5 Trik Tersembunyi untuk Menawar Gaji Ketika Wawancara Pekerjaan

By Abednego Aria

1. Anda membutuhkan pengaturan waktu dan kebijaksanaan

Menyebutkan gaji di surat lamaran Anda atau selama evaluasi telepon awal adalah tidak boleh. Jangan mengungkitnya selama wawancara pertama Anda juga. Gunakan peluang ini sebagai gantinya untuk menunjukkan kesesuaian Anda dengan peran tersebut dan biarkan pemberi kerja mengenal Anda.

Pada wawancara kedua, biasanya dapat diterima untuk bertanya tentang kompensasi, tetapi kebijaksanaan adalah kuncinya. Ekspresikan minat Anda pada pekerjaan dan kekuatan yang akan Anda berikan sebelum menanyakan kisaran gaji. Buat pemberi kerja merasa yakin bahwa Anda ada di sana lebih dari sekadar gaji. Jika mereka mengemukakan uang terlebih dahulu, berikan kisaran yang menyisakan ruang untuk negosiasi. Menunjukkan bahwa Anda fleksibel adalah kunci untuk menyusun paket kompensasi yang dapat diterima oleh Anda dan pemberi kerja. Pastikan Anda benar-benar memahami persyaratan pekerjaan sebelum menjawab pertanyaan tentang gaji pilihan Anda.

2. Pegang kartu Anda cukup dekat

Sebagai aturan umum, yang terbaik adalah meminta pemberi kerja untuk menawarkan angka terlebih dahulu. Mengetahui titik awal mereka dapat memberi Anda pengaruh selama negosiasi gaji. Formulir lamaran kerja online beberapa perusahaan akan meminta gaji yang Anda butuhkan, umumnya untuk memastikan bahwa ekspektasi kandidat sejalan dengan anggaran organisasi.

Dalam kasus seperti itu, tawarkan kisaran (bukan angka pasti) yang dapat Anda terima. Aturan yang sama jika muncul selama wawancara pertama Anda: Berikan kisaran gaji, atau tersenyumlah, tunda dan balikkan pertanyaannya: “Saya lebih suka tidak membicarakan uang secara detail di awal proses. Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan dan perusahaan terlebih dahulu. Tapi bolehkah saya bertanya berapa kisaran gaji yang Anda pertimbangkan untuk posisi itu?

3. Dapatkan angka Anda dengan benar

Di awal proses, bahkan sebelum evaluasi telepon Anda, PR Anda adalah cari tahu kisaran gaji terbaru untuk kota, industri, dan jabatan yang Anda lamar. 

4. Diskusikan apa yang ditawarkan

Jadi, Anda sudah ditawari pekerjaan, tapi gajinya tidak sesuai ekspektasi? Sangat dapat diterima untuk meminta kompensasi tambahan. Dalam survei Robert Half baru-baru ini terhadap 2.800 manajer senior di seluruh Amerika Serikat, 86% responden mengatakan bahwa mereka cenderung atau lebih mungkin untuk menegosiasikan gaji dengan karyawan baru dibandingkan tahun lalu.

5. Sajikan kasus yang kuat

Dalam negosiasi apa pun, Anda perlu memberikan alasan kuat untuk posisi Anda. Bicarakan secara khusus tentang keterampilan, pengalaman, dan kesuksesan Anda sebelumnya, terutama yang memiliki efek terukur pada keuntungan perusahaan.

Data terbaru menunjukkan ada kekurangan profesional terampil, yang menaikkan gaji. Banyak pemberi kerja juga mengembalikan kenaikan gaji dan meningkatkan tunjangan dan tunjangan.

6. Jangan pernah menggertak

Jangan pernah menyesatkan calon pemberi kerja tentang kompensasi Anda saat ini atau menciptakan tawaran pekerjaan lain dalam upaya mendapatkan lebih banyak uang. Kebenaran akhirnya akan terungkap. Alih-alih, tekankan nilai yang dapat Anda bawa ke organisasi saat membahas gaji selama wawancara, dan jujurlah tentang situasi Anda.

7. Dapatkan secara tertulis

Selamat, Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dan gaji yang Anda inginkan! Sekarang mintalah secara tertulis. Jangan pernah mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini tanpa memiliki kompensasi, jabatan dan tanggung jawab, dan detail lainnya yang didokumentasikan.

Mengetahui cara menegosiasikan gaji selama wawancara seperti mengetahui cara menari. Anda tidak ingin memulai terlalu dini, dan Anda tidak ingin menginjak kaki siapa pun. Bersiap dengan penelitian gaji dan kemampuan yang kuat untuk mengomunikasikan kekuatan Anda yang paling relevan akan membantu Anda mengedepankan yang terbaik.

Ingin membuat website? Menaikkan traffic situs Anda? Menganalisa pengunjung dan mengetahui cara menggunakan tools yang terbukti ampuh untuk menaikkan performa website Anda? Hit Us @studiow (Instagram) or visit studio.com!

Leave your thought here

Read More

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal kamu di berbagai manca negara? Tenang, kamu tidak sendirian! Banyak…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Cara Membuat SIUP Online Mudah dan Cepat 2024

25/04/2024

Ketahui apa itu SIUP, jenis, syarat administrasi, biaya dan cara mengurusnya secara online. Memiliki SIUP…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!