How may we help you?

<strong>Pengertian Web3 dan Perdedaannya dengan Web2</strong>

perbedaan-antara-web2-dengan-web3-pengertian-dan-contohnya
Developer Connect HR and L&D Media Relations Technolgy

Pengertian Web3 dan Perdedaannya dengan Web2

Web3 adalah generasi ketiga dari evolusi teknologi web yang berbasis blockchain dan memiliki sistem yang terdesentralisasi. Web3 juga akan menggunakan machince learning dan Artifical Intelegent (AI) untuk memberdayakan platform yang lebih cerdas sekaligus adaptif.  Web atau yang dikenal juga World Wide Web, adalah lapisan dasar bagaimana internet digunakan dengan menyediakan situs website dan layanan aplikasi. Internet yang saat ini kita gunakan adalah Web2 yang didominasi oleh perusahaan besar seperti Instagram, Meta, dan lainnya, dimana penggunaan layanan aplikasi tersebut membutuhkan data pribadi kita sebagai nilai tukarnya. 

Nah perbedaan mendasar antara Web2 da Web3 terletak pada desentralisasi. Sistem yang terdesentralisasi memungkinkan kita sebagai user menggunakan aplikasi apapun dalam Web3 tanpa mengorbankan data pribadi kita. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi berjalan dalam blockchain dan langsung terdesentralisasi, sehingga tidak ada campur tangan dari pihak lain.

Selain berbasis blockchain dan desentralisasi, ada juga komponen penting yang membuat Web3 semakin canggih yaitu composability. Kualitas komposisi atau composability memungkinkan Web3 dapat digunakan secara open-source dengan banyak orang dan mampu berkembang lebih cepat dibandingan sistem yang masih sentral.

Kelebihan Web3

Keuntungan atau manfaat utama yang bisa dirasakan dari penggunaan Web3 berasal dari struktur atau sistemnya yang terdesentralisasi. Lebih detail, kelebihan dari sistem ini akan memberikan:

Lebih banyak privasi

Web 3.0 akan memprioritaskan keamanan dan privasi, daripada pengawasan dan kontrol. User akan punya kontrol penuh atas data mereka, karena dilengkapi dengan opsi untuk membagikan atau merahasiakan informasi

Keamanan 

Teknologi blockchain akan lebih aman dari peretasan dibading versi internet saat ini. Hacker akan lebih sulit untuk mengeksploitasi jaringan, bahkan jika mereka melakukan peretasan, aktivitas ini akan tercatat.

Semantic Web

Semantic Web adalah evolusi internet berikutnya yang dapat meningkatkan seluruh pengalaman platform berbasis web. User dapat menggunakan teknologi semantic untuk melakukan online data repository, menentukan kosakata, dan menetapkan aturan penanganan data.

Konektivitas

Data berkaitan erat dengan Web3 karena semantic content yang mengarah pada peningkatan user experience, pada tingkat konektivitas baru dengan memanfaatkan semua data yang dapat diakses.

ā€¨Berbagai Aplikasi dan Layanan yang Dapat Diakses dalam Web3

Karena Web3 berbasis blockchain, jadi ga heran kalau semakin banyak layanan dan aplikasi baru yang bisa diakses dalam platform ini, seperti:

NFT

Non-Fungiable Token (NFT) adalah token yang disimpan dalam blockchain dengan cryptographic hash yang membuat token menjadi unik dan tidak ada duplikatnya.

DeFi

Decentralized Finance (DeFi) adalah teknologi populer yang mampu membuat uang konvensional yang disetor ke bank sentral, menjadi format digital. Teknologi ini mampu mengeliminasi peran bank sentral, dengan pemakaian ledger yang transparan dan jauh lebih aman karena berada dalam blockchain.

Cryptocurrency

Cryptocurrency seperti contohnya Bitcoin, adalah aplikasi Web3 yang menciptakan dunia mata uang baru yang terpisah dari dunia sejarah mata uang fiat.

dApp

Decentralized applications (dApps) adalah aplikasi yang dibangun di atas blockchain dan menggunakan smart contract untuk mengirimkan layanan dalam pendekatan terprogram yang tercatat dalam ledger.

Cross-Chain Bridges

Ada beberapa blockchain di dunia Web 3. Kemungkinan tingkat interoperabilitas di antara mereka adalah domain dari cross-chain bridges.

DAOs

diatur untuk berpotensi menjadi entitas pengorganisasian untuk layanan Web3, menyediakan beberapa struktur dan tata kelola dalam pendekatan terdesentralisasi.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!