperhatikan sistem kelistrikan, air, pipa, dan pembuangan limbah. Kamu perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar kamu merasa nyaman selama tinggal di rumah. Unsur-unsur tersebut dikenal sebagai pengalaman pengguna (UX).

Artinya, desain toko online sangat berkaitan dengan UI dan UX, itulah sebabnya membangun toko online membutuhkan kreativitas dan uji coba. Berikut ini desain toko online yang bisa jadi inspirasimu, simak, ya!

1. BLZR ID

desain toko onlineFoto: Blzrid.com

Contoh desain toko online yang pertama adalah situs web milik BLZR ID. Situs web yangs satu ini memiliki UI yang sederhana namun nyaman dilihat. Halaman muka situs ini didominasi oleh gambar dengan pengambilan yang sangat bagus.

Ketika membuka situsnya, kamu akan langsung mengetahui produk apa yang dijual. Pada bagian kiri juga terdapat bilah navigasi untuk menuju halaman tertentu. Bilah navigasi tersebut terlihat simpel dan mudah digunakan.

2. Plantful

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Plantful.id

Contoh desain toko online selanjutnya adalah Plentiful. Situs web yang satu ini memiliki tampilan sederhana namun terlihat menyenangkan. Ketika melihat halaman awal, kamu dapat merasakan vibes yang positif dan memberikan suasana hati yang baik.

Banner yang digunakan sangat mendukung halaman awalnya. Penempatan bilah navigasi berada di sisi sebelah kiri halaman. Tata letak tersebut membuat situs webnya nampak seperti UI sebuah aplikasi ya!

3. ATS The Label

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Atsthelabel.com

Desain toko online yang inspiratif selanjutnya adalah milik ATS The Label. Situs web nya terlihat keren dan minimalis. Pada halaman awal, kamu dapat melihat banner besar yang menampilkan produk unggulan yang dijual.

Sedikit melihat ke bawah, ada rekomendasi produk yang bisa kamu pilih. Menariknya, tombol navigasi dibuat begitu ringkas dan “disembunyikan” di balik ikon khusus. Desain tersebut memberikan impresi yang minimalis dan elegan.

4. Maven

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Maven-id.com

Selanjutnya, kamu bisa mengintip situs web milik Maven. Toko online yang bergerak dalam bidang fashion ini memiliki situs web professional yang enak dilihat. Pada halaman awal, kamu dapat menemukan produk unggulannya.

Menariknya, gambar produk yang digunakan sangat bagus dan menarik perhatian. Berbeda dengan bisnis fashion lain yang umumnya menggunakan sudut pengambilan gambar dan latar yang itu-itu saja. Maven menggunakan teknik pengambilan gambar yang bagus dan menyatu dengan tampilan situsnya.

5. Silver Vogue

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Silvervogue-id.com

Masih dalam bidang fashion, desain toko online berikutnya datang dari brand Silver Vogue. Merek yang satu ini memang sudah memberikan kesan mewah ketika pertama kali mendengar namanya dan melihat logonya.

Nampaknya, kesan mewah dan elegan ini yang ingin ditunjukkan. Pemilihan warna putih yang minimalis dalam desain situs webnya benar-benar memberikan kesan luxury.

Warna putih memang bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin menunjukkan kesan yang minimalis, mewah, dan elegan.

6. Zuna

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Zunagloves.com

Desain toko online selanjutnya datang dari situs web Zuna. Jika kamu perhatikan, desain webnya memang memiliki kesamaan dengan toko lain. Webnya didominasi oleh gambar yang menunjukkan produk yang dijual.

Menariknya, pada halaman awal tepatnya di bagian bawah kamu akan menemukan timer yang menunjukkan sisa waktu promo yang tersedia.

Ketika melihatnya, sebagai pembeli kamu akan terdorong untuk segera menyelesaikan transaksi karena waktu yang terbatas. Unik bukan?

7. Erigo

7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi InspirasiFoto: Erigostore.co.id

Desain toko online yang terakhir adalah Erigo. Siapa yang tak kenal dengan brand yang satu ini? Erigo menjual berbagai produk fashion kekinian yang terjangkau. Ketika melihat situs webnya, Erigo langsung menampilkan daftar produk di halaman awal.

Erigo paham betul bahwa pengunjung situsnya adalah pelanggan yang ingin mencari produk. Oleh karena itu, kamu dapat langsung memilih produk tanpa repot-repot mengklik beberapa tombol lagi.

Nah itu lah beberapa desain yang bisa kamu jadikan inspirasi toko onlinemu.

Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa visit Wesclic Knowledge dan Instagram Wesclic. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, basic public speaking, dan masih banyak lagi. Jangan lupa follow instagram wesclic ya! Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam hangat dari penulis untuk kalian semua.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!