Lebih Dalam dengan Dunia Marketing

Perkembangan suatu bisnis dipengaruhi beberapa faktor yang mengelilinginya. Salah satunya adalah konsep marketing. Jika dilakukan dengan strategi yang matang, konsep marketing tersebut tentunya akan membantu meningkatkan performa dan kredibilitas suatu bisnis. Marketing memegang peranan yang sangat krusial karena menentukan laju performfa perusahaan, apakah perusahaan bergerak ke depan atau mundur ke belakang. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perkembangan dunia marketing dari masa ke masa. Penasaran? Simak informasi di bawah ini. 

Marketing 1.0

Pada tahap ini, dunia marketing kala itu masih sangat tradisional dan sederhana. Saat itu, perusahaan lebih berfokus pada penjualan produk-produk terbaik mereka. 

Marketing 2.0

Saat itu, keadaan perekonomian dunia mengalami keterpurukan. Konsep pemasaran yang hanya mengandalkan penjualan produk terbaik dirasa tidak efektif dan membawa perusahaan menemui kerugian. Berangkat dari hal tersebut, konsep pemasaran pun berubah.

Konsep pemasaran yang digunakan dengan berorientasi utama kepada konsumen (consumer oriented). Perusahaan sadar apabila target konsumen mereka memiliki kebutuhan dan problem-nya masing-masing. Oleh karena itu, perusahaan lebih condong memasarkan produk dengan harga yang terjangkau dan disesuaikan dengan kebutuhan target konsumen sasaran. 

Marketing 3.0

Memasuki konsep marketing 3.0, dunia pemasaran semakin variatif. Saat itu, perusahaan tak hanya dituntut untuk bisa memetakan kebutuhan konsumen mereka, perusahaan dituntut untuk dapat menangkap kebutuhan laten (hidden needs) konsumen sasaran. Terlebih, kesadaran sosia saat itu juga mulai berkembang. Perusahaan dituntut untuk memperhatikan dampak dari operasional bisnis mereka terhadap komunitas dan lingkungan di sekitarnya. Akan tetapi, konsep marketing ini masih termasuk ke golongan tradisional. 

Marketing 4.0 

Pada tahapan ini, dunia bisnis mengalami perkembangan besar-besaran. Hal tersebut tentunya berdampak pada dunia pemasaran. Konsep marketing yang semula bersifat sederhana dan tradisional berkembang seiring dengan perkembangan dunia digital. Bauran pemasaran dengan memanfaatkan media online dan offline juga mulai diperkenalkan pada konsep marketing jenis ini. 

Pada era ini, juga diperkenalkan istilah new customer experience yang didalamnya terdapat 5 substansi customer journey, yakni aware, appeal, ask, act, dan advocate. Dalam tahapan aware, konsumen sasaran sudah mulai mengenal mengenai suatu bisnis. Mereka sudah terpapar konten terkait bisnis tersebut baik melalui media digital ataupun media cetak. Dalam tahapan appeal konsumen sasaran sudah mulai tertarik terhadap suatu bisnis. Mereka juga mulai mempertimbangkan apakah akan menggunakan produk atau layanan dari suatu bisnis. 

Selanjutnya tahapan ask. Audiens yang sudah empetimabngakan apakah akan menggunakan suatu produk atau layanan mulai mencari tahu mengenai bisnis tersebut. Tahap selanjutnya yakni act, pada tahapan ini konsumen sasaran mulai melakukan pembelian atau mengonsumsi produk atau layanan dari suatu bisnis. Tahap terakhir yakni advocate. Jika konsumen merasa puas setelah menggunakan produk atau layanan dari suatu bisnis merekomendasikan hal tersebut kepada orang lain.

Kita sudah menegtahui lebih dalam mengenai perkembangan dunia marketing. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Kunjungi Wesclic Indonesia Neotech sekarang juga!

Best regards,

Writer

Leave your thought here

Read More

OpenAI Luncurkan ChatGPT-4o, Apa Saja Kelebihannya?

24/05/2024

Setelah sukses dengan ChatGPT-3.5 dan ChatGPT-4.0, OpenAI kembali dengan GPT-4o yang punya banyak peningkatan. Apa aja sih kelebihan dari ChatGPT-4o ini? Yuk, kita bahas tuntas…

7 Kunci Bisnis Menembus Pasar Global!

17/05/2024

Dari Jago Kandang Jadi Raja Dunia!  Pernahkah kamu bermimpi untuk memasarkan produk atau layanan lokal…

Mengenal Perplexity AI dan Cara Ubah Ke Bahasa Indonesia

16/05/2024

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah “perplexity” sering muncul, terutama ketika kita berbicara tentang model…

Petty Cash atau Kas Kecil | Pengertian, Tujuan & Fungsinya

07/05/2024

Bagaimana jika suatu perusahaan harus membeli sesuatu secara mendadak? Jawabannya, adalah menggunakan Petty Cash atau…

Wesclic Studio: Software House Jakarta

01/05/2024

Dalam era digital, memiliki software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah kunci…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!