Unsplash - Jonas Loupe - Wesclic Blog

Tren Teknologi Masa Depan NFC Jadikan Transaksi Lebih Mudah

NFC merupakan singkatan dari Near-field Communication atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Protokol Komunikasi Jarak Dekat. Dan NFC dapat disebut pembayaran non tunai.

Fungsi dari NFC adalah melakukan transfer atau memindahkan data tanpa kabel atau semacamnya dalam waktu singkat. NFC pada smartphone Digunakan untuk mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lain. Caranya hanya dengan mendekatkan smartphone ke smartphone yang mendukung fitur NFC.

Alasan Anda Harus Menggunkan NFC

nfc
perkembangan teknologi nfc

Fitur NFC pada smartphone dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atau cashless. Menjadi salah satu fungsi yang menarik untuk melakukan pembayaran. Untuk melakukan pembayaran dengan NFC cukup mudah, dengan mendkatkan perangkat dengan alat tertentu. Setelah itu NFC akan menampilkan data-data yang diperlukan untuk melakukan transaksi. Dengan menggunakan fitur NFC, bisa melakukan pembayaran E-Tol dan sejenisnya, dan dapat melakukan cek saldo dari kartu E-Tol atau E-money. Dan juga bisa mengisi saldo kartu E-Money atau E-Tol dengan menggunkaan fitur NFC yang terdapat pada smartphone. Dengan fitur canggih ini, tidak perlu pergi ke bank atau tempat-tempat lainnya untuk melakukan isi ulang atau cek saldo. Meski tidak sedikit beberapa smartphone memilikinya, NFC biasanya dimiliki pada beberapa jenis atau merk smartphone. fitur ini memiliki beberapa keunggulan dalam mengakses ke perangkat lain seperti Bluetooth, dan tentu saja NFC lebih baik dari pada Bluetooth. Beberapa komputer PC saat ini juga ada yang dilengkapi teknologi NFC dan bisa memanfaatkannya untuk proses transfer data dari smartphone ke PC tanpa kabel, tanpa Bluetooth, cukup dengan menggunakan NFC. NFC juga dapat mengirim nomor telepon hanya dengan saling mendekatkan smartphone, kemudian transfer media antar smartphone yang memiliki fitur NFC untuk mengirim foto, video, atau dokumen.

Sistem pembayaran non tunai menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, pada saat masa pandemi, berikut kelebihan jika melakukan pembayanan non tunai.

Baca Juga Artikel Lainya
  • 7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024
  • OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?
  • 7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

Fleksibel

Kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi kelebihan utama dalam melakukan pembayaran. Pada tahun 2022, hampir seluruh masyarakat menggunakan Smartphone. Sekarang berbagai aplikasi dompet digital sudah bamyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini memberikan kemudahan dan praktis serta efisien dari pada menggunaka uang tunai.

Lebih Aman

Melakukan pembayaran non tunai lebih aman dari pada banyak uang tunai di dompet atau tas. Berbagai fitur keamanan disediakan oleh beberapa aplikasi dompet digital. Semua data dan akun harus melakukan verifikasi terlebih dahulu sesuai informasi pribadi. Untuk mengaksesnya,diperlukan verifikasi nomor PIN atau sidik jari tangan. Dan bila smartphone hilang, bisa memblokir dompet digital atau dapat mengunduh lagi aplikasinya untuk log out pada smartphone yang hilang tersebut.

Potongan Harga

Dan yang terakhirdengan menggunakan transaksi digital atau aplikasi pembayaran, memiliki bayak potongan harga. Potongan bisa sampai 90%. Kalau begitu transaksi menjadi lebih mudah!.

NFC mempunyai fitur yang menarik bagi banyak orang dan fungsi-fungsinya yang beragam. Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki fitur NFC. Hanya smartphone dengan merk dan tipe tertentu saja yang memiliki fitur ini. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apakah smartphone yang dibeli memiliki fitur NFC.


Referensi
Apa itu NFC dan cara menggunakannya
https://qwords.com/blog/apa-itu-nfc/

Transaksi lewat ponsel lebih mudah dan aman
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4492644/transaksi-lewat-ponsel-jadi-lebih-mudah-dan-aman

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!