Blog

Perbedaan E-Commerce dan Marketplace

Perbedaan-E-Commerce-dan-Marketplace
Business Media Relations Technolgy Tips and Trick

Perbedaan E-Commerce dan Marketplace

Di era modern seperti pada saat ini, pasti kamu sudah erat dan akrab sekali dengan Shopee, Tokopedia, dan fitur-fitur jual beli yang ada di beberapa sosial media. Munculnya platform-platform jual beli tersebut membuat pengguna gadget sudah tidak asing lagi dengan kata e-commerce dan marketplace.

e-commerce dan marketplace

Jika diartikan secara sederhana, keduanya memang sama-sama tempat untuk menjual dan membeli suatu produk secara online pada platform digital. Namun, keduanya perlu untuk dibedah satu persatu karena masing-masing memiliki perbedaan. Berikut penjelasannya!

Apa yang Membedakan E-Commerce dengan Marketplace?

E-Commerce merupakan aktivitas jual beli produk atau jasa secara online, hal ini bisa terdapat pada website ataupun platform lainnya. E-Commerce hanya berfokus pada produk dan brand yang dimiliki saja, contohnya seperti Amazon, ia memiliki website e-commerce yang dimana nantinya customer dapat membeli produk ataupun jasa dari Amazon dari website e-commerce atau toko online nya sendiri.

Sedangkan marketplace adalah bagian dari e-commerce, marketplace merupakan platform jual beli online yang dapat digunakan oleh berbagai penjual dengan berbagai macam produk dan jasa. Berbeda dengan e-commerce, pada marketplace pembeli dapat memilih produk yang ia inginkan dari berbagai penjual, begitupun juga dengan penjual, ia akan dihadapkan dengan banyak pesaing. Contohnya ialah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan banyak platform sejenis.

Namun, secara spesifiknya kedua hal tersebut memiliki perbedaan, diantaranya yaitu:

Perbedaan Biaya

Karena e-commerce merupakan tempat untuk menjual dan membeli barang/jasa pada merek tertentu, dalam pembuatan platform-nya jelas dapat dikatakan membutuhkan biaya lebih jika dibandingkan dengan marketplace.

Bahkan marketplace tidak membutuhkan biaya sedikitpun ketika kamu ingin menjual produk atau jasa ke dalamnya, kecuali jika kamu ingin menggunakan fitur premium ataupun fitur iklan yang berbayar.

Jenis Barang yang Dijual

Biasanya produk yang dijual pada e-commerce merupakan produk yang bermerek dengan brand awareness tinggi. Penggunanya juga merupakan kalangan menengah keatas. Contohnya pada produk elektronik yaitu Apple, pada fashion olahraga yaitu Nike, dan masih banyak produk dengan kualitas tinggi yang memiliki e-commerce.

Sedangkan pada marketplace, produk yang dijual merupakan produk umum yang bisa dicapai oleh semua kalangan. Contohnya seperti aksesoris wanita atau perkakas rumah.

Proses Pembuatan

Dalam proses pembuatan platform-nya, tentu e-commerce membutuhkan tim IT khusus karena ia harus mendirikan platform sendiri untuk menjual produknya.

Sedangkan marketplace cukup mendaftar pada platform yang dipilih disertai dengan beberapa ketentuan.

Metode Promosi

Metode promosi yang dapat dilakukan oleh e-commerce lebih fleksibel dan dapat diatur sendiri dengan fitur-fitur ataupun iklan yang diinginkan.

Sedangkan pada marketplace, promosi dapat dilakukan berdasarkan ketentuan dan aturan dari platform terkait.

PENUTUP

Kehadiran e-commerce dan marketplace sangat membantu para penjual untuk memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas bahkan dapat menekan biaya yang lebih efisien.

Antara e-commerce dan marketplace, keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kamu dapat memilih diantara keduanya dengan menyesuaikan produk yang ingin kamu jual. Karena lagi-lagi untuk menggunakan e-commerce atau marketplace, kamu harus memiliki strategi yang matang untuk mengarah kepada target dan sasaran.

Dapatkan update informasi menarik lainnya seputar teknologi hanya di www.wesclic.com. Kamu juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya mengenai e-commerce yang bisa membantu menekan biaya agar lebih efisien dari berbagai aspek dan menjangkau lebih luas target customer. Disana kami merangkum pengetahuan seputar teknologi, membuka layanan konsultasi perencanaan IT, serta menyediakan produk dan jasa IT sebagai kebutuhan dari berbagai sektor.

Manfaatkan kecanggihan teknologi sebagai salah satu metode pemasaran produk yang efisien. Wesclic dapat memenuhi kebutuhan usahamu dengan menyediakan layanan pembuatan platform e-commerce yang interaktif, friendly, dan elegan. Kami dapat memberikan berbagai macam fitur yang dapat di kostumisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. 

Hubungi kami untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat bantu kamu memenuhi kebutuhan usahamu dengan platform e-commerce!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!