Blog

Tugas Content Creator, Karir, dan Tips Agar Sukses

Tugas dan Tips Content creator
Business Media Relations Technolgy Tips and Trick

Tugas Content Creator, Karir, dan Tips Agar Sukses

Perkembangan teknologi dan sosial media kini semakin melaju pesat, ia mampu memberikan banyak manfaat untuk penggunanya jika digunakan dengan baik. Beberapa diantaranya, manfaat sosial media ialah dapat digunakan sebagai tempat berkarya dan mencari pundi-pundi rupiah bagi seorang content creator.

Content creator adalah seseorang yang memiliki keahlian pada pembuatan konten, baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, video, podcast, atau bentuk lainnya. Selanjutnya, Content creator harus memiliki keterampilan kreatif dalam menghasilkan ide konten yang menarik dan berarti untuk audiens. Konten tersebut nantinya bisa di upload pada platform yang sesuai target audiens.

Namun, seorang content creator tidak hanya sembarang membuat konten. Ia harus mengerti cara membuat konten planner yang benar, apa yang harus dibuat saat ini, bagaimana konsepnya serta isinya, dan sebagainya. Apa yang dibuat harus relevan dengan tujuan dan target yang ingin dicapai. Oleh karena itu, kamu perlu menyimak penjelasan berikut!

Tugas Content Creator 
Research and Ideation 

Setiap konten yang dibuat harus melalui riset yang berdasarkan data dan analisis kira-kira topik apa yang akan dibahas dan memungkinkan akan sampai pada tujuan dan membuat audiens tertarik untuk melihat. Hal tersebut juga tentunya harus diiringi dengan gagasan dan sudut pandang content creator itu sendiri.

Menyusun Naskah Ataupun Point yang Akan Dibahas 

Setelah topik sudah ditentukan, tugas content creator selanjutnya adalah membuat sub bahasan pada konten tersebut. Karena setiap point yang dibahas harus tetap linear dan mengarah kepada tujuan dan target.

Membuat Konten Dengan Orisinal

Konten yang dibuat harus bersifat asli tanpa ada unsur plagiarisme. Karena hal ini tentunya akan mempengaruhi tercapai atau tidaknya target dan tujuan, bahkan bisa merugikan pihak content creator karena memungkinkan mendapatkan tuntutan.

Mengedit dan Revisi

Setelah konten selesai dibuat, selanjutnya harus mengecek kembali ada atau tidak yang harus diperbaiki. Setelah menurut content creator selesai, konten tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada orang yg bertanggung jawab, jika memang ada yang harus diperbaiki kembali, maka itu masih menjadi tugas content creator untuk merevisi.

Karir Seorang Content Creator 

Semakin berkembangnya teknologi dengan banyaknya platform sosial media dan hiburan membuat peran content creator sangat dibutuhkan dan berpotensi akan menjadi sebuah karir yang bagus bagi pemerannya.

Seorang content creator dapat memulai karirnya dengan spesifik di platform-platform yang ada. Seperti menjadi seorang youtuber, selebgram, tiktokers, atau bahkan blogger. Platform-platform tersebut dapat dikatakan sangat menjanjikan karena memiliki pengguna yang banyak sekali.

Sehingga, dengan membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target maka ini tidak hanya akan menghibur penonton ataupun audiens nya saja, tetapi hal ini dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Berikut penjelasannya agar konten-mu mendapatkan hasil yang maksimal!

Tips Content Creator Sukses 
Membuat Jenis Konten Sesuai Passion Atau Kesukaan

Dengan membuat konten berdasarkan kesukaan akan jauh terasa lebih menyenangkan dan enjoy dalam menjalankannya. Semisal ketika passion-mu adalah pada bidang edukasi maka ketika kamu membuat konten yang mengarah ke edukasi akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan sebaliknya, kamu akan kesulitan dalam membuat konten comedy ketika memang itu bukan passion-mu.

Mencari Topik Ataupun Ide Konten Berdasarkan Riset

Hal ini akan mempengaruhi pemaksimalan atau tidaknya konten yang kamu buat, karena dengan riset terlebih dahulu kamu bisa mengetahui topik atau ide apa yang pas untuk dieksekusi.

Update Mengenai Hal-hal Terbaru dan Kekinian

Seorang content creator tidak boleh tertinggal informasi, karena kamu bisa menyangkut-kan tipe dan topik konten kamu dengan hal-hal yang sedang kekinian, semisal ketika kamu seorang tiktokers, kamu bisa menggunakan backsound ataupun gerakan pada video TikTok yang sedang viral. Atau jika kamu seorang youtuber, blogger, atau selebgram kamu bisa membuat topik yang sedang hangat dibicarakan. Hal-hal terbaru dan kekinian tersebut dapat dikemas sesuai dengan design dan tema konten-mu sendiri. Darisini konten-mu akan terkesan tidak kaku, karena audiens biasanya menyukai konten yang tidak kaku.

Konsisten dan Memahami Algoritma

Konsisten atau tidaknya seorang content creator akan sangat mempengaruhi keberhasilan. Hal ini dikarenakan setiap platform memiliki algoritmanya masing-masing. Semakin kamu rajin dalam meng-upload konten biasanya akun-mu akan semakin mudah terbaca dan tersebar luas. Namun, kamu juga harus memahami algoritma platform yang kamu gunakan seperti apa.

PENUTUP
content-creator

Menjadi seorang content creator merupakan pekerjaan yang terlihat mudah dan menyenangkan, bahkan karirnya dapat dinilai sangat menjanjikan. Namun, semudah apapun kamu dalam menilai, kamu tetap perlu untuk memahami hal-hal yang harus diperhatikan.

Dapatkan update informasi menarik lainnya seputar teknologi hanya di www.wesclic.com. Kami juga menyediakan produk dan jasa IT serta membuka layanan konsultasi perencanaan IT sebagai kebutuhanmu dalam membantu pekerjaanmu untuk lebih efisien.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!