7 Alasan Mengapa Situs Web Penting bagi UMKM

Di zaman digital yang terus maju, memiliki kehadiran online sebagai pelaku usaha bisnis bukanlah pilihan, tapi sebuah keharusan. Apalagi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat, sangat diperlukannya memperhatikan keberadaan bisnis mereka di dunia  online. 

Salah satu langkah terpenting yang harus diambil oleh pemilik UMKM adalah memiliki website yang terlihat profesional. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai apa itu situs web dan mengapa UMKM perlu menggandeng jasa pembuatan website untuk mencapai pertumbuhan serta kesuksesan dalam bisnis mereka.

  1.  Buka Peluang Bisnis Sepanjang Waktu
    Salah satu alasan penting mengapa UMKM perlu memiliki website adalah untuk membuka peluang bisnis yang dapat diakses kapan saja, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan website yang selalu aktif, pelanggan dapat datang dan berhubungan dengan bisnis Anda tanpa terikat oleh jam kerja. Hal ini sangat bermanfaat karena banyak pelanggan mencari produk atau layanan di luar jam kerja biasa. Dengan website, UMKM dapat mengoptimalkan kesempatan untuk mendapatkan pendapatan, bahkan saat mereka sedang tidur atau berlibur.
  2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
    Website memungkinkan UMKM untuk mencapai lebih banyak pelanggan, bahkan secara global. Sebuah website dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, selama mereka memiliki akses internet. Ini memungkinkan UMKM untuk menarik pelanggan dari berbagai lokasi geografis, yang sebelumnya sulit dijangkau melalui metode pemasaran tradisional. Ini membuka peluang pertumbuhan bisnis yang besar.
  3. Meningkatkan Kepercayaan
    Website yang terlihat profesional adalah cerminan dari kepercayaan dan kredibilitas bisnis kepada pelanggan. Di zaman di mana orang seringkali mencari produk atau layanan secara online, memiliki website yang responsif dan informatif dapat membantu UMKM membangun reputasi yang baik di mata pelanggan. Pelanggan lebih cenderung mempercayai bisnis yang memiliki website berkualitas daripada yang tidak memiliki kehadiran online sama sekali.
  4. Meningkatkan Pemasaran dan Branding
    Website adalah alat yang efektif untuk memasarkan produk atau membangun citra merek. UMKM dapat menggunakan website mereka untuk mempromosikan produk atau layanan, menceritakan kisah tentang merek mereka, dan membangun hubungan dengan pelanggan melalui konten yang menarik dan relevan. Selain itu, dengan alat analitik yang tersedia, UMKM dapat melacak efektivitas kampanye pemasaran mereka dan membuat perubahan berdasarkan data yang ditemukan.
  5. Kemampuan Berjualan Online
    Bagi UMKM yang menjual produk, memiliki website dengan fitur e-commerce sangat penting. Ini memungkinkan UMKM untuk menjual produk secara online, yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang signifikan. Dengan sistem pembayaran online yang aman, pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembelian, dan UMKM dapat memperluas bisnis mereka tanpa harus membuka toko fisik tambahan.
  6. Menghemat Biaya Jangka Panjang
    Meskipun pada awalnya pembuatan website bisa mengeluarkan biaya, dalam jangka panjang, memiliki website dapat menghemat biaya. Misalnya, biaya pemasaran online seringkali lebih rendah daripada iklan tradisional. Selain itu, website dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk pelanggan, mengurangi kebutuhan akan dukungan pelanggan langsung.
  7. Mempermudah Interaksi dengan Pelanggan
    Website dapat memberikan berbagai cara untuk berinteraksi dengan pelanggan. Formulir kontak, chat online, atau integrasi media sosial dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini memudahkan UMKM untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan, atau mengumpulkan umpan balik dengan lebih mudah, meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Website dapat memberikan berbagai cara untuk berinteraksi dengan pelanggan. Formulir kontak, chat online, atau integrasi media sosial dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini memudahkan UMKM untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan, atau mengumpulkan umpan balik dengan lebih mudah, meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Jika kamu adalah pemilik UMKM yang ingin memanfaatkan keuntungan dari kehadiran online, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pembuatan website profesional. Dengan bantuan Wesclic, kamu dapat memiliki website yang responsif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Tidak hanya itu, di Wesclic, kami menyediakan sistem informasi manajemen, manajemen ERP dan juga website profile company. 

Jangan lewatkan peluang ini untuk membawa bisnismu ke tingkat berikutnya. Hubungi kami sekarang untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat membantumu dalam pembuatan website yang akan membantu mencapai kesuksesan yang kamu impikan!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!