5 Pekerjaan di Bidang Bisnis Digital Ini Bakalan Hilang Tergantikan oleh AI

By Abednego Aria

Apa itu AI?

Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Kecerdasan buatan atau AI menyimulasikan kecerdasan manusia ke mesin. Mesin yang mendukung AI mampu melakukan tugas tertentu lebih baik daripada manusia dan meniru tindakan manusia.

Berita seputar AI dan bagaimana robot akan mengambil alih dunia hanyalah sebuah lelucon. Meskipun benar bahwa AI akan mengambil alih beberapa pekerjaan dan industri, AI juga akan menciptakan jutaan pekerjaan di sektor-sektor baru di masa depan. Seperti kebanyakan hal dalam teknologi, proses transisi dari manusia ke robot harus lambat untuk memastikan bahwa teknologi AI akan memberikan tujuan yang lebih baik dalam peran pekerjaan daripada yang dapat dilakukan oleh tenaga manusia.

Jika pekerjaan Anda cenderung otomatis maka transisi akan sangat bertahap, Anda tidak akan bangun suatu pagi dan tiba-tiba tidak punya pekerjaan. Perusahaan akan mencoba memiliki bantuan robot bersama dengan tenaga manusia, dan jika dianggap berhasil dari waktu ke waktu, mereka akan mulai mengganti lebih banyak karyawan. Berikut adalah pekerjaan yang kedepannya mungkin akan tergantikan oleh AI:

Customer Services 

Peran CS atau layanan pelanggan tidak memerlukan kecerdasan sosial atau emosional tingkat tinggi untuk menjalankan peran tersebut secara efisien. Hampir semua bisnis sekarang akan menggunakan AI untuk menanggapi pertanyaan dan pertanyaan dukungan pelanggan menggunakan chatbot dengan tanggapan otomatis untuk pertanyaan umum, seperti ‘di mana pesanan saya’.

Data Entry

Tidak jarang perusahaan menggunakan perangkat lunak untuk praktik pembukuan mereka. Perangkat lunak memang memiliki biaya tetapi jauh lebih murah dibandingkan dengan membayar gaji karyawan untuk melakukan pekerjaan yang sama. Perangkat lunak seperti Microsoft Office, FreshBooks dan Quickbooks adalah beberapa yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Penggunaan AI dalam peran pekerjaan ini memastikan data dikumpulkan, disimpan, dan dianalisis dengan benar tanpa adanya kesalahan manusia.

Jasa Kurir

Robot dan drone akan dengan cepat mengambil alih sektor jasa kurir. Dengan penggunaan AI mereka dapat menyelesaikan fungsi logistik dan supply chain karena lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien. Banyak layanan pengiriman di seluruh dunia mulai menggunakan robot untuk hal-hal seperti pesanan makanan yang dibawa pulang, misalnya Starship Technology – sebuah perusahaan yang diluncurkan pada tahun 2014 menguji robot pengiriman mereka pada tahun 2017 dan sejak itu berhasil didirikan di beberapa negara berbeda.

Market research analysts

Market research atau riset pasar adalah aspek kunci untuk strategi pemasaran organisasi, dan tanpa market research analysts atau analis riset pasar, mereka tidak akan dapat membuat konten, mengembangkan produk, atau meningkatkan kampanye pemasaran mereka ke audiens target yang tepat. Namun, perkembangan teknologi AI telah memungkinkan peran ini menjadi otomatis. Robot dan mesin AI lainnya digunakan untuk melakukan survei dan riset pasar untuk menghasilkan laporan riset pasar yang komprehensif, tanpa memerlukan karyawan manusia.

Accountant

Organisasi mengotomatiskan sistem akuntansi mereka yang telah terbukti jauh lebih murah dan lebih efektif daripada manusia. Selain itu, sistem keuangan dan akun tidak perlu dipantau, Anda juga tidak perlu melacak hutang dan piutang, sehingga jauh lebih baik.

Advertising Salespeople

Perusahaan telah beralih dari iklan TV dan media cetak ke pemasaran digital. Pemasaran sosial lebih murah dan tanpa batas. Jadi, alih-alih mengiklankan tenaga penjual, organisasi beralih ke studio animasi untuk menghasilkan iklan dan video animasi berkualitas tinggi.

Ingin membuat website? Menaikkan traffic situs Anda? Menganalisa pengunjung dan mengetahui cara menggunakan tools yang terbukti ampuh untuk menaikkan performa website Anda? Hit Us @studiow (Instagram) or visit studio.com!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!