How may we help you?

Belajar dari Belva Devara, Pengusaha Muda Sukses yang Merupakan Pendiri ruangguru

Foto 2 - Belva Devara Fast Company 1
Story Uncategorized

Belajar dari Belva Devara, Pengusaha Muda Sukses yang Merupakan Pendiri ruangguru

Belva Devara, nama tersebut mulai terkenal dan ramai diperbincangkan setelah booming nya aplikasi ruangguru yang merupakan platform aplikasi belajar No.1 di Indonesia.

Dibalik kesuksesannya di usia muda, ada banyak hal yang bisa kita pelajari bersama dari sosok Belva Devara.

Siapakah Belva Devara?

Belva Devara atau sosok pengusaha muda sukses yang memiliki nama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini telah menempuh dan meraih pendidikan, prestasi, serta karir yang cerah. Tentunya ada beberapa hal yang melatarbelakangi kesuksesannya itu, di antara lain:

1. Tekun Dalam Pendidikan

Belva Devara merupakan seseorang yang rajin dalam hal belajar, hal ini dibuktikan dengan kesungguh-sungguhannya untuk mendapatkan beasiswa penuh untuk melanjutkan studi di Nanyang Technological University, Singapura. Terlepas dari itu, ia juga diterima di Harvard University dan Stanford University. Belva Devara juga berkesempatan menjadi mahasiswa tamu di Massachusetts Institute of Technology. Hal ini tentunya didapatkan dengan ketekunan belajarnya yang tak henti. Dan sejak Belva Devara kecil, ia memang sudah diarahkan dan diberikan pendidikan yang terbaik oleh orangtuanya. 

2. Berpikir Inovatif

Pemikiran Belva Devara diakui sangatlah inovatif, ia mengubah permasalahan menjadi sebuah peluang yang sangat besar. Berdirinya ruangguru tak terlepas dari keresahannya ketika itu yang kesulitan dalam mencari guru privat online sesuai dengan kebutuhannya. Setelah ia menempuh banyak pendidikan dan pengalaman akhirnya ilmu yang ia miliki ia terapkan dengan mendirikan startup edutech yang terus berkembang dan membantu banyak masyarakat dalam mendapatkan layanan pendidikan secara online. Inovasi dan pemikirannya juga diakui saat ia menjabat sebagai staf khusus Presiden Jokowi di bidang inovasi.

3. Berkarakter Visioner

Menurut KBBI, visioner adalah orang yang memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan. Pengertian tersebut sangatlah merepresentasikan sosok Belva Devara yang berorientasi terhadap masa depan dan memiliki mimpi yang besar. Dimulai dari ketekunannya dalam belajar, berorganisasi dan bersosial, maupun bekerja di berbagai perusahaan hingga menjadi stafsus Presiden Jokowi. Itu semua merupakan bagian dari proses yang dilakukan oleh Belva Devara sampai ia dapat mendirikan platform aplikasi belajar no.1 di Indonesia.

4. Menghindari “Pelanggaran” Terhadap Mimpi

Tidak menutup kemungkinan, setiap orang pasti akan tergoda untuk melakukan kebiasaan kecil yang bisa saja menjauhkan dirinya dari mimpinya. Biasanya, kebiasaan ini diakhiri dengan kalimat, “cuman sekali ini aja kok”. Kita melakukan ini karena kita anggap efek negatifnya kecil. Contoh pelanggaran mimpi yang disampaikan Belva Devara dalam postingan instagramnya yaitu:

“Nyontek temen aja deh cuman sekali ini kok.”

“Duh udah mau masa ujian tapi mau gabut/nonton drama korea/nge-game dulu sekali ini aja.”

Padahal, secara tidak langsung mereka akan terbiasa dengan pelanggaran kecil tersebut dan akan diulang kembali bahkan berani mencoba pelanggaran yang lebih besar. Kegagalan bisa terjadi karena akumulasi dari pelanggaran kecil yang terus diulang-ulang.

5. Tahu Kemampuan Diri dan Berusaha Semaksimal Mungkin

Untuk mencapai sebuah mimpi yang besar tentunya kita harus tahu apa saja yang harus dilakukan, standar seperti apa yang dibutuhkan. Itu semua perlu kita ketahui dengan melakukan introspeksi terhadap diri kita sudah sejauh mana kemampuannya dan mencari informasi yang dibutuhkan, tanpa ada yang meminta kita harus berjalan dengan sendirinya. 

Contohnya, ketika Belva Devara memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai mimpinya berkuliah diluar negeri dengan beasiswa, ia tak berhenti untuk terus belajar dan menambah kemampuan dirinya. Belva sendiri selalu belajar dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan, sambil makan atau di toilet pun masih buka buku. Sebelum tidur, buku-buku yang akan dipelajari besok pagi sudah disiapkan di samping bantal.

PENUTUP

Kesuksesan Belva Devara di usia muda tidak semestinya untuk dijadikan sebagai pembanding antara diri kita, melainkan untuk diambil pelajarannya. Dari Belva, kita belajar bahwa sukses bisa kita raih dengan banyak hal, diantaranya adalah tekun dalam mempelajari ilmu yang akan kita tingkatkan baik itu pada pendidikan formal maupun nonformal, berusaha untuk berpikir inovatif, dapat mengubah sebuah permasalahan atau keresahan menjadi solusi, memiliki karakter visioner, yaitu harus menentukan dan memiliki pandangan terhadap masa depan serta cara mencapainya bagaimana, tidak melakukan hal-hal yang bisa menjauhkan dari mimpi, dan berusaha semaksimal mungkin dalam menggapai mimpi tersebut.

Kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik lainnya, jangan lupa kunjungi www.wesclic.com. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, startup, cerita kesuksesan seseorang yang bisa menginspirasi, dan membuka layanan konsultasi perencanaan IT, kami juga bisa bantu kamu untuk konsultasi untuk produk dan jasa IT sebagai kebutuhan dari berbagai sektor! Kamu bisa hubungi Admin Marketing jika ada pertanyaan ataupun bantuan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!