Mengenal 4 Kuadran Harris Grid

Business team brainstorm idea and lightbulb from jigsaw. Working team collaboration, enterprise cooperation, colleagues mutual assistance concept. Pinkish coral bluevector isolated illustration

Metode Harris Grid terbagi dalam 4 kuadran dan tiap kuadran menunjukkan produk dan potensi mereka terhadap media dan konsumen sasaran. Kuadran tersebut terbagi ke dalam bagian atas kiri, bagian bawah kiri, bagian atas kanan, dan bagian bawah kanan. 

4 Kuadran Metode Harris Grid

Bagian atas kiri merupakan Kuadran A. Kuadran A terdiri dari produk yang menjadi unggulan perusahaan. Produk yang termasuk dalam Kuadran A merupakan produk yang digemari oleh masyarakat dan media. Tak ayal jika produk-produk tersebut sering dipromosikan.

Bagian bawah kiri merupakan Kuadran B. Produk-produk yang terletak di kuadran B merupakan produk yang kurang diminati baik oleh konsumen yang menjadi target pasar maupun media  yang digunakan sebagai sarana distribusi informasi dan promosi produk. 

Bagian atas kanan merupakan kuadran C. Produk yang termasuk dalam kuadran C merupakan produk yang diminati atau berhasil memperoleh atensi masyarakat yang menjadi target pasar namun tidak mendapatkan exposure dari media. Dengan kata lain produk tersebut digemari masyarakat tetapi tidak dengan media. 

Bagian bawah kanan merupakan Kuadran D. Baik masyarakat yang menjadi sasaran konsumen maupun media memiliki minat yang rendah terhadap produk dalam kuadran tersebut. Produk-produk yang berada pada kuadran D cenderung memiliki potensi untuk memasuki fase declining sewaktu-waktu oleh pasar maupun media. 

Strategi Tiap Kuadran 

Selanjutnya, informasi dari kuadran-kuadran tersebut membantu perusahaan untuk merumuskan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan. Strategi yang ditetapkan untuk produk yang terletak di Kuadran A yakni perusahaan yakni melakukan promosi dan kampanye yang menampilkan informasi terkait produk secara umum. 

Untuk produk yang terletak di Kuadran B, pihak perusahaan harus mengembangkan dan berinovasi dalam mempromosikan produk tersebut, salah satunya mengembangkan platform media yang akan digunakan dalam distribusi informasi terkait produk. Strategi marketing mix dapat digunakan dalam hal ini, dengan demikian produk dapat memperoleh exposure dan awareness dari media maupun masyarakat yang menjadi target sasaran.

 Strategi yang perlu dilakukan untuk produk yang termasuk dalam Kuadran C yakni perusahaan harus memperkuat citra dan reputasi produk terkait pangsa pasar karena hal tersebut membantu memperkuat posisi produk di pasar. Perusahaan harus melakukan program-program yang membantu mempromosikan dan memperluas jangkauan pasar. 

Terkait produk yang terletak pada Kuadran D, perusahaan perlu menerapkan strategi borrow interest yang berfungsi untuk membangktkan minat dan daya tarik produk terhadap media dan konsumen. Langkah yang dapat dilakukan yakni dengan menghubungkan dan meningkatkan awareness terhadap produk dengan program-program yang dapat menarik perhatian audiens dan media. Contohnya adalah mensponsori program yang mempunyai tujuan tertentu untuk membangun citra dan reputasi positif serta menunjukkan kredibilitas kepada konsumen dan menarik minat media massa.

Demikianlah informasi mengenai metode 4 kuadran yang dikemukakan oleh Harris Grid. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ingin mengetahui info menarik lainnya? Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech

Best regards,

Writer

Leave your thought here

Read More

7 Inspirasi Desain Toko Minimalis dan Estetik 2024

30/05/2024

Temukan 7 inspirasi desain toko minimalis 2024 yang bisa membuat toko kamu lebih menarik dan fungsional! Desain minimalis telah menjadi tren besar dalam beberapa tahun…

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!