Blog

5 Alasan Perusahaan Butuh Public Relation

public-relation-in-conference-750x750@2x
Human Reasearch and Development Media Relations News Public Relations Wesclic

5 Alasan Perusahaan Butuh Public Relation

Table of Contents

Dewasa ini, penting sekali bagi perusahaan untuk memaksimalkan fungsi public relation karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan itu sendiri. Public Relation dalam perusahaan sejatinya dapat diartikan sebagai komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat. Fakta yang tak bisa dipungkiri, perusahaan yang dapat menjadi besar dan dikenal masyarakat adalah perusahaan yang mampu membangun interaksi dengan masyarakat secara aktif.

Pertanyaan mendasar yang perlu kalian ketahui adalah apa yang melatarbelakangi kebutuhan perusahaan membangun hubungan timbal balik dengan masyarakat? Apa alasannya Anda sebagai pemilik perusahaan perlu memiliki public relation dalam membangun usaha? Jawaban atas pertanyaan ini akan Anda temukan dalam artikel ini. Setidaknya, ada 5 alasan mengapa perusahaan butuh hubungan masyarakat atau public relation.

Berikut 5 Alasan Perusahaan Butuh Public Relation

Menciptakan Rasa Saling Pengertian

Build Trust Through Communication

Public Relation bisa menjadi sarana untuk menciptakan dan membangun rasa saling pengertian antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat secara luas. Dengan komunikasi timbal balik yang terjalin dengan baik, maka besar kemungkinan rasa pengertian yang terbangun tersebut dapat memaksimalkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Artinya, perusahaan dan pelanggan sama-sama mendapatkan keuntungan. Perusahaan mendapatkan keuntungan dalam bentuk laba penjualan. Pelanggan dapat keuntungan dalam bentuk kebutuhan yang terpenuhi dari produk dan layanan berkualitas.

Baca juga: What is Public Relations

Dukungan untuk Mencapai Tujuan

Support Each Other Department

Alasan selanjutnya adalah, public relation mampu membangun komunikasi yang baik, di dalam maupun di luar perusahaan sehingga bisa menciptakan citra yang baik pula untuk terbangunnya upaya saling mendukung dalam mencapai tujuan. Public relation yang merupakan tenaga profesional yang dibentuk oleh perusahaan untuk mampu melakukan identifikasi dini kemungkinan terjadinya konflik di dalam perusahaan yang bisa mempengaruhi kebijakan yang akan diterapkan perusahaan.

Di saat yang sama, public relation juga harus mengupayakan terbangunnya gambaran masyarakat yang positif terhadap perusahaan, sehingga ketika ada kebijakan tertentu yang diambil oleh perusahaan, maka public relation bisa pula meminimalkan reaksi masyarakat yang mungkin terjadi akibat kebijakan tersebut, terutama untuk kebijakan-kebijakan yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat di luar perusahaan.

Baca juga: Perkembangan Public Relation di Dunia Serta Peran Public Relation dalam Perusahaan

Berguna dalam Kegiatan Produksi

Working with project, and discussing new order development in modern office

Seperti hal nya yang telah dibahas pada alasan kedua bahwa public relation harus mampu membangun hubungan yang baik, dengan internal perusahaan maupun dengan publik, dan menjadi jembatan pertukaran informasi. Informasi yang didapat dari publik bisa digunakan sebagai acuan kegiatan produksi perusahaan. Dalam artian, public relation menjadi jalan riset tentang barang yang akan kalian produksi dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap produk tersebut. Misal, barang apa yang dibutuhkan publik untuk saat ini? Apa alasannya publik butuh barang itu saat ini? Ketika produk telah diluncurkan ke pasar, bagaimana reaksi masyarakat? Apakah ada kritik? Apakah masyarakat puas, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Cara Efektif dan Mudah Promosikan Produk Secara Online

Publisitas dan Media

Publisitas Public Relations

Berperan sebagai jembatan komunikasi dua arah, maka keberadaan public relation dalam perusahaan akan membantu membangun hubungan yang baik pula dengan media massa, memberi respons terhadap ketertarikan publik terhadap perusahaan, dan melakukan publisitas untuk meningkatkan brand awareness positif dengan cara bekerja sama dengan media. Tujuan utama dari publisitas tersebut adalah untuk menyampaikan pesan yang sudah terencana sebagai cara untuk meningkatkan ketertarikan publik dengan perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Key Performance Indicatior Untuk Startup

Penilitian dan Konseling

Nah alasan terakhir kenapa perusahaan perlu ada public relation yaitu sebagai tim atau bagian profesional dari perusahaan untuk melakukan penelitian dan sebagai tempat perusahaan untuk meminta pendapat dan masukan terkait keberadaan dan citra brand. Public relation akan melakukan penelitian terkait dengan berbagai hal yang berhubungan dengan perilaku dan respons yang diberikan masyarakat terhadap perusahaan. Dari hasil penelitian yang didapat, nantinya digunakan untuk menyusun strategi terbaik untuk membangun trust dan rasa saling percaya antara perusahaan dan masyarakat.

Hasil penelitian yang dikumpulkan public relation tadi juga berguna untuk menyediakan berbagai saran dan masukan bagi tim manajemen perusahaan dalam melakukan perbaikan dan pengembangan, pembuatan kebijakan, membangun komunikasi pula dengan pengampu kebijakan yang lebih tinggi, misalnya dengan pemerintah atau investor.

Baca juga: Dianggap sepele, Ternyata Ini Peran Penting Public Relation di Era Digital

Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa visit Wesclic Knowledge. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, basic public speaking, dan masih banyak lagi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam hangat dari penulis untuk kalian semua.

Integrate — Interconnect the World’s — Information Technology.

Wesclic is The #1 Neo-Technology Companies in Yogyakarta, we provides big data and analytics solutions to support business and professional growth through data integrations on the SaaS Platforms.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!