Mengelola Website Untuk Bisnis: Apa Saja yang Diperlukan?

Saat ini, kita pasti tidak asing dengan Website. Website merupakan sekumpulan halam web yang membahas suatu topik tertentu dan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Mulai digunakan secara luas pada tahun 1993, kini website berkembang dengan baik untuk dapat berintegrasi dengan sektor kehidupan kita. Jenis-jenis website juga beragam, ada website perusahaan, website personal yang dikelola oleh individu atau yang biasa dikenal sebagai blog, dan masih banyak lagi. 

Fungsi website juga beragam, disesuaikan dengan kebutuhan pengelolanya. Salah satunya untuk kepentingan bisnis. Website digunakan sebagai referensi informasi terhadap suatu perusahaan dikarenakan lebih kredibel dan profesional. Kerap kali website dijadikan acuan apakah sebuah perusahaan dikelola dengan baik yang kemudian berperan dalam pengambilan keputusan oleh calon konsumen. Oleh karena itu, suatu website perlu dikelola dengan baik agar tidak terdapat bug dalam sistem yang menghambat pengalaman pengguna ketika sedang berselancar di suatu website. Apalagi, pengunjung website lebih menyukai suatu website dengan konten menarik, sistem yang terstruktur, informasi lengkap yang memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. 

Kali ini kita akan mengulik lebih dalam bagaimana mengelola website untuk kepentingan bisnis, seperti meningkatkan penjualan serta meningkatkan awareness dan brand image terhadap suatu perusahaan. Penasaran? Simak penjelasan berikut. 

  1. Perhatikan Konten-Konten dalam Website Anda

Langkah untuk mengelola website yang pertama adalah dengan memperhatikan konten-konten yang termuat di website. Tentunya, website akan lebih mendapatkan banyak pengunjung apabila konten-konten yang disajikan menarik dan berkualitas. Konten-konten tersebut dapat berupa foto, teks, ataupun video. Umumnya, website berisi artikel-artikel yang disiapkan untuk memanjakan pengunjung.

Perlu diingat, Anda harus memperhatikan kualitas konten  yang disajikan dan berfokus pada pengalam pengguna ketika menyambangi website Anda. Sebelum suatu konten diunggah dalam website, perlu dipastikan secara detail jika konten tersebut mudah dipahami, mudah dibaca, mudah diakses oleh pengunjung website, dan mampu menyediakan informasi yang menjadi kebutuhan pembaca.

  1. Gunakan Kata Kunci Populer atau Trend yang Sedang Berkembang

Topik yang disajikan dalam website sangat beragam, disesuaikan dengan karakteristik bisnis dan minat audiens dari suatu website. Judul dalam suatu konten memegang peranan penting. Pembaca akan lebih tertarik membaca suatu artikel apabila judul artikel tersebut menarik dan sesuai apa yang ingin ia cari. Tak terkecuali konten yang memuat isu yang menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Untuk mengetahui konten-konten yang menarik audiens Anda dapat menganalisis keyword dalam artikel Anda. Hal tersebut dikarenakan pengunjung lebih menyukai topik populer. Untuk membantu Anda dalam menganalisis keywords populer, Anda dapat menggunakan Google Analytics dan Google Keywords Planner.

  1. Tingkatkan Loyalitas Pengunjung terhadap Website Anda. 

Setelah website Anda memiliki konten-konten yang menarik, tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan jumlah pengunjung. Untuk mempertahankan peningkatan traffic dan meningkatkan pengalaman pengguna, penting untuk membangun interaksi seoptimal mungkin dengan pengunjung website. Untuk itu, Anda perlu melakukan update secara rutin terkait konten-konten dalam website serta menyediakan konten-konten menarik secara rutin. Terkait hal ini, Anda perlu membuat content calendar untuk membantu mendata kapan saja suatu konten akan di-publish.

Terkadang, beberapa pengguna juga meninggalkan jejak berupa komentar pada artikel yang dimuat. Jangan lupakan hal krusial yakni menjawab komentar yang ditinggalkan pengunjungan dengan segera. Dengan demikian, akan membantu memberikan image bahwa website Anda ramah dan komunikatif. 

  1. Mulai Promosikan Website Anda untuk Menjangkau Segmentasi Audiens yang Lebih Luas

Setelah memperkuat pondasi website, langkah selanjutnya yakni mempromosikan website dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak audien dan meningkatkan intensitas pengunjung. Langkah yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan iklan pada Google Ads, menggunakan sosial media, atau dengan cara organik dengan menggunakan teknik SEO (search engine optimization). Dengan demikian, artikel Anda dapat diterima oleh algoritma Google dan akan ditampilkan di halaman pencarian sesuai dengan keyword terkait. Teknik SEO memungkinkan artikel dalam website Anda memperoleh peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian. Dengan demikian, website Anda dapat dengan mudah diakses oleh calon konsumen potensial. 

  1. Sisipkan Penawaran Produk dan Layanan yang Sesuai dengan Pengunjung Website Anda. 

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari audiens yang tersegmentasi pada konten, Anda perlu menyajikan konten-konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalkan bisnis yang sedang Anda jalankan bergerak di bidang pertanian, Anda dapat menyediakan konten yang berkaitan dengan bibit tanaman unggul, cara agar cepat panen, ataupun menawarkan rekomendasi produk untuk membantu meningkatkan hasil panen, seperti pupuk, anti hama, dan alat-alat pertanian. 

Menyisipkan produk Anda pada konten-konten yang termuat dalam website dapat membantu meningkatkan awareness produk Anda dan mempermudah calon konsumen potensial menemukan produk tersebut. 

Kesulitan dalam Mengelola Website?

Selain menerapkan poin-poin pengelolaan website yang sudah disebutkan sebelumnya, perlu keahlian mumpuni untuk dapat mengelola website agar performa bisnis dapat optimal. Tentunya, hal tersebut tidaklah mudah. Anda tidak perlu khawatir.. Dapatkan pengelolaan website secara profesional sesuai keinginan Anda dengan harga terjangkau sekarang juga. Dapatkan harga khusus di bulan Januari ini. PROMO TERBATAS. Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech untuk informasi lebih lanjut.  

Terima kasih telah membaca artikel ini. Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech untuk informasi menarik lainnya.

Best regards,

Writer. 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!