Blog

Public Relations Untuk Startup

0f26c4557335f990203c63bd36e05a6b
Human Reasearch and Development Media Relations Public Relations Technolgy Tips and Trick

Public Relations Untuk Startup

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata Startup kan?. Yap, Startup adalah istilah yang sudah banyak didengar belakangan ini. Startup adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang memiliki makna yaitu bisnis yang baru dirintis. Startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini baru didirikan yang berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Sebagai perusahaan yang masih dalam fase awal ini memerlukan awareness sehingga membutuhkan bantuan strategi Public Relations (PRs) untuk mensukseskan ide bisnis startup tersebut. Berikut merupakan beberapa langkah strategi PRs untuk startup dalam menjangkau masyarakat luas.

1. Mengetahui Kelebihan

Untuk membuat strategi PR yang baik, PR harus mengetahui betul keunggulan dari perusahaan tersebut, apa yang membuat startup tersebut berbeda dengan perusahaan kompetitor atau startup yang sudah ada. Ini dapat membantu membuat ‘identitas’ yang unik dari startup tersebut dan membuat nya lebih menonjol dibandingkan dengan perusahaan atau startup yang sudah ada. Selain itu keunikan ini bisa menjadi salah satu alasan yang baik bagi potensial pelanggan untuk mengalokasikan anggaran dan waktu mereka pada startup ini.

Baca juga: Life as a Community Department in Wesclic – Developer Connect Indonesia

2. Generate Buzz

Buzz Marketing Strategies and Example

Dengan bantuan jasa PRs dari perusahaan, startup bisa memanfaatkan pengetahuan dan keahlian mereka membantu meningkatkan buzz dari masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara word of mouth yang positif baik secara offline ataupun online. Biasanya PRs perusahaan akan memberikan startegi yang baik untuk membantu startup tersebut sesuai dengan target market.

Baca juga: Pengembangan Chatbot Sebagai Media Bisnis Yang Efektif

3. Media Relations

Membina hubungan yang baik dengan media atau Media Relations yang baik, merupakan salah satu cara untuk menciptakan kepercayaan dari publik. Hal ini dikarenakan masyarakat menggunakan media sebagai sumber informasi terpercaya. Dengan mengadakan press conference, media briefing atau media gathering, startup bisa mendapatkan liputan pers. Media Relations juga dapat meningkatkan kredibilitas dari perusahaan. Selain itu liputan dari pers merupakan public record dari startup tersebut.

Baca juga: Dianggap sepele, Ternyata Ini Peran Penting Public Relation di Era Digital

4. Search Engine Optimization (SEO)

Menggabungkan SEO dalam strategi PRs ke kampanye dari startup dapat meningkatkan reputasi dari brand startup dan visibilitas online. SEO juga dapat meningkatkan traffic ke website dari startup tersebut. Dengan menggunakan key word tertentu yang sesuai dengan target market dari startup, calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan startup atau brand tersebut.

Baca juga: Startupgrade: Metode Riset Market

5. Personalisasi (Email Blast)

Pelanggan akan memberikan respon yang lebih positif ketika mereka mendapatkan pesan baik berupa surat ataupun email yang lebih personal. Ini juga menciptakan kesan yang lebih ‘dekat’ dan personal dengan pelanggan sehingga pelanggan akan merasa diberikan perhatian dan merasa lebih dihargai. Dengan hubungan yang lebih dekat ini, maka pelanggan akan lebih bersedia untuk mendengar dan melihat apa yang startup / brand tawarkan.

