Manfaat Landing Page untuk Optimasi Sebuah Produk

Landing page atau yang disebut juga dengan destination page adalah halaman web khusus yang dirancang khusus untuk pembuatan campaign atau iklan suatu bisnis.

Dikutip dari Unbounce, biasanya pengguna akan mengklik tautan di email, atau iklan dari Google, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, tempat serupa di web, atau dari hasil pencarian di internet.

Usai mengeklik tautan tersebut, halaman yang muncul itulah yang disebut sebagai destination page. Dengan destination page, perusahaan dapat membagikan halaman yang berisi informasi spesifik dan lebih detail mengenai produk, layanan, penawaran, dan lainnya kepada pelanggan.

Manfaat landing page bagi bisnis:

1. Menjadi Tempat Promosi

Apa itu manfaat landing page?

Manfaat yang pertama adalah bisa menjadi sarana promosi yang efektif bagi bisnis. Hal ini karena kamu bisa memasukkan informasi singkat menggunakan tulisan dengan font yang cukup besar, sehingga pesannya mudah ditangkap oleh audiens. Dengan begitu, target audiens yang mengunjungi halaman tersebut fokus pada promosi bisnismu. Melalui destination page ini, kamu juga bisa membuat promosi yang bebas karena halaman tersebut memang milik perusahaan.

Jadi, tidak akan khawatir dengan pesaing karena suatu halaman destination page hanya berisi promosi bisnis kamu.

2. Menghimpun Data Pelanggan

Dengan landing page, kamu juga bisa mengumpulkan data pelanggan secara lebih mudah. Misalnya, dengan meminta audiens untuk mencantumkan nama atau alamat email untuk mendapatkan penawaran menarik.

Tergantung pada jenis destination page yang digunakan, kamu juga bisa mendapatkan informasi pelanggan lainnya, seperti usia hingga jenis kelamin. Nantinya, data pelanggan tersebut bisa digunakan untuk membuat keputusan dalam bisnis. Jadi, data tersebut dapat dianalisis dan ditindaklanjuti untuk keperluan perusahaan.

Namun, pastikan bahwa kamu hanya meminta informasi yang memang dibutuhkan. Jangan meminta terlalu banyak data pribadi karena ini dapat meninggalkan kesan negatif pada calon pelanggan dan menjauhkan mereka dari landing page.

 3. Meningkatkan Penjualan

Dengan destination page, kamu juga bisa meningkatkan penjualan.

Hal ini pun didukung oleh penelitian dari Omniture yang menyebutkan bahwa penggunaan landing page bisa meningkatkan konversi penjualan hingga 25%.

Pasalnya, destination page dapat membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah, sehingga disukai pelanggan dan dianggap lebih nyaman.

Jadi, pelanggan bisa mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli secara cepat dan efisien.

4. Mengumpulkan List Email

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, landing page bisa membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan data-data para pelanggannya.

Salah satu data yang sering kali diminta adalah alamat email. Dengan destination page ini, kamu pun bisa mengumpulkan list email lebih banyak.

Jadi, data tersebut bisa digunakan untuk mengoptimalkan email marketing sehingga menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan yang lebih baik.

Dengan begitu, kamu bisa menawarkan produk atau layanan melalui email pelanggan secara lebih mudah.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan McKinsey & Company, email marketing 40% lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook.

5. Menciptakan Kredibilitas dan Brand Awareness

Dengan memberikan informasi terkait produk atau layanan, serta perusahaan, dan menampilkan testimoni di landing page, hal ini bisa meningkatkan kredibilitas dan brand awareness.

Maka, pelanggan yang membacanya pun menjadi lebih percaya dengan bisnis milik kamu dan ketertarikan mereka untuk melakukan pembelian bisa lebih besar.

Peningkatan pengunjung pada destination page pun akan membuat pelanggan lebih familiar dalam mengenali bisnis kamu.

6. Meminimalkan Pelanggan Beralih ke Pesaing

Destination page merupakan halaman khusus yang dibuat oleh perusahaan sehingga meminimalkan adanya pesaing.

Dibandingkan menggunakan platform e-commerce, atau yang lainnya, destination page pun bisa mencegah pelanggan kamu beralih ke pesaing.

Pasalnya, informasi yang disediakan lebih bersifat pribadi karena hanya menyasar orang-orang yang menjadi segmentasi pasar kamu.

Jadi, minimalnya navigasi pada landing page dapat membuat audiens lebih fokus kepada informasi produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Kemungkinan pelanggan untuk membeli pun menjadi lebih tinggi dengan destination page ini.

sumber : https://store.sirclo.com/blog/contoh-landing-page/

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!