Meningkatkan Brand Awareness dengan Digital Branding!

Tak bisa dipungkiri internet dan dunia digital sudah menjadi bagian yang melekat pada diri manusia. Hal ini membuat branding sebuah bisnis banyak diterapkan pada media digital. Dengan pengunjung yang relatif lebih banyak dan lebih efektif, tentunya branding secara digital lebih banyak digunakan oleh para pebisnis di berbagai sektor.

Digital Marketing Branding Loyalty Graphics
Apa itu Digital Branding?

Digital Branding merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menciptakan dan memperkuat citra produk atau jasa secara online guna meningkatkan brand awareness yang nantinya dapat meningkatkan traffic ataupun sales dari suatu produk ataupun jasa tersebut. Contohnya yaitu logo brand, content marketing, website brand, dan lain sebagainya.

Kenapa Harus Menggunakan Digital Branding?

Dikutip dari Pengguna Internet Dunia 2023 pengguna internet dunia pada tahun 2023 mencapai hingga 5,16 miliar pengguna. Bahkan, dikutip dari Berapa Lama Sehari Warganet Menggunakan Internet?, menurut laporan bertajuk “Digital 2023: Indonesia”, warganet Indonesia menghabiskan 7 jam 42 menit per hari untuk internetan. Dengan kata lain, hampir sepertiga hari warganet Indonesia dihabiskan untuk internetan.

Artinya, dengan adanya hal tersebut dapat menciptakan ekosistem konsumen yang sangat bagus untuk para pengusaha di berbagai bidang.Dengan adanya tren perubahan perilaku belanja konsumen, kemudian persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital membuat Digital Branding sangatlah penting bagi keberlangsungan dan perkembangan perusahaan.

Bagi perusahaan yang dapat memanfaatkannya, Digital Branding sangatlah potensial karena dapat:

Menciptakan Interaksi dan Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Dengan menyajikan konten seperti konten edukasi, konten cerita, konten interaktif, dan konten-konten lainnya dalam berbagai macam bentuk format, yaitu artikel, video, atau bahkan gambar tentunya sangat penting sebagai langkah awal untuk menciptakan interaksi dengan konsumen. Kamu dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen seperti apa sampai pada titik dimana konsumen sudah merasa akrab dengan produkmu.

Brand yang Mudah Diingat

Tak melupakan konten-konten yang dibuat, pasti di dalam konten-konten tersebut setiap brand memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas inilah yang kemudian akan membekas di ingatan konsumen. Ciri khas tersebut bisa berupa logo, warna yang unik, bentuk font yang digunakan, dan bahasa yang dipakai.

Jangkauan Konsumen yang Luas

Jangkauan target dari pemasaran digital tidaklah memiliki dinding pembatas. Siapapun dapat menjangkau seluas-luasnya konsumen. Bahkan, kamu dapat berkolaborasi dengan produk lainnya untuk menghasilkan target maksimal. Tak jarang pula bisnis yang dipromosikan dapat berkesempatan untuk viral karena penyajian konten yang kreatif, unik, dan konsisten dalam memposting.

Namun, dalam mengimplementasikannya kamu juga perlu untuk melakukan beberapa strategi agar Digital Branding-mu sukses dijalankan. 

Strategi Digital Branding Sukses

Branding secara digital tentu berbeda dengan Branding Konvensional. Dengan digital, kamu dapat melakukan branding dengan berbagai macam platform yang tersedia. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

Membuat Logo yang Mudah Diingat dan Berkesan

Akan sulit diingat dan kurang berkesan jika branding tanpa logo. Logo dapat dibuat berdasarkan kepribadian, nilai, jenis usaha, dan target konsumen. Tidak perlu desain logo mewah, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana logo tersebut dapat meninggalkan kesan baik serta mudah diingat.

Contohnya adalah perusahaan Apple, mereka cukup menggunakan ikon buah apel yang tergigit untuk menandakan produknya. Hal ini tentunya sudah sangat membekas di benak konsumen.

Membangun Website Profesional

Dengan website, kamu dapat menampilkan produk-produk yang kamu miliki sebagai salah satu bentuk branding. Kamu juga dapat menyuguhkan berbagai macam konten di website yang bisa mengarahkan kepada produkmu.

Jika logo merupakan ikon sebuah brand yang mudah diingat, maka website saat ini menjadi salah satu tempat branding yang populer, karena semua informasi dapat ditulis dalam website.

Aktif di Sosial media

Ini merupakan cara paling jitu untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan konsumen. Kamu dapat membuat konten yang menarik dan memikat konsumen sehingga konsumen terpikat untuk bertanya ataupun berkomentar.

Bisa dikatakan berinteraksi dan membangun hubungan disosial media merupakan cara yang paling mudah, perusahaan cukup membuat konten yang menarik dan informatif. Bahkan platform yang dapat diakses pun beragam, seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Influencer Advertising

ketika influencer mempromosikan brandmu, maka ribuan atau bahkan jutaan followers akan melihat dan lebih mengenal brand kamu. Bisa dibilang cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan traffic dan sales.Namun, dalam memilih seorang influencer juga perlu selektif, karena brand yang dipromosikan harus sesuai dengan lifestyle mereka. Biasanya konten yang dibuat merupakan konten keseharian influencer tersebut berdasarkan kreativitasnya.

Email Marketing

Tujuan dari email marketing sebenarnya tidak selalu fokus pada penjualan produk. Namun, email marketing juga dapat kamu gunakan untuk membangun keakraban dengan konsumen, dengan memberikan informasi terbaru mengenai produk. Hal tersebut dapat meliputi turunnya harga, diskon, ataupun informasi-informasi menarik lainnya yang perlu diberitahukan kepada calon konsumen.

PENUTUP

Tentunya masih ada cara lain yang dapat digunakan untuk branding secara digital, efektif atau tidaknya juga tergantung bagaimana kamu dapat memaksimalkan hal tersebut. Memulai branding untuk produk dan jasa harus menyiapkan strategi yang matang. 

Terutama pada pembangunan website, ketika perusahaan belum memiliki team yang ahli dibidangnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari jasa layanan pembuatan website. Wesclic dapat membantu sukseskan digital branding mu secara profesional dengan fitur lengkap, desain elegan, responsive, dan friendly.

Dengan begitu, brand yang kamu miliki dapat tampil keren dengan budget efisien. SEO meningkat dan ranking website melesat.

Hubungi kami untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan Digital Branding mu!

Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi www.wesclic.com. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, dan membuka layanan konsultasi perencanaan IT, serta menyediakan produk dan jasa IT sebagai kebutuhan dari berbagai sektor.

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!