Peranan Public Relation (PRs) bagi startup dibandingkan perusahaan lainnya memiliki tantangan sendiri. Biasanya startup hanya memiliki tim yang berfokus pada produk dan tim marketing dan PR memiliki peranan yang kecil di startup. Startup pun memiliki tantangan untuk menjelaskan produk dan konsep baru kepada audiens, memiliki budget yang terbatas serta networking dengan jurnalis yang minim. Agar fungsi PR di startup Anda menjadi maksimal bisa mengikuti tips berikut ini :

  • Pastikan Anda mengetahui apa yang membuat start up Anda unik dan berbeda dibandingkan dengan startup lainnya. Hal ini membantu perusahaan Anda dalam hal diferensiansi dengan startup lainnya. Pastikan juga keunikan yang Anda miliki memiliki nilai berita yang menarik. Beberapa ide yang dapat Anda jadikan nilai berita bagi perusahaan misalnya launching perusahaan atau produk Anda, event yang sedang Anda selenggarakan dan meluncurkan sebuah studi baru yang sedang Anda lakukan. Setelah Anda mengetahui bahwa perusahaan Anda unik dan memiliki nilai berita, Anda dapat menginformasikannya kepada audiens melalui media.
  • Pastikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada influencer atau jurnalis memiliki nilai atau data yang berharga. Misalnya Anda menjelaskan suatu isu atau case berdasarkan penelitian atau hasil dari startup Anda. Hal ini tentu meningkatkan nilai jual perusahaan Anda karena data yang Anda miliki memiliki eksklusivitas.
  • Anda harus mengetahui dan memahami audiens serta jurnalis yang Anda undang untuk menyebarkan berita Anda. Anda bisa mengundang jurnalis tertentu dengan membaca artikel dan kolom berita yang dia tulis dan menyesuaikan berita yang Anda miliki untuk mereka. Jurnalis yang tepat akan menyampaikan kepada audiens yang tepat pula. Oleh karena itu pastikan Anda memahami keduanya.
  • Ketika Anda sedang mengadakan event baik itu online atau offline, tidak ada salahnya memberikan hadiah dalam bentuk goodies untuk mempromosikan produk atau perusahaan Anda. Khususnya bagi Anda yang menjual produk, Anda bisa memberikan produk Anda hadiah bagi audiens atau influencer yang Anda pilih.
  • Ciptakan buzzer mengenai produk atau perusahaan yang Anda miliki dengan memanfaatkan influencer yang Anda ketahui. Misalnya Anda dapat menggunakan atau mengisi artikel dalam blog dari seorang bloggers terkenal.
  • Integrasikan strategi SEO Anda dengan campaign PRs yang sedang Anda jalani untuk menciptakan reputasi dan keberadaan online Anda. Gunakan kata kunci tertentu yang dapat men-direct langsung visitor menuju website Anda. Keyword dapat meningkatkan traffic menuju website Anda apabila digunakan dengan maksimal.
  • Personalisasi setiap email dan pesan yang Anda buat khususnya kepada jurnalis atau influencer tertentu. Hal ini membantu dalam meningkatkan nilai jual berita yang Anda tawarkan kepada jurnalis atau influencer. Setiap email atau pesan yang bersifat lebih personal akan lebih sering dibaca oleh penerima dibandingkan yang tidak.
  • Anda dapat menghadiri event atau acara tertentu untuk memperluas networking Anda. Hal ini membantu Anda dalam memperkenalkan startup yang Anda bangun dan menciptakan buzz juga diantara audiens Anda. Selain seminar atau workshop yang diadakan suatu perusahaan atau institusi tertentu, banyak juga event-event lain, baik yang gratis maupun yang berbayar untuk memperluas network Anda.

Public relations bukan hanya dibutuhkan ketika krisis melainkan sudah memiliki andil sedari awal membangun reputasi dan fondasi startup. Lebih luasnya, PR dibutuhkan ketika startup ingin berkomunikasi dengan pihak ketiga. Misalnya, ketika ingin menarik investor. Dan bagi startup hindari untuk membuat press conference terlalu cepat, hal ini terjadi untuk menghindari kesalahan didepan media karena pengalaman yang Anda miliki masih minim.

Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa visit Wesclic Knowledge. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, basic public speaking, dan masih banyak lagi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam hangat dari penulis untuk kalian semua.

Integrate — Interconnect the World’s — Information Technology.

Wesclic is The #1 Neo-Technology Companies in Yogyakarta, we provides big data and analytics solutions to support business and professional growth through data integrations on the SaaS Platforms.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!