Step by Step Membuat Social Media Campaign Untuk Kepentingan Bisnis Anda 

Sosial media memberikan pengaruh yang signifikan pada sektor ekonomi bisnis. Selain digunakan untuk media komunikasi, sosial media dapat dijadikan solusi untuk mendistribusikan kampanye brand atau produk. Hal tersebut jauh lebih efektif dan cost efficiency dikarenakan hanya dengan terhubung  dengan media digital Anda sudah bisa mendistribusikan sosial media kampanye Anda.

Kampanye melalui media sosial juga lebih menjanjikan dikarenakan dapat menjangkau audiens secara masif. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan traffic bisnis Anda selama kampanye berlangsung. Bisa kita lihat kondisi sekarang, jutaan pengguna berselancar di akun media sosial masing-masing tiap harinya. Kampanye melalui media sosial juga dapat membantu memasarkan produk ataupun brand yang Anda miliki. 

Tertarik untuk membuat kampanye media sosial Anda sendiri? Intip step by step membuat social media campaign yang efektif berikut ini!

  1. Define the problems

Step ini merupakan hal yang sangat krusial. Anda harus memetakan suatu permasalahan yang akan diangkat dalam kampanye Anda secara detail. Dengan artian lain, Anda menentukan  latar belakang permasalahan dalam kampanye Anda. 

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan analisis SWOT. Analisis tersebut terdiri dari 4 komponen utama, yakni strength, weakness, opportunity, dan threat.  

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat menemukan hal yang menjadi akar permasalahan (root problems). Root problems penting karena bersinggungan secara langsung dengan garis besar kampanye. 

  1. Tentukan Objective Kampanye Anda

Objective merupakan hal yang krusial dalam kampanye Anda. Objective berkaitan dengan tujuan dari kampanye Anda. Objective biasanya berbentuk singkat dalam 1- 3 kalimat saja. Objective membahas garis besar tujuan utama kampanye Anda. 

Objective ada tiga jenis, yakni marketing objective, communication objective, dan business objective. Untuk memetakan objective kampanye yang dirancang, Anda dapat menggunakan Metode SMART yang terdiri dari specific, measurable, attainable, realistic, dan time bound

  1. Profiling The Audience

Step ini bertujuan untuk memetakan target dan segmentasi pasar audiens sasaran dari kampanye Anda. Dalam tahap ini, Anda harus menentukan target audiens yang sepsisfk mulai dari aspek demografi maupun behavioral terkait target audiens sasaran. Aspek demografi terdiri dari usia, tempat tinggal, jenis kelamin dari audiens sasaran. Behavioral berkaitan dengan gaya hidup audiens sasaran. 

  1. Menentukan strategi kampanye

Strategi merupakan rencana atau gambaran kegiatan yang akan dilakukan. Sukses atau tidaknya suatu kampanye juga dipengaruhi oleh strategi. Strategi ada tiga jenis, yakni push, pull, dan pass. Anda dapat memilih jenis strategi mana yang sesuai dengan bisnis Anda. 

  1. Memetakan Taktik Kampanye

Taktik merupakan alat yang digunakan untuk mewujudkan strategi yang ditetapkan. Jika strategi hanya berisi gambaran saja, taktik berisi informasi detail dan spesifik mengenai program kampanye yang dicanangkan, mulai dari pemilihan media distribusi yang digunakan, program-program yang akan diluncurkan untuk menyukseskan kampanye, dll. 

  1. Menentukan Budget dan Timeline

Anda harus menentukan kisaran biaya yang diperlukan untuk mewujudkan kampanye Anda. Selain itu, Anda juga harus menentukan linimasa proses kampanye Anda dari proses awal perencanaan hingga evaluasi setelah kampanye berakhir. Hal tersebut membuat kinerja Anda menjadi lebih terstruktur dan berfokus pada tujuan. 

  1. Buat KPI dari kampanye Anda

Key Performance Indicator (KPI) digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda. Dengan adanya KPI, dapat diketahui apakah kampanye yang dijalankan telah sesuai dengan objective yang telah ditentukan. Untuk dapat mencapai KPI yang sesuai dengan yang diharapkan, perlu melakukan monitoring rutin terkait performa kampanye. 

Social media campaign merupakan hal yang menguntungkan dikarenakan sosial media menjadi platform yang sangat populer saat ini. Tentu saja kita dapat dengan mudah menjangkau audiens yang luas dengan menggunakan metode ini. Kita telah menyelami lebih dalam mengenai tahapan yang diperlukan dalam perencanaan membuat kampanye sosial media. Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!