Pentingnya Peran Teknologi Bagi UMKM

Saat ini teknologi dan internet memang menjadi salah satu urat nadi penunjang kesuksesan sebuah bisnis. Tak hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan kecepatan teknologi untuk menopang bisnis mereka namun juga UMKM.

Teknologi dan internet amatlah penting dalam menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Adapun teknologi UMKM tersebut bisa dilihat dari dua sisi yaitu aplikasi dan produk yang mampu membuat bisnis UMKM berjalan efisien serta software dan service yang bisa membantu UMKM memperoleh penghasilan baru seperti misalnya e-commerce dan tools social media.

Berikut adalah lima solusi teknologi yang penting untuk UMKM dalam menunjang kesuksesan bisnis.

  1. Komputer Tablet

Salah satu teknologi penting yang diperlukan untuk UMKM adalah tablet computer. Saat ini pengguna tablet computer semakin meningkat jumlahnya dan banyak dari mereka yang melakukan berbagai aktivitas termasuk untuk berbelanja secara online. Saat ini tablet computer merupakan teknologi populer dengan harga terjangkau dengan keunggulan seperti display menarik, touch screens dan built-in video kamera digital.

Inovasi nyata dalam solusi mobile device banyak dipengaruhi oleh bisnis usaha kecil dikarenakan mereka tak perlu menunggu approval dan birokrasi untuk bisa menggunakan teknologi baru. Skype awalnya tak terlalu menarik bagi pemilik usaha kecil namun dengan kehadiran iPad dan berbagai tablet android justru membuatnya lebih memberikan keunggulan. Kehadiran skype mempermudah customer service untuk berinteraksi dengan customer mereka. Tanpa diragukan lagi kemajuan dalam teknologi ini mempermudah pemilik bisnis usaha kecil.

  1. Aplikasi Intelijen Bisnis

Salah satu teknologi penting untuk UMKM adalah business intelligence applications. Istilah big data dipakai lebih sering dalam diskusi mengenai bagaimana manager bisa membuat keputusan bisnis lebih mudah diketahui. Big data bukan hanya untuk perusahaan besar. Big data juga akan memainkan peranan penting untuk bisnis usaha kecil.

SMB Technology Group telah mempublikasikan riset mengenai hal tersebut. Riset tersebut menyatakan bahwa sekitar 16 persen dari bisnis usaha kecil dan menengah telah membeli business intelligence solution selama dua tahun terakhir. Sekitar 16 persen dari bisnis usaha kecil dan 28 persen dari bisnis usaha menengah berencana untuk berinvestasi dalam hal ini dalam jangka waktu 12 bulan mendatang. Teknologi ini diyakini memberikan banyak pengaruh untuk kesuksesan UMKM.

  1. Alat Pemasaran Media Sosial

Social media marketing tools terkait dengan topik mengenai big data karena interaksi pada social network sangat menarik bagi berbagai bisnis dikarenakan service pada social networks memungkinkan para manager untuk mendapatkan data metrik spesifik seperti siapa, apa, kapan dan mengapa yang tentunya berguna untuk mendapatkan target market dalam strategi marketing.

Banyak pemilik usaha kecil yang tak terlalu tertarik pada social media seperti misalnya twitter dikarenakan social media tak terlalu berpengaruh pada marketing di masa lampau dan terkesan membuang waktu. Namun seiring dengan berjalannya waktu dimana email marketing memakan banyak waktu menggunakan social media menjadi salah satu hal penting dan berpengaruh pada marketing. Teknologi internet ini merupakan terobosan yang memiliki banyak pengaruh pada kesuksesan bisnis UMKM secara keseluruhan.

  1. Penyimpanan Berbasis Cloud dan Layanan Pemulihan Bencana.

Tanpa dipungkiri lagi kedua teknologi ini penting untuk dunia bisnis UMKM. Cloud-delivered services menawarkan kemampuan yang sebelumnya tak ada untuk UMKM dan tentunya itu amat menarik. Salah satu contoh yang paling penting adalah salesforce.com yang mampu terhubung dengan dunia sales force secara otomatis.

Salah satu kategori cloud yang relevan untuk UMKM adalah storage,back-up dan disaster recovery solutions. Cloud-based disaster recovery memang logis untuk satu alasan penting yaitu apa intinya memiliki back up server yang berlokasi di site yang sama sebagai salah satu yang diproteksi?

  1. Aplikasi Kolaborasi yang Mendukung Video

Inilah teknologi yang banyak dipakai dalam dunia bisnis.Video chat dan video-enabled IP telephony membuat ekspektasi baru bagi orang untuk berkolaborasi di tempat kerja. Telecommuting saat ini menjadi hal rutin sedangkan video memberikan cara untuk terkoneksi dengan lebih mudah selain face-to-face contact. Faktanya adalah bahwa conference call tanpa video menjadi amat melelahkan dan juga membingungkan tanpa melihat secara visual.

Teknologi-teknologi tersebut tentunya akan berpengaruh bagi kesuksesan bisnis jika diimbangi dengan strategi marketing yang relevan dan menunjang. Jika tepat sasaran maka bukan tak mungkin akan terjadi peningkatan sales pada bisnis Anda.

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!