Seberapa Penting Qris untuk Usaha UMKM?

By Abednego Aria

Dari sekian banyak inovasi keuangan digital yang muncul, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan salah satu metode pembayaran digital yang sedang hype di masyarakat. Penggunaannya yang mudah, cepat dan aman, menjadikan QRIS gampang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat.

QRIS merupakan produk kolaborasi antara Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan melibatkan 4 lembaga switching Indonesia. Berkat kolaborasi dari seluruh lembaga terkait, QRIS akhirnya berhasil mencapai target 12 juta merchant di tahun 2021 lalu. Untuk memperluas implementasi QRIS, Bank Indonesia menargetkan 15 juta pengguna baru di tahun ini, dengan menyasar UMKM atau pelaku usaha sebagai prioritas utama. Lalu apa sih sebenarnya manfaat QRIS bagi pengembangan bisnis kamu?

  1. Proses Transaksi Jadi Simple

Sebelumnya para pelaku UMKM harus mempunyai QRIS untuk dapat memproses pembayaran secara digital berbasis QR Code. Kamu hanya perlu 1 QR Code di toko kamu untuk menerima seluruh pembayaran dari mobile banking berbagai bank, hingga aplikasi pembayaran e-wallet seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan yang lainnya. Kehadiran QRIS membuat transaksi jual beli makin mudah, simpel serta praktis, tinggal scan dan bayar.

  1. Meningkatkan Pendapatan

Karena dapat menerima transaksi dari berbagai aplikasi pembayaran maupun mobile banking, penggunaan QRIS berpotensi meningkatkan omset pendapatanmu. Hal ini karena semakin tingginya ketergantungan masyarakat terhadap pembayaran digital. Pembayaran secara tunai, perlahan mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Saat ingin membeli kopi misalnya, kini pembeli lebih cenderung berkunjung ke coffee shop yang bisa menerima pembayaran berbasis QR Code. Selain itu sejumlah dompet digital juga sering memberikan cashback untuk metode pembayaran menggunakan QRIS.

  1. Memudahkan Proses Settlement

QRIS akan memudahkan dalam menganalisa keuangan bisnis kamu. Seluruh transaksi penjualan bisa dipantau secara realtime. Kamu tidak perlu mencatat omset penjualan secara manual karena semua transaksi bisa terekam secara otomatis. Hal ini akan berdampak positif kepada credit score bisnis kamu. Dengan demikian, ketika suatu saat membutuhkan pinjaman modal usaha, prosesnya akan lebih mudah.

  1. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Pembayaran menggunakan QRIS akan melindungi usaha kamu dari kemungkinan terjadinya penipuan karena pembayaran dilakukan secara nontunai. Meskipun kita sudah berada di era digital, nyatanya masih sering dijumpai kasus penipuan uang palsu. Bank Indonesia juga menjamin seluruh transaksi menggunakan QRIS aman. Kalau sudah aman begini, menjalankan bisnis pasti akan lebih nyaman kan?

  1. Tidak Perlu Menyiapkan Uang Kembalian

Sebagai pelaku usaha, pastinya kamu pernah kelimpungan dalam menyiapkan uang kembalian pembeli. Tidak jarang seorang penjual harus mencari penjaga parkir atau penjual gorengan, hanya untuk menukarkan uang pecahan Rp 50.000,- ke pecahan Rp 2.000,-. Dengan menggunakan QRIS, drama seperti ini tidak akan terjadi lagi. QRIS akan membuat semua uang yang kamu terima, tersimpan dengan aman dalam dompet digital yang digunakan. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi menerima dan mengembalikan uang tunai selama berjualan.

Dari penjelasan yang telah diterangkan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan QRIS adalah memudahkan proses pembayaran digital yang dilakukan oleh masyarakat. Secara tidak langsung, penerapan digitalisasi juga dapat dilakukan apabila bisnis UMKM kamu belum go digital! Tak hanya bisnis ternama saja, bisnis UMKM pun wajib menyediakan alternatif pembayaran digital, termasuk QRIS.

Dengan menggunakan QRIS, kamu sebagai pemilik toko tidak perlu repot-repot menyediakan banyak kode QR yang harus menyesuaikan dengan bank atau e-Wallet milik pelanggan. Cukup sediakan satu QR code saja, pelanggan bisa membayar melalui aplikasi yang mendukung.

Ingin membuat website? Menaikkan traffic situs Anda? Menganalisa pengunjung dan mengetahui cara menggunakan tools yang terbukti ampuh untuk menaikkan performa website Anda? Hit Us @studiow (Instagram) or visit studio.com!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

5 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

02/04/2024

Pahami apa itu investasi, jenisnya, dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Sehingga bisa memilih mana instrumen investasi yang pas dan sejalan dengan tujuanmu. Investasi…

Blockchain | Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

28/03/2024

Ketahui apa itu Blockchain, sejarah, pengertian, dan cara kerjanya. Blockchain memiliki peran penting sebagai salah…

OpenAI Sora 2024 | Model AI | Ubah Teks Jadi Video

26/03/2024

Mengenal Sora, AI baru yang diluncurkan OpenAI. Keunggulannya adalah bisa membuat teks menjadi video pendek…

Percepat Produktivitas-mu Dengan Google Bard

09/03/2024

Teknologi yang semakin berkembang pesat kini telah membuktikan perannya dalam membantu manusia. Mulai dari pencarian…

6 Ciri-Ciri Bisnis yang Akan Gagal 

08/03/2024

“Gagal itu biasa, sukses itu luar biasa” Pepatah ini menggambarkan sulitnya menjalankan bisnis yang berhasil.…

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!
Feedback
Feedback
How would you rate your experience?
Do you have any additional comment?
Next
Enter your email if you'd like us to contact you regarding with your feedback.
Back
Submit
Thank you for submitting your feedback!